Bahasa Inggris sejatinya perlu diperkenalkan kepada anak-anak kita

Terlepas dari diabaikannya Bahasa Inggris di SD, di mana mapel ini tidak terlalu dibutuhkan untuk anak-anak, namun bagi penulis sendiri memiliki pendapat yang berbeda. Bagi saya Bahasa Inggris perlu diperkenalkan kepada anak-anak bahkan anak di PAUD dan TK sekalipun. Pengenalan Bahasa Inggris untuk anak-anak tentunya dengan cara tersendiri dan berbeda dengan anak-anak Sekolah lanjutan seperti SMP dan SMA.

Pengenalan Bahasa Inggris untuk anak-anak sifatnya tidak membebani, tidak membuat anak bosan, dikemas dalam bentuk bermain sambil belajar, atau bahkan kesannya bukan belajar tetapi bermain yang memberikan ketrampilan Bahasa Inggris bagi mereka. Kalau memang selama ini Bahasa Inggris yang diajarkan di Sekolah Dasar menurut hemat penulis, memang terasa membebani anak-anak apalagi yang mengajar atau pihak-pihak yang menyajikan materi pengenalan Bahasa Inggris terlalu berat bahkan tidak berkompeten.

Dengan cara yang menyenangkan anak dapat diperkenalkan Bahasa Inggris
Melarang Memperkenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak adalah perampasan hak anak memeperoleh pendidikan

Jika ada pelarangan mengenalkan Bahasa Inggris untuk anak-anak seperti PAUD, TK dan SD adalah suatu hal yang lucu dan tidak dibenarkan. Bukankah anak-anak memiliki hak, yaitu hak memperoleh pendidikan yang layak, pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi mereka di masa mendatang? Namun hak anak sepertinya dibatasi oleh kurikulum made in Pemerintah yang dirasa mencabut hak anak dalam memperoleh multi ilmu termasuk Bahasa Inggris.

Selanjutnya Seperti apakah kita mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak? Bahasa Inggris memang bukan Bahasa ibu, Bahasa Inggris merupakan Bahasa asing, namun anak-anak kita memiliki potensi untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Mengenalkan Bahasa Inggris wajib menyenangkan bukan sebaliknya memaksa dan membebani mereka. Menyanyi, permainan, menggambar, mewarnai,storytelling dan lainnya merupakan metode yang cukup efektif untuk introducing Bahasa Inggris kepada anak-anak.

Menyanyi(singing) di sini tentunya lagu-lagu Bahasa Inggris untuk anak-anak(English songs for kids/children). Anak-anak dibiasakan mendengarkan lagu-lagu tersebut dan bisa mencoba menyanyikannya. Dunia anak adalah dunia bermain dan bernyanyi, anak akan merasa happy ketika mereka menyanyi. Cara yang paling ampuh untuk mengenalkan sesuatu adalah dengan menyanyi karena anak-anak menghafal dengan cara yang menyenangkan seperti menyanyi. Dan dengan cara ini pula anak-anak terbiasa melafalkan kata dan kalimat Bahasa Inggris dengan benar.

Permainan(games) juga merupakan cara/metode yang juga bagus untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak. Games di sini bisa berupa game yang melibatkan aktifitas fisik ataupun merangsang imaginasi anak. Seumuran anak-anak memang lagi aktif aktifnya bergerak mobile kesana kemari oleh karena itu dengan game anak-anak akan sangat antusias. Bermain-main mencari kesenangan diri, explore menemukan sesuatu yang baru di dunia mereka. Banyak game atau permainan yang dapat diterapkan yang bernuansa Bahasa Inggris. Jadi sambil bermain anak-anak juga mendapatkan pengenalan Bahasa Inggris.

Menggambar dan mewarnai(drawing and coloring) merupakan aktifitas yang menyenangkan bagi anak-anak. Tentunya mereka akan meluangkan waktunya untuk ini. Mereka tidak bosan dan antusias. Aktifitas ini juga dapat memberikan rangsangan imajinasi anak. Di dalam aktifitas menggambar sebetulnya kita dapat menyisipinya untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak, mulai dari nama-nama dari gambar sampai dengan belajar warna.

Selanjutnya yang tidak kalah menariknya adalah Storytelling atau bercerita. Anak-anak perlu diperkenalkan cerita-cerita Bahasa Inggris yang sederhana. Memang awalnya mereka tidak tahu arti dan maknanya, namun dengan storyteller yang bisa membawakan cerita dengan penghayatan yang baik dan juga dengan dukungan media audio visual dan nuansa anak-anak mereka akan tertarik. Selain itu mereka belajar mendengarkan kata demi kata dan kalimat yang diucapkan tentunya ini akan membiasakan anak mendengarkan kalimat Bahasa Inggris yang didengar dari si storyteller. Tidak mustahil mereka juga bisa melakukannya. Karena kemampuan Bahasa termasuk Bahasa Inggris merupakan proses imitating atau menirukan penutur bahasa(native speaker).

Demikian sekelumit uraian yang dapat penulis sharing. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Visit my blog here at : http://inggrissd.blogspot.com/
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL | TIP AND TRICK dengan judul Bahasa Inggris sejatinya perlu diperkenalkan kepada anak-anak kita. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Saturday, January 11, 2014

Belum ada komentar untuk "Bahasa Inggris sejatinya perlu diperkenalkan kepada anak-anak kita"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo