-->

Word search bermanfaat untuk mengukur penguasaan anak terhadap vocabulary Bahasa Inggris

Inggris di SD
Word Search



Word Search adalah salah satu bentuk latihan untuk melatih anak menguasai vocabulary ata perbendaharaan kata. Word search berupa huruf-huruf acak yang membantuk suatu persegi atau persegi panjang. Huruf-huruf yang berserakan tadi terkandung suatu vocabulary tertentu. Anak diminta untuk menemukan suatu vocab atau kata di dalamnya dengan cara melingkari atau mencoretnya. Word search atau istilah indonesianya pencarian kata dapat dimanfaatkan dalam melatih anak menguasai vocab Bahasa Inggris yang sudah dipelajari. Guru dapat menggunakan cara ini untuk mengukur penguasaan anak terhadap suatu vocabulary pada bab atau tema tertentu dalam Bahasa Inggris.

Kegiatan search suatu kata menurut penulis pribadi sangat menarik karena anak biasanya antusias di dalam mencari suatu kata acak. Bila anak dapat menemukan suatu kata anak akan merasa bangga. Ini merupakan salah satu cara yang perlu diperhitungkan oleh guru. Bila selama ini di dalam mengajarkan Bahasa Inggris belum ada kegiantan word search nya maka cara ini dapat digunakan agar pengajaran Bahasa Inggris menjadi lebih variatif dan menghindari kejenuhan anak didik.

Word search dapat kita cari di buku atau juga kita dapat membuatnya sendiri. Membuat word search secara manual memang memerlukan waktu yang cukup lama. Pertama, kita harus membuat kotak bantu kemudian kita tentukan kata atau voca apa yang akan kita munculkan dalam word search tadi. Kita samarkan vocab tadi dengan huruf-huruf lain yang membuatnya tidak kelihatan atau samar. Mungkin cara manual terasa sulit akan tetapi dengan bantuan internet kita dapat membuat word search secara online. Kita cukup memasukan kata kunci atau clue yang akan kita jadikan vocab yang dicari. Kemudian internet akan secara otomatis membuatkan kita word search secara acak. Setelah selesai kita dapat mengkopinya pada program MS word. Mudah bukan? Tinggal pilih mana? Manual apa online help? Semuanya terserah anda.
Semoga artikel yang sangat singkat ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Word search bermanfaat untuk mengukur penguasaan anak terhadap vocabulary Bahasa Inggris "

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel