SD harus tetap mengajarkan Bahasa Inggris


Bahasa Inggris di sekolah dasar meskipun di tahun ajaran 2013/2014 kurang diperhitungkan namun marilah kita tidak menganggap remeh dan semakin menghilangkan keberadaanya. Bahasa Inggris masih perlu dan selamanya tetap kita ajarkan kepada anak-anak kita.

Kenapa masih perlu diajarkan? Anak-anak perlu memiliki dasar baik pengetahuan maupun keterampilan dasar Bahasa Inggris guna menunjang pembelajarannya kelak di bangku SMP/Mts. Jelas berbeda apabila anak sama sekali tidak memiliki background Bahasa Inggris dengan yang memiliki dasar selama di Sekolah dasar. Di SD menurut hemat penulis justru kita harus istilahnya membiasakan percakapan dan instruksi serta pengenalan vocabulary sekitar anak. Pembiasaan akan melahirkan kemampuan dan keterampilan seperti Bahasa Inggris.

Inggris Anak
Anak-anak masih perlu mendapatkan pengenalan Bahasa Inggris


Sangat disayangkan sekali di Pekalongan hingga saat ini tiada lagi KBM Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Saat ini di sana yang ada tinggal Muatan lokal membatik. Anak-anak di Kabupaten Pekalongan tiada lagi memperoleh pengajaran Bahasa Inggris. Yang sampai detik saya masih teringat cerita teman saya ada teriakan siswa di sana begini  “Pak kenapa Bahasa Inggris ko tidak diajarkan, ayo pak kami diajar Bahasa Inggris lagi”. Siapa yang tidak teriris hatinya siapa yang tidak iba mendengar permintaan anak-anak yang polos yang antusias belajar Bahasa Inggris.

Sebenarnya di dalam hati saya, saya tidak dapat membayangkan anak-anak yang tadinya having fun menyanyi, bermain-main dalam Bahasa Inggris mereka sudah dibatasi haknya. Pengalaman saya mengajar di SD dulu betapa mereka sangat antusias menyambut pelajaran Bahasa Inggris yang penuh dengan keceriaan. Sesekali saya berpapasan dan bertemu murid-murid saya SD, mereka menayakan “Bapak kenapa tidak mengajar Bahasa Inggris lagi?” sebenarnya jika melihat antusiasme anak-anak belajar Bahasa Inggris saya merasa kasihan sekali pada mereka. Bukankah antusiasme, rasa cinta terhadap pelajaran akan memberikan kemudahan pada anak untuk mendapatkan ilmu dan keterampilan Bahasa Inggris? Sebenarnya di SD itu menurut penulis sangat strategi sekali belajar Bahasa Inggris tentunya dengan cara, metode yang tepat, yang fun yang menyenangkan, dengan dukungan guru yang professional. Sekarang saya tidak dapat berbicara banyak lagi. Bahasa Inggris setelah tahun ajaran baru semakin menurun. Harapan saya meskipun kondisi dan keadaan yang kurang kondusif namun saya berharap semoga Bahasa Inggris masih tetap diperkenalkan kepada anak-anak di Sekolah dasar..

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul SD harus tetap mengajarkan Bahasa Inggris. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, January 3, 2013

3 komentar untuk "SD harus tetap mengajarkan Bahasa Inggris"

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo