Pentingkah Bahasa Inggris untuk anak SD atau Prasekolah?

Di dalam kurikulum SD/MI, Bahasa Inggris tidak masuk pelajaran yang wajib untuk diajarkan. Namun demikian mapel ini dapat diajarkan untuk pelajaran tambahan semacam Muatan Lokal. Sebetulnya jika dianggap muatan lokal tidak pas, karena Bahasa Inggris itu Bahasa pergaulan internasional. Lebih tepatnya Keterampilan. Dengan adanya pengenalan keterampilan dan materi Bahasa Inggris sejak dini sebetulnya tidak masalah. Anggapan yang salah jika anak tidak boleh diperkenalkan Bahasa asing. Kenyataanya anak adalah ibarat canvas kosong yang siap ditulisi dan diwarnai apa saja terserah orang tua, guru. Dan sama sekali kita tidak boleh melarang dan membatasi anak untuk belajar dan berkembang termasuk belajar Bahasa Inggris.
Bahasa Inggris penting untuk anak SD dan Prasekolah
Blog pendamping Belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak mulai dari PAUD, TK, SD sampai SMP MTs
Di dalam kurikulum 2013, Pemerintah lebih menekankan anak-anak SD atau MI belar Calistung (Membaca, menulis dan berhitung) dan sangat sedikit memberi ruang untuk pengenalan Bahasa Inggris. Memang benar fokus untuk anak-anak Jenjang sekolah dasar adalah budi pekerti, calistung, dan tidak ditekankan untuk keterampilan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Namun demikian, tidak manusiawi jika ada larangan untuk Bahasa Inggris.  Bagaimanapun juga Sekolah sebaiknya tidak membatasi anak untuk belajar termasuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa Untuk memperkenalkan Bahasa Inggris itu dengan metode yang tepat. Kesalahan fatalnya adalah guru-guru di yang mengajarkan Bahasa Inggris asal-asalan dan tidak menggunakan metode yang tepat sehingga terkesan, monoton, membosankan, formal, kaku dan memberikan citra negatif pada anak tentang Bahasa Inggris sendiri yang pada akhirnya anak-anak tidak tertarik dengan Bahasa Inggris ketika masuk sekolah lanjutan di SMP/MTs maupun di SMA/SMK/MA/MAK.

Beban berat akan dialami oleh guru SMP/MTs yang mengajar Bahasa Inggris karena di sekolah dasar Bahasa Inggris diperkenalkan dengan cara yang tidak tepat bahkan kerap guru memberikan pelafalan yang tidak benar sehingga akan terbawa anak dari SD sampai ke jenjang sekolah lanjutan seperti di SMP maupun MTs.

Penulis menganggap bahwa bagaimanapun juga pengenalan Bahasa Inggris itu perlu sejak dini dan sah-sah saja diperkenalkan di PAUD, TK, maupun SD dengan cara yang tepat.

Bila kita kaitkan dengan globalisasi di zaman sekarang ini, maka tak dapat dipungkiri kita perlu menguasai Bahasa Inggris dan tak dapat lagi mengelak karena tuntutan zaman jika kita ingin sejajar dengan bangsa lain. Agar kita dapat memberikan suara dan aspirasi di tingkat global. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan renungan dan masukan terkait dengan pelajaran Bahasa Inggris yang selama ini terpinggirkan dan terabaikan oleh pemerintah. Semoga tulisan ini dapat memberikan pertimbangan Pemerintah untuk mengkaji ulang akan pentingnya Pengenalan Bahasa Inggris di jenjang dasar maupun prasekolah.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL | BERITA TERBARU dengan judul Pentingkah Bahasa Inggris untuk anak SD atau Prasekolah?. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa - Thursday, July 19, 2018

3 komentar untuk "Pentingkah Bahasa Inggris untuk anak SD atau Prasekolah?"

  1. I think learning English is better to be done from early childhood.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Absolutely right. Never discourage them to learn anything including English. It is their right to get a good education.

      Delete
    2. The writer really cares of the English learning in Indonesia especially for children.

      Delete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo