-->

Pengalaman berharga mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak


Mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak (English for Kids) sunguh menyenangkan (fun). Perkenalkan saya penulis Inggris anak.com. Saya adalah seorang blogger juga Guru Bahasa Inggris (English teacher). Saat ini saya mengajar di SMP 8 Batang dan MTs Walisongo Tulis-Batang, Jawa Tengah. Selain mengajar di Pendidikan formal saya juga mengajar privat dan klasikal di kursus-kursus/bimbel/lembaga pendidikan informal di area Batang Pekalongan. Salah satu yang menarik bagi penulis adalah mengajar anak-anak Pra SMP/MTs, yaitu anak-anak TK/SD. Di sini penulis menemukan sesuatu  yang challenging.

Challenging, ya sangat menantang sekali bagi penulis, ternyata anak-anak sangat antusias menerima materi Bahasa Inggris. Untuk memperkenalkan Bahasa Inggris kepada mereka, penulis menggunakan pendekatan/metode lagu dan permainan (Songs and games approach). Inilah salah satu yang membuat mereka antusias dan senang belajar Bahasa Inggris. Setiap materi atau tema yang diajarkan, penulis selalu memperkenalkannya dengan lagu-lagu Bahasa Inggris, disusul juga dengan menggunakan permainan. Dengan media lagu ini ternyata anak-anak justru benar-benar belajar speaking, pronouncing, mengucapkan kata/kalimat Bahasa Inggris dengan benar. Ya bernyanyi dan bermain sambil belajar Bahasa Inggris tentunya.

English Kids, Opsi, Batang, Song and games
Penulis mengajar Bahasa Inggris di Bimbel

Untuk mengajar anak-anak TK, SD kelas 1 dan 2 sebaiknya dalam mengajar Bahasa Inggris lebih banyak menekankan pada speaking dan listening, untuk writing dibatasi, karena mereka masih dalam belajar calistung (Membaca, menulis dan berhitung), ditakutkan nantinya akan mengganggu calistung mereka. Mereka masih dalam tahap latihan baca tulis, jika kita terlalu banyak aktifitas menulis dapat memberikan dampak yang buruk.

Lain halnya jika anak-anak sudah bisa membaca dan menulis, maka untuk pengenalan Bahasa Inggris, selain speaking, listening, kita juga dapat memberikan writing dan reading. Biasanya anak-anak mulai dari kelas 3 sampai dengan 6 sudah bisa kita berikan materi tertulis. Perlu diketahui bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia itu memiliki perbedaan mencolok. Bahasa Inggris lebih kompleks baik pengucapannya maupun aturan tata bahasanya (grammar). Anak-anak perlu diberitahu mengenai perbedaan itu. Contohnya ketika kita menulis ‘one’ maka kita tidak boleh membacanya ‘wan’, juga ‘two’ kita tidak boleh membaca atau melafalkan apa adanya. Inilah salah satu perbedaan yang mencolok yang musti anak-anak harus diberitahu supaya ke depan dalam belajar Bahasa Inggris dapat belajar dengan lancar.

Materi yang diperkenalkan kepada anak yang meliputi semua aspek kebahasaan seperti listening, speaking, reading dan writing harus dikemas dengan cara yang menyenangkan dengan lagu dan game. Selain itu anak-anak dapat kita tantang untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang dilakukan setiap pertemuan, karena dengan cara itu kita belajar membiasakan diri berbahasa Inggris. Contohkan kepada mereka ungkapan-ungkapan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, gunakan dan langgengkan maka lambat laun anak terbiasa dan dengan cara ini akan terbentuk keterampilan dasar komunikasi dalam Bahasa Inggris.

Demikian sekelumit pengalaman penulis dalam mengajar dan memperkenalkan Bahasa Inggri kepada murid-murid les penulis di Batang. Semoga dapat menjadikan refleksi bagi para pembaca dan pengunjung blog ini yang ingin memperkenalkan Bahasa Inggris kepada putra-putrinya dengan cara/metode yang tepat sehingga anak dapat menerima materi dengan senang tanpa paksaan yang pada gilirannya dapat menyukai dan antusias dalam belajar Bahasa Inggris di masa-masa mendatang di sekolah lanjutan baik di SMP maupun MTs sampai perguruan tinggi sekalipun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Pengalaman berharga mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak"

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel