BAHASA INGGRIS DI SD MASIH KABUR
4:54 PM
6 Comments
Ada teman penulis sesama guru
Bahasa Inggris di SD yang menanyakan kira-kira materi apa yang sesuai diajarkan
di SD dalam hal ini materi Bahasa Inggrisdi SD. Pertanyaan ini adalah
pertanyaan klasik yang ditanyakan berulang ulang oleh pengampu Bahasa Inggris di
SD. Jika kita menengok ke buku panduan dan LKS(Lembar Kerja Siswa) dan buku
penujang yang lainnya masing-masing memiliki perbedaan dalam hal materi atau
unit atau tema pembelajaran. Tidak ada keseragaman dalam hal materi Bahasa
Inggris di SD. Karena memang belum ada kejelasan materi, tidak hanya materi
tetapi juga silabus dan kurikulum yang masih mentah maka pengajaran Bahasa
Inggris di SD dilakukan seadanya dan beradaptasi dengan tema-tema dan materi
yang sering dikeluarkan oleh kabupaten. Guru dalam hal mengajar materi Bahasa
Inggris di SD menyesuaikan dari Kabupaten. Masing-masing daerah di Indonesia
belum memiliki keseragaman dan persepsi yang sama dalam hal materi pokok yang
diajarkan. Dengan keadaan yang serba belum jelas maka para guru pengampu Bahasa
Inggris di SD mengajarkan materi sesuai dengan kebutuhan di daerahnya
masing-masing, ironisnya LKS dijadikan seperti buku pedoman mengajar padahal
yang namanya LKS sifatnya hanya sebagai pelengkap dan penunjang mengajar.
Berawal dari belum adanya payung
hukum yang pasti berkaitan dengan eksistensi Bahasa Inggris di SD membawa
konsekuensi pada ketidakjelasan dan kekaburan dalam segala hal mulai dari
kurikulum, buku pedoman, tenaga pendidik, dan tentunya materi yang sampai
sekarang masih kabur dan belum jelas akibatnya adalah pada perbedaan pengajaran
Bahasa Inggris di SD di masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Memang tidak
dapat dipungkiri dan tidak dapat disalahkan karena memang posisi Bahasa Inggris
bukan mata pelajaran pokok di SD. Bahasa Inggris masih sebagai mulok(Muatan
Lokal). Pemerintah sampai saat ini memang masing memandang sebelah mata Bahasa
Inggris di SD. Pemerintah dalam hal ini lepas tangan tanpa turut campur di
dalam pengajaran Bahasa Inggris di SD karena selama ini belum ada buku BSE
ataupun pedoman khusus dari Pemerintah mengenai buku standar yang dapat
digunakan untuk pengajaran Bahasa Inggris di SD.
Sejauh ini pemerintah hanya
memberikan rambu-rambu mengenai SK dan KD pengajaran Bahasa Inggris di SD
sebatas untuk kelas 4 sampai dengan 5 selebihnya tidak ada follow up dan
kebijakan pemerintah mengenai Bahasa Inggris di SD kaitannya dengan buku
pedoman dan bahan ajar. Bahasa Inggris memang statusnya mulok dan pengajarannya
diserahkan sepenuhnya pada masing-masing satuan pendidikan. Sementara ini
adalah keinginan dari pemerintah. Menurut penulis pribadi, sesuatu itu perlu
dirancang dan diplanning, jika memang pemerintah berani menganjurkan pengajaran
Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar maka pemerintah harus memberikan
petunjuk, pedoman, rambu-rambu, kurikulum, tenaga pendidik, dan bahan ajar yang
jelas. Sesuatu yang dilakukan secara setengah-setengah akan berakibat fatal dan
jauh dari yang diharapkan. Selama penulis berhubungan dan berkomunikasi dengan
guru pengampu Bahasa Inggris di SD melalui media internet penulis banyak
menjumpai keluhan dari mereka terkait dengan pengajaran Bahasa Inggris yang
masih belum kabur.
Bahasa Inggris merupakan Bahasa
Internasional yang sangat dibutuhkan oleh bangsa kita. Bahasa Inggris akan
lebih baik jika diajarkan sejak dini. Memang Bahasa Inggris sudah mulai
diajarkan di lingkungan sekolah dasar akan tetapi Bahasa Inggris belum begitu
serius direnspons oleh pemerintah kita. Bahasa Inggris sampai saat ini masih
sebagai mulok dan belum menjadi mata pelajaran pokok yang dibutuhkan di SD.
Bahasa Inggris di SD masih dinomor duakan dan masih dipandang sebelah mata. Pemerintah
belum tanggap dalam menyikapi fenomena pengajaran Bahasa Inggris SD yang sudah
mulai marak diajarkan di SD di seluruh tanah air, mengapa pemerintah
sama sekali tidak serius di dalam memberikan tempat dan kebijakan mengenai
Bahasa Inggris di sekolah dasar. Anjuran, masukan dan harapan kami guru pengajar Bahasa Inggris di SD, semoga
pemerintah dapat segera bertindak dan mengambil sikap secara serius terkait
dengan pengajaran Bahasa Inggris di SD.
ya benar sekali. ini perlu jadi bahan pertimbangan pemerintah.
ReplyDeletekalo semboyan dari daerah saya, tira tangka balang. artinya kalau bekerja jangan setengah hati harus tuntas sampai dengan tujuan. kalo memang pemerintah memiliki tujuan (goal) pelajaran mulok (bahasa inggris) ini layak dipertimbangkan kembali.
salam kenal.
saya juga pengajar bahasa inggris di sd pedalaman kalimantan tengah.
Terima kasih atas support dan kunjungannya mas...slam kenal juga.Semoga Bahasa Inggris di SD ke depan akan lebih baik. amin
ReplyDeleteWah, semoga bahasa Inggris+bahasa Arab bisa menjadi kurikululm di SD
ReplyDeleteYang jelas Bahasa Inggris lebih baik jika dijadikan mata pelajaran pokok di SD. Bahasa Arab juga penting...thanks ya mas sudah visit....
ReplyDeletemari kita share disini atau qt buat forum untuk guru sd.
ReplyDeleteSaya juga guru bahasa inggris di daerah jawa tengah tepatnya di Baturetno Wonogiri
Iya betul guru Bahasa Inggris harus punya forum baik itu lewat fb atu blog khusus....thanks ya sudah mampir
ReplyDelete