Mengajar Bahasa Inggris untuk anak dan strateginya
8:13 AM
Add Comment
Selamat
pagi, semoga semangat kita tetap pagi terus sehingga kita tetap dapat
menjalankan aktifitas dan rutinitas kita dengan maksimal. Amin. saat ini saya
dipasrahi mengajar conversation Bahasa Inggris oleh pengelola Bimbel untuk
kelas 3 SD/MI, namanya Bimbel Opsi
Sahabat Pintar, yaitu salah satu Bimbingan belajar untuk anak-anak dari
SD/MI sampai SMA/SMK/MA yang terletak di Kota Batang Jawa Tengah. Di masa COVID-19 ini kegiatan belajar mengajar
di Bimbel ini mulai awal Juli ini kembali beroperasi dengan mengikuti protokol
kesehatan yang ada.
Sejujurnya
mengajar Bahasa Inggris percakapan untuk anak-anak di level SD/MI bagi saya
adalah suatu tantangan tersendiri. Yang jelas di level ini anak-anak masih
dalam periode belajar calistung,
yakni membaca, menulis dan berhitung tentu saja dengan bahasa ibu, baik Bahasa
Indonesia maupun bahasa daerah setempat. Jelas sekali banyak kesulitan yang
dihadapi karena bagi anak-anak Indonesia Bahasa Inggris merupakan bahasa asing.
Cara membekali anak kemampuan Bahasa Inggris dasar terbaru 2020 |
Namun
demikian, saya berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada mereka. Karena
output yang diinginkan adalah supaya anak minimal dapat berkomunikasi dalam
Bahasa Inggris walaupun pada tataran yang sederhana, maka saya lebih dominan
mengekspos anak supaya berbicara dan merespon instruksi lebih banyak daripada
menulis. Sejatinya belajar Bahasa itu diawali dari Bahasa lisan terlebih dahulu
bukan bahasa tulis. tujuan pembelajaran suatu bahasa sebenarnya adalah supaya
kita dapat menggunakan bahasa itu untuk berkomunikasi secara verbal. Di
Indonesia, tidak sedikit yang pandai Bahasa Inggris secara tertulis namun
ketika diminta untuk berkomunikasi secara verbal tidak sedikit yang kelabakan.
Nah,
dari paparan di atas tadi penekanan saya dalam bimbingan belajar di Bimbel ini
adalah conversation dan saya berharap anak-anak yang saya bekali Bahasa Inggris
percakapan ini nantinya menjadi dasar bagi anak untuk percaya diri dalam
berkomunikasi walaupun sifatnya masih sederhana berupa instruksi-instruksi
tertentu yang kerap di gunakan dalam percakapan. Salah satu indikator
kesuksesan anak yakni mereka dapat merespon baik secara verbal maupun non
verbal setiap intruksi yang diberikan dalam Bahasa Inggris.
Bekal
Bahasa Inggris percakapan dasar untuk anak ini tentunya menjadi bekal bagi
anak-anak di jenjang pendidikan berikutnya seperti di SMP ataupun MTs nanti.
Walaupun fokus utama adalah Bahasa Inggris untuk percakapan namun tidak dapat
dipungkiri ada space tersendiri Bahasa Inggris tulis namun alokasi waktu yang
sedikit itupun untuk membuat anak tidak bosan. Bahasa Inggris tulis ini bisa
berupa kegiatan menggambar, mewarnai, menghubungkan titik-titik kosakata Bahasa
Inggris, dan game tulis/action lainnya yang dapat menyemangati anak.
Selanjutnya dengan lagu-lagu (songs) dapat menjadi bersemangat di dalam
belajar. Tentu saja lagu-lagu Bahasa Inggris yang bernuansa anak-anak secara
tidak langsung dapat melatih anak mengucapkan suatu kata dan kalimat (lirik)
Bahasa Inggris dengan baik dengan cara menirukan (imitating) lagu sumber.
Demikian
sharing saya terkait pengajaran Bahasa Inggris untuk level anak-anak. Semoga
tulisan ini dapat menjadi refleksi dan motivasi anda untuk memberikan
pembekalan Bahasa Inggris kepada anak-anak kita dengan cara yang tepat dan
diterima anak. Ingat, dunia anak adalah dunia bermain, belajar Bahasa Inggris
dapat dilakukan dengan bermain. Terima kasih atas atensi anda semoga
bermanfaat. Maturnuwun. Salam dari penulis blog ini.
0 Response to "Mengajar Bahasa Inggris untuk anak dan strateginya"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo