-->

SONGS AND GAMES


Bahasa Inggris dewasa ini sudah mulai di ajarkan di Sekolah Dasar.  Hampir di seluruh Nusantara mengajarkan Bahasa Inggris meskipun statusnya adalah Muatan Lokal. Dengan adanya tuntutan zaman yang mengharuskan kemampuan Bahasa Inggris maka Bahasa Inggris mulai diajarkan sejak dini. Sebagian besar Bahasa Inggris di SD diajar oleh guru-guru yang bukan fak Bahasa Inggris. Banyak guru kelas, guru Agama dan Penjas merangkap mengajar Bahasa Inggris di SD. Memang ada Guru yang  dari Lulusan S1 Bahasa Inggris tetapi jumlahnya kecil.
The students are studying English in the classroom
Dalam mengajar Bahasa Inggris tentunya kita menghadapi berbagai macam kendala. Bagi guru-guru yang bukan bidangnya mungkin mengajar Bahasa Inggris akan terasa sulit karena memang secara penguasaan disiplin Ilmu kurang. Tidak luput pula bagi guru Bahasa Inggris yang dari S1 Bahasa Inggris juga tidak sedikit mengalami kendala. Bahasa Inggris di SD tidak sama dengan mengajar Bahasa Inggris di SMP, SMA dan Perguruan tinggi. Dalam mengajar Murid SD kita harus menyesuaikan dengan karakter anak-anak SD. Dunia anak adalah dunia bermain. Sambil bermain mereka belajar.
Banyak metode pengajaran Bahasa Inggris yang dapat kita terapkan. Dua di antara metode pengajaran Bahasa Inggris yang efektif dalam mengajar Bahasa Inggris adalah melalui lagu dan permainan(song and game). Biasanya anak tidak akan bosan justru mereka akan merasa tertarik, merasa antusias dan tanpa mereka sadari mereka telah belajar Bahasa Inggris. kita contohkan, ketika kita menyanyikan lagu dalam Bahasa Inggris tentunya kita akan menirukan lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi dari native speaker. Anak-anak secara tidak langsung telah melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris melalui lagu dengan benar. Di dalam permainan juga kita bisa mengisinya dengan kosa kata dan pertanyaan dalam Bahasa Inggris. Menyanyi dan Permainan (song and game) merupakan metode pengajaran Bahasa Inggris yang ampuh untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anak SD.
Seorang guru yang mengajar Bahasa Inggris di SD, alangkah baiknya belajar menguasai lagu-lagu dan permainan dalam Bahasa Inggris. hal ini tidak sulit bagi kita karena dengan kemajuan ilmu dan teknologi kita dapat memanfaatkan internet untuk belajar mandiri. Lewat internet kita bisa belajar menguasai lagu-lagu dan permainan dalam Bahasa Inggris. kita bisa download banyak perbendaharaan lagu-lagu dan permainan. Semuanya bisa kita pelajari. Awalnya terasa sulit tetapi jika kita sudah terbiasa akan terasa mudah...dan menyenangkan...
DOWNLOAD LAGU-LAGU BAHASA INGGRIS ANAK

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "SONGS AND GAMES"

  1. Temen2 KKG di situ ada yang interest sama TIK ga ya?

    ReplyDelete
  2. Q interest banet pak....heheeh,yang juga interest pak...emang da pa pak

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel