-->

Apakah Bahasa Inggris masih tetap diajarkan di SD tahun ajaran baru 2013/2014?

Bahasa Inggris di SD tahun ajaran 2013/2014 akan tetap diajarkan di wilayah Kecamatan Tulis Kabupaten Batang. Selama belum ada dan belum diterapkan kurikulum baru, Kurikulum 2013 SD-SD di Kecamatan Tulis masih menggunakan Kurikulum yang lama. Kurikulum 2013 hanya diimplementasikan untuk SD yang ditunjuk dan itupun sebatas hanya untuk uji coba kelas 1 dan kelas 4.
Memang di lapangan, penulis mendengar ada kabar yang tidak mengenakkan, banyak kepala sekolah yang secara tegas meniadakan Bahasa Inggris di SD untuk tahun ajaran baru nanti. Padahal jelas Di Kecamatan Tulis belum secara resmi menerapkan kurikulum 2013 tersebut. Penulis sangat menyayangkan dengan sikap kepala sekolah tersebut yang melarang Bahasa Inggris untuk tidak diajarkan di lingkungan Sekolah Dasar.



Bahasa Inggris SD di Kecamatan Tulis
Bahasa Inggris SD di tahun ajaran 2013/2014


Penulis hari ini bertemu dengan Kepala Sekolah SD Kaliboyo yang juga merupakan ketua K3S(Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kecamatan Tulis, Bapak Marsono, S.Pd. yang sangat menyesalkan keadaan yang serba dilematis, kata Beliau, "Bahasa Inggris seharusnya masih tetap diajarkan di SD. Kenapa mesti dikesampingkan, padahal dalam Lomba Olimpiade Sais soal 60% dalam Bahasa Inggris. Jadi anak SD perlu juga mengenal dan menguasai kemampuan dasar Bahasa Inggris. Di SD memang strukturnya hanya terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Agama, Guru Penjas, Guru kelas dan Penjaga. Tidak ada kolom khusus untuk Guru Bahasa Inggris. Seharusnya guru-guru di SD bisa dan mampu mengajarkankan Bahasa Inggris juga, guru SD harus mau belajar dan terampil. Namun kenyataannya ada keterbatasan dari mereka sehingga kami mendatangkan guru Bahasa Inggris namun sebatas guru Panggilan, dimana tidak tetap. Bagi Guru yang berijazah pendidikan Bahasa Inggris memang alangkah baiknya mengajar di Sekolah lanjutan. Adapun mereka dapat mengajar di SD namun sifatnya hanya membantu seperti yang saya katakan tadi." Beliau menambahi, Selama Belum ada instruksi dari Dinas, maka SD kami dan SD di kecamatan Tulis akan tetap menggunakan kurikulum lama, dalam arti Bahasa Inggris masih tetap diajarkan."

Penulis, memang tidak mengajar di lingkungan SD lagi. Namun KKG Bahasa Inggris belum resmi dibubarkan. Saat ini masih dalam tanda tanya bagaimana nasib KKG Selanjutnya. Sementara masih vakum. meskipun demikian penulis yang juga masih menjabat sebagai ketua KKG Bahasa Inggris SD di Kecamatan Tulis masih menyempatkan waktu untuk datang ke SD dan atas nama KKG, masih membantu pembuatan dan distribusi soal Bahasa Inggris untuk kelas 1-3. karena memang untuk kelas 1-3 tidak dibuatkan soal dari Kabupaten. Selama ini soal hanya untuk kelas 4-6.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

12 Responses to "Apakah Bahasa Inggris masih tetap diajarkan di SD tahun ajaran baru 2013/2014?"

  1. I will keep the blog template..whatever it looks like, but I will be loyal to it..

    ReplyDelete
  2. Jadi, sekarang gimana masih diajarkan atau enggak ya?

    ReplyDelete
  3. Sekarang masih diajarkan mas. Untuk ke depan mungkin hanya dijadikan ekstrakurikuler saja..

    ReplyDelete
  4. saya rasa walaupun sifatnya ekstrakurikuler .. pengenalan bahasa inggris sejak usia dini merupakan sesuatu yang baik dilakukan

    ReplyDelete
  5. Yupz btul mas...Anak perlu diperkenalkan meskipun hanya sebagai ekstra

    ReplyDelete
  6. Hi pals, I thought it's better to posted unique thing in your area for instance "Ikan bakar khas Bandar Batang" in English than discussion English lesson. Why? Coz get stag finally.

    Besides that, your place really differ from Batang that I've known before. Inyong iso ngapak-ngapak sithik wae. Ora ana batir yo ilang kabeh....

    ReplyDelete
  7. makasih informainya sangat menarik !

    ReplyDelete
  8. Menurut saya, bahasa inggris itu sangat di perlukan semua orang, jadi perlu di lakukan pengenalan sejak dini..

    ReplyDelete
  9. katanya tidak dihapus.Nah itu dia yang banyak bikin tanda? tapi jalan terus ajalah..... saya juga tulis sesuatu daripada bingung

    ReplyDelete
  10. Ya btul sampai sekarang masih diajarkan akan tetapi kurang maksimal

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel