-->

Mengajar Bahasa Inggris untuk anak dan strateginya


Selamat pagi, semoga semangat kita tetap pagi terus sehingga kita tetap dapat menjalankan aktifitas dan rutinitas kita dengan maksimal. Amin. saat ini saya dipasrahi mengajar conversation Bahasa Inggris oleh pengelola Bimbel untuk kelas 3 SD/MI, namanya Bimbel Opsi Sahabat Pintar, yaitu salah satu Bimbingan belajar untuk anak-anak dari SD/MI sampai SMA/SMK/MA yang terletak di Kota Batang Jawa Tengah. Di masa COVID-19 ini kegiatan belajar mengajar di Bimbel ini mulai awal Juli ini kembali beroperasi dengan mengikuti protokol kesehatan yang ada.

Sejujurnya mengajar Bahasa Inggris percakapan untuk anak-anak di level SD/MI bagi saya adalah suatu tantangan tersendiri. Yang jelas di level ini anak-anak masih dalam periode belajar calistung, yakni membaca, menulis dan berhitung tentu saja dengan bahasa ibu, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah setempat. Jelas sekali banyak kesulitan yang dihadapi karena bagi anak-anak Indonesia Bahasa Inggris merupakan bahasa asing.
Conversation, percakapan, English, Speaking, Children, Anak-anak, Trik, 2020
Cara membekali anak kemampuan Bahasa Inggris dasar terbaru 2020

Namun demikian, saya berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada mereka. Karena output yang diinginkan adalah supaya anak minimal dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris walaupun pada tataran yang sederhana, maka saya lebih dominan mengekspos anak supaya berbicara dan merespon instruksi lebih banyak daripada menulis. Sejatinya belajar Bahasa itu diawali dari Bahasa lisan terlebih dahulu bukan bahasa tulis. tujuan pembelajaran suatu bahasa sebenarnya adalah supaya kita dapat menggunakan bahasa itu untuk berkomunikasi secara verbal. Di Indonesia, tidak sedikit yang pandai Bahasa Inggris secara tertulis namun ketika diminta untuk berkomunikasi secara verbal tidak sedikit yang kelabakan.

Nah, dari paparan di atas tadi penekanan saya dalam bimbingan belajar di Bimbel ini adalah conversation dan saya berharap anak-anak yang saya bekali Bahasa Inggris percakapan ini nantinya menjadi dasar bagi anak untuk percaya diri dalam berkomunikasi walaupun sifatnya masih sederhana berupa instruksi-instruksi tertentu yang kerap di gunakan dalam percakapan. Salah satu indikator kesuksesan anak yakni mereka dapat merespon baik secara verbal maupun non verbal setiap intruksi yang diberikan dalam Bahasa Inggris.

Bekal Bahasa Inggris percakapan dasar untuk anak ini tentunya menjadi bekal bagi anak-anak di jenjang pendidikan berikutnya seperti di SMP ataupun MTs nanti. Walaupun fokus utama adalah Bahasa Inggris untuk percakapan namun tidak dapat dipungkiri ada space tersendiri Bahasa Inggris tulis namun alokasi waktu yang sedikit itupun untuk membuat anak tidak bosan. Bahasa Inggris tulis ini bisa berupa kegiatan menggambar, mewarnai, menghubungkan titik-titik kosakata Bahasa Inggris, dan game tulis/action lainnya yang dapat menyemangati anak. Selanjutnya dengan lagu-lagu (songs) dapat menjadi bersemangat di dalam belajar. Tentu saja lagu-lagu Bahasa Inggris yang bernuansa anak-anak secara tidak langsung dapat melatih anak mengucapkan suatu kata dan kalimat (lirik) Bahasa Inggris dengan baik dengan cara menirukan (imitating) lagu sumber.

Demikian sharing saya terkait pengajaran Bahasa Inggris untuk level anak-anak. Semoga tulisan ini dapat menjadi refleksi dan motivasi anda untuk memberikan pembekalan Bahasa Inggris kepada anak-anak kita dengan cara yang tepat dan diterima anak. Ingat, dunia anak adalah dunia bermain, belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan bermain. Terima kasih atas atensi anda semoga bermanfaat. Maturnuwun. Salam dari penulis blog ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengajar Bahasa Inggris untuk anak dan strateginya"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel