Jenis tes vocabulary Bahasa Inggris untuk anak-anak


Vocabulary atau perbendaharaan kata adalah bagian dari pembelajaran Bahasa Inggris yang penting. Dengan penguasaan vocabulary anak akan semakin dapat menggunakan bahasa meskipun dalam bentuk yang sederhana. Dengan vocabulary itu pula dapat menunjang aspek pembelajaran yang lain seperti grammar dan untuk keperluan komunikasi dalam konteks kelas.

Bahasa Inggris SD
Kinds of Vocabulary tests


Di sekolah dasar pembelajaran dan pengajaran  Bahasa Inggris sebaiknya dikemas dalam bentuk yang menarik supaya anak dapat menerima materi dengan baik dan menyenangkan. Belajar Bahasa Inggris anak SD akan berbeda sekali dengan anak SLTP dan SLTA. Di Sekolah lanjutan Bahasa Inggris penekanannya paga genre atau jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris (genre based learning) sedangkan di SD penekanannya adalah penguasaan bahasa untuk tujuan komunikasi sederhana dan pengenalan vocabulary.

Di dalam mempelajari suatu vocabulary anak akan merasa jenuh jika menggunakan cara yang tradisional. Nah pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi mengenai cara memberikan pengajaran vocabulary pada anak berupa soal yang dapat menantang anak untuk berpikir dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah model soal yang berkaitan dengan vocabulary yang dapat mengukur sejauh mana anak menguasai suatu vocabulary yang dipelajari tiap unit/tema pembelajaran:

1.   Missing letters
Missing letter adalah bentuk soal tes vocabulary di mana anak diminta melengkapi huruf yang hilang dari suatu vocab tertentu
Contoh : G _  _  d  M o _ ning : Good morning

2.   Jumbled letters
Jumbled letters adalah betuk soal vocabulary di mana anak diminta untuk rearrange atau menyusun ulang huruf acak menjadi suatu vocab tertentu.
Contoh : L-L-E-H-O : Hello

3.   Word search
Word search adalah jenis soal untuk mengetes perbendaharaan kata anak. Yaitu anak diminta untuk mencari suatu vocab atau kata di dalam huruf acak. Huruf-huruf acak ini biasanya membentuk suatu persegi atau persegi panjang. Tugas anak adalah menemukan kata tersebut sebanyak-banyaknya dengan cara melingkari atau mencoret kata atau vocab tersebut.
Contoh :
N  Y  M  H  T  J  D  B  L  T  N  B
O  G  N  E  Y  B  D  O  O  G  S  J
O  S  Y  B  R  X  F  X  M  S  I  C
N  Y  G  T  P  O  Y  R  V  V  N  T
R  G  N  I  N  E  V  E  D  O  O  G
E  G  H  F  I  N  E  P  N  S  K  Q
T  M  X  K  U  O  Y  E  E  S  A  D
F  R  T  H  G  I  N  D  O  O  G  N
A  K  R  U  D  R  S  F  H  G  M  H
D  T  O  V  C  J  S  Z  O  M  I  Q
O  O  L  L  E  H  Y  S  C  B  A  D
O  G  O  O  D  M  O  R  N  I  N  G
G  Q  H  C  N  F  Y  A  K  B  K  O

4. Crossword (puzzle)
Crossword atau juga disebut teka-teki silang adalah sutau permainan atau tes untuk mengasah kemampuan vocab anak yang mana anak di suruh untuk menuliskan huruf yang tepat untuk mengisi kotak crossword tersebut berdasarkan clue atau kata kunci yang menjelaskannya.
Contoh :
Crossword
Crossword/Teka-teki silang
Itulah contoh model atau variasi soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan vocabulary anak dengan cara yang cukup menantang dan menarik bagi anak. Sebetulnya masih banyak model soal tes vocabulary yang lainnya yang dapat digunakan. Contoh di atas adalah yang sering digunakan di sekolah-sekolah. Semoga artikel singkat ini dapat memberi manfaat. Amin. 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori VOCABULARY dengan judul Jenis tes vocabulary Bahasa Inggris untuk anak-anak. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, September 6, 2012

2 komentar untuk "Jenis tes vocabulary Bahasa Inggris untuk anak-anak"

  1. Nice post gan, q senengbanget belajar b inggris, sayang seribu sayang waktu jaman q sd gak ada pelajaran b.inggris

    ReplyDelete
  2. thanks ya sudah berkunjung di sini. tetap semangat. paling tidak anda dapat menularkan pada anak anda..

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo