-->

Cerita pahit manis blog Bahasa Inggris anak

Sudah lama sekali blog saya Inggris anak berlalu lalang di dunia internet. Saat itu sekitar  bulan Februari 2012 saya mulai mengenal dunia blogging. hobi online yang awalnya di warnet membawa saya mengenal apa itu blog. Dulu ketika pertama kali membuat blog betul-betul blognya apa adanya. Saya saat itu sudah membuat beberapa blog namun semuanya mati saya tinggalkan hingga saya akhirnya saya memiliki 2 blog yaitu Blog Desa Siberuk dan Blog Inggris anak. Dua blog inilah awal saya menggeluti ngeblog. Memang awalnya saya sangat asing dengan yang satu ini. Dua blog tersebut sudah berganti ganti template dari template default sampai template yang sekarang ini bisa dibilang lumayan.

Tampilan Blog Bahasa Inggris anak Indonesia by Almusto Januari 2014
Thanks Google for giving Inggris Anak Blog a reward 

Berbicara tentang blog Bahasa Inggris anak ini saya sudah mengalami betapa ngeblog itu menyenangkan juga menyedihkan. Senang dan susah sudah saya rasakan dari pertama kali terjun hingga saat ini masih tetap eksis meskipun tersendat-sendat saya masih tetap menyempatkan diri untuk posting mengisi halaman blog saya dengan postingan-postingan yang saya share untuk berbagi kepada para pembaca di dunia maya. Berawal saat itu blog Inggris anak ini ketika baru pertama kali lahir dan berjalan sekitar itungan bulan, belum banyak yang mengetahui keberadaanya. Saat itu saya juga belum begitu tahu lebih jauh tentang blog. Sedikit demi sedikit saya mulai belajar untuk mengoptimalkan blog baik dari sisi appearance maupun konten dan dari sisi SEO pula.

Saya mulai belajar HTML, Javascript dan Bahasa Pemograman web lainnya dan Alhamdulillah saya sedikit paham sehingga akhirnya saya mengutak-atik template blog saya sampai akhirnya saya menemukan template yang unik yang saya kembangkan sendiri. Sejalan dengan itu, saya juga mulai belajar mengenai trik-trik supaya blog bisa popular terutama di halaman mesin pencari seperti Google. Sayapun mulai mempelajarinya, ketika Googling di internet saya menemukan artikel yang menjelaskan salah satu trik supaya blog terkenal adalah dengan cara melakukan posting secara teratur, blogwalking atau berkunjung dan berkomentar di blog lain kemudian saya mencoba melakukannya, dan benar akhirnya para blogger yang lainnya juga melakukan kunjungan balik ke blog saya. Akhirnya saya pun memiliki backlink atau istilahnya tukar link. Dengan cara ini secara SEO dapat memberikan nilai tersendiri di mata Google. Blog saya lambat laun akhirnya banyak dikunjungi pengunjung karena kata kunci dan artikel saya terpampang di halaman strategis Google.

Blog semakin dikenal dan memang saat itu lagi banyak pengunjung yang mencari artikel tentang Bahasa Inggris untuk anak-anak. Ketika mereka mengetikkan kata kunci Pembelajaran Bahasa Inggris dan sejenisnya kebanyakan merujuk ke blog saya. Awalnya pengunjung blog dari 60 an sampai meningkat menjadi, 100, 200, 400, 600, 700, 1000 bahkan sampai tingkatan yang di luar dugaan saya, yaitu mencapai 1500 pengunjung stiap hari. fantastic memang. Ternyata artikel saya mengenai Bahasa Inggris untuk anak terutama di SD menjadi top search di seluruh Indonesia. Ketika saya lihat di statistic histat ternyata pengunjungnya juga dari luar negeri seperti Australia, Amerika, Jepang, Inggris, dan lainnya. Saya sempat tidak percaya saat itu juga ada seorang Indonesia yang menjadikan blog saya menjadi referensi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak di Indonesia untuk keperluan pertukaran pelajar di luar negeri.

Kemudian sayapun mulai belajar untuk memasang iklan, mulai dari iklan sendiri sampai iklan PPC, reseller dan sebagainya. Karena blog memiliki cukup banyak pengunjung akhirnya saya beranikan memasang iklan di blog saya. Kebetulan teman saya saat itu memiliki buku kamus Bahasa Inggris untuk anak SD. Saya iseng mengiklankannya di blog saya. Saya buatkan artikel mengenai buku tersebut dan Alhamdulillah buku dikenal banyak orang melalui dunia maya. Banyak permintaan buku-buku tersebut di hampir seluruh nusantara. Buku teman saya tersebut akhirnya terjual habis dan sayapun mendapat fee dari teman saya. Saya pernah juga mencicipi uang dari hasil PPC, saya ikut gabung di Kliksaya.com di bitvertizer serta di Reseller Bahasa Inggris.net.

Yang namanya roda itu berputar kadang di bawah dan kadang di atas. Ini benar adanya. Dari blog yang biasa-biasa menjadi fenomenal dan akhirnya kembali pada asalnya juga. Blog saya seperti jatuh dari pohon yang tinggi. Blog saya benar-benar mendapat hukuman dari Google dengan adanya Algoritma Google seperti Google Penguin, Panda dan terakhir Dinosaur. Blog dianggap over optimized dan mendapat penalty dari Google. Di sisi lain Permintaan artikel mengenai Bahasa Inggris anak  juga berkurang dengan adanya kurikulum pemerintah yang baru yaitu kurikulum 2013 di mana Mata Pelajaran Bahasa Inggris dihapus di SD  maka banyak pengguna internet yang jarang mencari artikel pembelajaran Bahasa Inggris di SD, TK maupun PAUD. Singkat cerita blog saya turun pengunjungnya karena sebagian besar artikel dan postingan saya berada di dalam Google Sandbox dimana artikel tiada bernilai dan diabaikan di mesin pencari. Dari pengunjung ribuan turun menjadi hanya sekitar 100 pengujung per harinya. Betapa sedihnya saya ketika melihat blog saya kini tiada dapat dijumpai banyak pengguna internet lagi. Kata kunci andalan saya yang dulu popular tiada lagi di halaman awal Google. Itu artinya para visitor tidak akan menemukan tulisan saya, blog saya.

Sejak blog saya turun drastis saya jarang posting karena saya tahu buat apa posting artikel kalau artikelnya tidak dibaca dan dikunjungi para pembaca. Kalau dahulu saya hampir tiap hari posting, maka pasca blog saya diabaikan Google saya posting pas saya lagi mood saja. Itupun artikelnya kurang berkualitas seperti dulu. Hanya sekedar posting saja. Bagaimanapun juga blog saya, Bahasa Inggris Anak Indonesia tidak akan pernah mati di dunia internet. Akan tetap eksis meramaikan blogging begitu pikir saya. Dan Alhamdulillah sampai sekarang saya tetap menyempatkan diri untuk posting artikel.

Di saat saya sedang lesu dan kurang mood ngeblog, saya merasa kaget karena tidak seperti biasanya. Blog saya pengunjungnya mulai meningkat lagi. Saya tidak tahu kenapa. Dari maksimal hanya seratus pengunjung sekarang sudah meningkat lagi menjadi sekitar 250an. Ini ada peningkatan yang cukup signifikan. Akhirnya saya pun sedikit lebih bersemangat ngeblog lagi. Malam ini pas saya buka blog saya kemudian saya iseng-iseng mengecek pagerank blog saya yang dulu tidak pernah berubah alias hanya 0/10 sekarang sudah mendapat pagerank dari Google menjadi pagerank 1/10. Itu artinya blog saya mulai diperhitungkan oleh Google. Saya sangat bersyukur sekali karena blog saya saat masih Berjaya tidak punya ranking hanya bertahan di posisi 0 justru kini menjadi berpagerank 1. Mungkin itu sebabnya blog saya mulai pulih dan mulai terpampang lagi di halaman search engine Google. Ini adalah berita yang menggembirakan bagi saya. Saya sangat berterima kasih kepada Google yang sudah memberikan blog saya pagerank 1. Kini saya mulai memiliki antusias lagi untuk blogging. hari-hari akan saya isi dengan posting lagi meskipun pengunjung blog tidak seramai dahulu namun nilai pagerank dari Google sudah cukup membuat saya terhibur untuk sharing menulis artikel-artikel lagi yang dapat dibaca oleh khalayak ramai di dunia internet. Once again thanks Google for giving me a reward. I really want to blog again. I want to share and post by means of blogging to help others by writing. I hope they can read my articles. Artikel ini saya buat  specially atas penghargaan yang diberikan oleh Google kepada Blog Bahasa Inggris anak.

Salam dari Penulis buat pengunjung semuanya. Almusto


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cerita pahit manis blog Bahasa Inggris anak"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel