-->

Tips dan trik jitu cara mengajar Bahasa Inggris kelas 1 SD


Ketika  saya mengajar Bahasa Inggris kelas satu SD, materi tentang number saya tanpa sengaja menemukan metode/cara yang menurut saya pribadi membantu saya. Bahasa Inggris Anak Indonesia masih fokus membahas metode pengajaran Bahasa Inggris di SD khususnya kelas 1. Seperti kita ketahui bahwa mengajar Bahasa Inggris kelas 1 SD adalah yang tersulit. Banyak teman-teman guru yang mengeluhkan mengenai metode yang tepat berkaitan dengan pengajaran Bahasa Inggris di kelas 1 SD ini. Bahasa Inggris Anak Indonesia kali ini ingin berbagi kepada siapa saja yang mengalami kebingungan untuk mengajar siswa kelas 1 SD. Pada kesempatan kali ini saya akan share pengalaman mengajar untuk tema/materi Number(angka 1-10).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pengajaran bahasa, bahasa apa saja termasuk Bahasa Inggris(English) dimulai dari Bahasa lisan ke Bahasa tulis. Kita mendengar, kita mengucapkan bunyi/suara/sound suatu bahasa secara berulang-ulang sehingga kita menjadi familiar dengan bunyi tadi kemudian kita belajar mengasosiasikan bunyi tadi ke dalam suatu objek atau aktifitas yang mempresentasikan bunyi bahasa tadi. Setelah kita memahaminya kita dapat merepresentasikan bunyi dan objek tadi dalam bentuk tulisan/huruf/angka.

Kembali pada pengajaran Bahasa Inggris SD khususnya kelas 1 untuk materi number, jadi sebelum anak mengenal tulisan maupun angka maka anak kita perdengarkan bunyi/suara angka tadi secara berulang ulang sampai anak menjadi familiar. Guru dapat menggunakan media lagu-lagu Bahasa Inggris tentang number(angka). Anak-anak akan cepat mengenal angka dengan nyanyian tadi. Mereka belajar mendengarkan juga mengucapkan angka-angka dari 1-10 dengan cara yang menyenangkan. Dengan cara ini anak-anak tidak merasa terbebani dan kesulitan, justru anak-anak akan merasa menikmatinya. Pengalaman saya di kelas yang saya ajar, anak-anak saya dengan cepat sekali hafal lagu yang saya perdengarkan kepada mereka.

Setelah anak-anak familiar dengan suara/bunyi tentang angka tadi selanjutnya kita dapat menghubungkan suata tadi dengan jari-jari tangan kita. Jadi sambil menyanyi kita dapat memperlihatkan angka dengan jari tangan kita. Kemudian kita bisa menuliskannya di papan tulis lambang angka yang mewakili suara tadi.

Selanjutnya untuk mengetes pemahaman anak kita dapat menyuruh anak untuk menuliskan angka yang mereka dengar dalam Bahasa Inggris. Jadi guru mengucapkan angka dalam Bahasa Inggris kemudian anak menuliskan angka yang mereka dengarkan ke dalam tulisan. Perlu diketahi anak tidak disuruh menuliskan angka dengan huruf akan tetapi dengan lambang angka. lakukan hal ini secara bergiliran kepada murid-murid anda sehingga semua siswa dapat giliran mencoba. Dengan cara ini anak secara langsung dapat belajar listening dan writing. Guru dapat mengedrill pemahaman anak dengan metode dictation/dikte. Guru mengucapkan angka diikuti anak menuliskan lambang angka yang merepresentasikan ucapan/suara tadi.

Berkaitan dengan pembelajaran tema number ini untuk membiasakan anak menulis tulisan Bahasa Inggris kaitannya dengan number berupa huruf, anak dapat diberi latihan menulis dalam bentuk rewrite/menulis ulang tulisan/huruf dapat juga dengan  rebold atau menebalkan, menghubungkan titik titik menjadi angka atau tulisan dan lain sebagainya. Intinya anak berlatih menulis tulisan Bahasa Inggris supaya anak terbiasa dengan tulisan Bahasa Inggris kaitannya dengan matri number ini. Setelah anak cukup familiar dengan tulisan tadi kita dapat memberikan latihan berupa missing letter. Jadi anak kita suruh melengkapi huruf yang hilang dengan bantuan berupa gambar berupa lambang angka saya rasa anak tidak akan merasa kesulitan.

Setelah anak melewati tahapan tadi guru dapat menyuruh anak menggambar angka-angka dalam size besar kemudian kita suruh mewarnai gambar tadi. Saya yakin anak-anak akan having fun dengan yang namanya menggambar(drawing) dan  mewarnai(coloring). Shortly, dunia anak adalah dunia bermain, bernyanyi, menggambar, mewarnai gan permainan(game).

Sebagai ending atau penutup materi/tema ini kita dapat menggunakan permainan atau game masih berkaitan dengan tema number tentunya. Game dapat dilakukan seperti yang sudah sya share/posting sebelumnya mengenai game Bahasa Inggris yang berkaitan dengan angka(matematika). Game ini yaitu guru dapat memberikan soal berupa operasi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk lisan diikuti anak menjawab hasil dari operasi penjumlahan atau pengurangan tadi dalam Bahasa Inggris. Saya yakin anak-anak akan ceria dan berkompetisi untuk menjawab pertanyaan tadi.

Demikian yang bisa Bahasa Inggris Anak Indonesia share untuk mengisi posting pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Let’s care about Our chldren’s future!!!.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Tips dan trik jitu cara mengajar Bahasa Inggris kelas 1 SD"

  1. the tips above are very helpful ;)
    thank you...

    ReplyDelete
  2. Thank you Putri..nice to know you. Don't forget to come here again

    ReplyDelete
  3. Terima kasih
    Sangat bermanfaat dan membantu :)

    ReplyDelete
  4. The pleasure is mine mbk..makasih juga sudah mampir ke sini....Hope to be back soon..:)

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel