Pengalaman blog saya terkena Google Sandbox

Selamat sore para pengunjung Blog Bahasa Inggris anak. Saya sangat sedih sekali karena blog saya tidak seperti biasanya. Pengunjung di blog ini mengalami penurunan yang sangat drastis. Penulis sampai saat ini memang telah mengganti template blog sebanyak 3 kali. Tujuan saya sendiri adalah supaya blog menjadi lebih ringan, responsive dan tentunya SEO friendly. Saya tidak tahu entah kenapa setelah ganti template yang ketiga blog saya pengunjungnya tidak lebih baik daripada sebelumnya. Padahal yang sekarang ini blog lebih cepat loadingnya juga pastinya lebih keren tampilannya. Apa yang terjadi ya? Saya sempat pusing, kalau dulu blog memiliki visitor maksimal sampai 1500 pengunjung namun sekarang ini hanya sekitar 100 pengunjung. Alangkah naasnya blog saya ini.

Setelah mengalami hal yang sangat menyedihkan tersebut, saya coba mencari tahu dengan Googling, dan ternyata Alhamdulillah saya diberi petunjuk dengan mencari informasi di blog tetangga. Ternyata penurunan blog saya bukan sepenuhnya disebabkan oleh template yang baru akan tetapi blog saya ternyata terkena penjara Google, blog saya kena hukuman oleh Google. Blog saya berada di posisi Google sandbox. Baru kali ini saya mengerti tentang Google sandbox. Sebelumnya sama sekali saya tidak tahu apa itu Google sandbox. Lalu sebetulnya apa itu Google sandbox? Baik saya akan mencoba menjelaskan pengetahuan saya tentang Google sandbox. Sandbox itu sendiri adalah artinya kotak pasir. Google sandbox adalah semacam penjara atau tempat pembuangan Google. Ketika artikel kita terkena Google sanbox maka artikel yang kita submit ke mesin pencari Google akan hilang dan memang ditahan oleh empunya search engine Google karena telah melakukan kesalahan di mata Google.

Apa sih penyebab blog kita terkena Google sandbox? Dari beberapa informasi berkunjung ke blog tetangga saya dapat mengerti kenapa blog sampai kena hukuman Google. Blog kemungkinan terlalu dioptimasi yang berlebihan kemudian, banyak broken link di blog kita, dan kita suka copas artikel blog lain, akibatnya bukannya blog kita terindex di mesin pencari Google justru sebaliknya Google bisa saja menganggap artikel atau postingan kita sebagai spam. Saya sendiri tidak pernah copy paste artikel orang lain. Dan saya merasa artikel saya adalah murni lantas kenapa sampai masuk Google sandbox. Jika anda ingin mengecek situs anda apakah kena efek Google sandbox anda dapat berkunjung di sini http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm. Silahkan anda dapat mengecek apakah blog anda atau artikel anda terkena hukuman Google. Caranya silahkan masukkan url blog anda di kotak pertama dan kata kunci atau keyword anda berkaitan dengan artikel anda tersebut. Jika blog anda terkena Google sandbox maka akan terdapat laporan "Your site is still in google Sandbox. Contact support@searchenginegenie.com to get you out of Sandbox"

Blog kita terkena Google Sanbox atau tidak ya?
Penjelasan cara mengecek situs terkena Google sandbox atau tidak


Adapun trik dan tips bagaimana supaya kita bisa keluar dari yang namanya Google sandbox. Caranya adalah sebagai berikut :
1.   Kita harus mengedit/update artikel blog kita yang terkena Google sandbox    dan usahakan memperbaiki jika terdapat broken link yang ada di artikel kita.
2.   Sebaiknya kita menghindari optimasi blog yang berlebihan, seperti kita        memasang anchor text yang berlebihan dan memasang keyword yang terlalu    banyak dan sebagainya
3.   Kita hindarkan blog kita dari ping blog secara berlebihan
4.   Kita dapat berkomentar di blog lain yang berkualitas sehingga kita memiliki    backlink yang bagus pula. Ingat lebih baik memiliki backlink sedikit tapi berkualitas daripada banyak backlink yang jelek.
5.   Sebaiknya kita submit ulang sitemap blog kita di Google Webmaster tools.

Dengan cara tersebut di atas kemungkinan blog kita dapat keluar dari penjara Google sandbox an dapat terindex lagi di Google selanjutnya blog kita dapat dikunjungi oleh pengunjung blog kita lagi. Saya sendiri ini masih mencoba untuk memperbaiki blog saya yang terkena efek Google sandbox. Dari beberapa informasi dari blog-blog tetangga penulis dapat memposting aritikel ini. Di mana harapan saya dengan cara posting artikel ini blog saya dapat diampuni oleh Google dan artikel-artikel penulis dapat kembali terindeks di Google. Karena dari dalam hati saya niat saya ngeblog adalah ingin berbagi kepada orang lain mengeni pembelajaran Bahasa Inggris. Bagaimana nantinya jika blog saya sama sekali tidak dapat dibaca dan dikunjungi pengunjung, tentunya kita sia-sia posting artikel kita. Bagi pengunjung Blog ini saya mohon doanya supaya blog ini dapat bangkit kembali supaya bisa sharing tips dan trik belajar Bahasa Inggris lagi.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BERITA TERBARU dengan judul Pengalaman blog saya terkena Google Sandbox. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, August 22, 2013

8 komentar untuk "Pengalaman blog saya terkena Google Sandbox"

  1. "blog lebih cepat loadingnya juga pastinya lebih keren tampilannya", but then get failed coz nobody take a look at the site. ha3x.....
    It's such a blessing in disguise, though facing the problem, actually pay back with new thing. Truly, I never known blog and correlated but whenever I see the newest article.........suddenly we remind with Lighthouse Family music band, and the title "Free".

    Ups, let copy some lyrics which is impressed me :
    I wish I knew how it would feel to be free
    I wish I could break all the chains holding me
    I wish I could say all the things that I should say
    Say 'em loud say 'em clear
    For the whole wide world to hear

    ReplyDelete
  2. You're not absolutely right, The reduction of the visitors is not from the new template,As I xplain on the passage, it is because of the over optimization then Google considered my articles as spam. So I must update and edit my over SEO so that Google will drive back them from its jail, called "Sandbox", that a term of Google's jail hehe..

    Anyway, I do enjoy and feel better for your inspiring comments with the lyrics you write here... Thank you friend, you're the best penpals I have in the digital world.. :) Don't worry, I would publish your newest article soon, of course when I am ready.. peace...

    ReplyDelete
  3. That's the way it is!!! As my leisure time, we wanna check it out news in blog. (klo baca buru2x jadi cekidot....ha2x)
    So lovely that solution could be found soon. Ehem...we put the lyric coz the content so nice and has correlation with u case. And, part of the song - whole wide world - seem has similarity sound with world wide web. It's my technique too in finding vocabulary, little bit strange but we try to make simple mind mapping and lateral thinking. (aya-aya bae ning akang)
    After cloudy and storms there's a shiny day.......

    ReplyDelete
  4. I like the way you reply.. The sentence " After cloudy and storms there's a shiny day" Really it makes me have a spirit again.

    ReplyDelete
  5. wah ternyata blog ku kena sandbox juga nih,,
    gpp lah yang penting tetap eksis ngeblog :D

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. sudah gan, dan hasilnya positif mengidap penyakit sandbox heheheh

      Delete
  7. haha... saatnya anda cari pencerahan Googling biar terlepas dari penjara Google gan..

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo