Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris harus menyenangkan karena sesuatu yang menyenangkan dapat memudahkan kita untuk menerima dan menguasainya. Baik teman-teman semuanya pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi tulisan atau artikel dari teman penulis dari Borneo. beliau adalah teman online penulis yang juga antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Penulis merasa suatu kehormatan bisa publish artikel teman penulis tersebut. Beliau akan berbagi trik dalam belajar Bahasa Inggris. Berikut adalah artikelnya asli dalam Bahasa Inggris. Penulis juga akan menyajikan dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan pembaca memahami isi dari artikel tersebut. Take it out!

Tips dan trik belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan
Cara belajar Bahasa Inggris yang fun

Learning English could be interesting if we know the way and trick. What’s  that? I have no background in English literature but could do it, as we want to and it has to do it. Wanna know? Here the tips as we have done by myself.  So.... so.....easy.......really.

Belajar Bahasa Inggris dapat menarik jika kita mengetahui cara dan trik-triknya. Apa itu? Sungguh saya tidak memiliki latar belakang Sastra Bahasa Inggris tetapi saya dapat melakukannya selama kita ada kemauan dan kita dapat melakukannya. Penasaran? Berikut ini adalah tip-tip dari saya  yang sangat mudah untuk mempelajari Bahasa Inggris.

1. FUN
First, FUN. Why fun? English is not our language thus little bit different in learning process. As we have no school anymore, we have to find a fun way for doing it. I hate to learn such as reminding the sentences pattern. As you see, there 16 kinds of sentences. And, it’s hard enough if we have to learn it, even one by one. Then, forget it for moment. Besides that I’m little bit lazy..................ha3x.

Thus, we learn English by a fun way such as.......singing or just listening the song. Okay, you find it your own way? Do it and enjoy it.

Yang pertama adalah FUN atau menyenangkan. Kenapa harus menyenangkan? Bahasa Inggris bukan bahasa kita jadi sedikit berbeda dalam proses pembelajarannya. Seperti saat ini kita tidak mengenyam sekolah lagi, maka kita harus menemukan cara untuk melakukannya. Saya tidak suka belajar yang terlalu fokus pada tata bahasa atau aturan kalimat dalam Bahasa Inggris. Seperti yang anda ketahui setidaknya ada 16 bentuk waktu kalimat Bahasa Inggris. Dan kita sangat sulit untuk mempelajarinya meskipun sedikit demi sedikit, satu demi satu, betul kan? Baik kita lupakan itu semua sementara. Sebetulnya saya sedikit malas hahaha..

Dengan demikian, kita belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan seperti menyanyi atau hanya sekedar mendengarkan lagu. Oke, anda dapat menemukan cara anda sendiri, lakukanlah dan nikmatilah…!!!

2.HAPPY
The second tips is HAPPY. By feeling happy will give contribution to our learning process. What’s? We have no scary to do something like in the class. Sometimes our classmates get laughed because we have made mistakes, then we feel guilty about that. I’m the worst student in the class, only me myself who has mark below 5…......that’s a sample only.

What should I do? Do this tip in your room by yourself. If you have time, please clean up your room. Firstly, see the stuff in your room such as bed, cupboard, mirror and anything.  After locked the door then practice to arrange the sentences.

Oh, too bad….. that’s my room very dirty and my nanny goes to her village. I have to clean up, sweep the floor and all my clothes aren’t laundry yet. And so on….... Speaking by ourselves? Yes,  you have to do it if wanna do. Maybe you have another sample for exercise, do it.

Tips kedua adalah HAPPY atau senang. Dengan merasa senang sebetulnya dapat memberikan kemudahan bagi kita dalam belajar. Apa itu? Kita tidak memiliki rasa takut untuk melakukan sesuatu di kelas. Kadang-kadang teman-teman sekelas kita menertawakan kita saat kita melakukan kesalahan, kemudian kita merasa minder dan bersalah. Saya adalah siswa paling bodoh di kelas, hanya diri saya sendiri yang mendapat nilai di kurang dari 5. Itu hanya contoh saja. Heheh..

Apa yang seharusnya saya lakukan? Lakukukan Tips ini di kamarmu sendiri. Jika anda memiliki waktu silahkan bersihkan ruangan anda. Pertama-tama coba lihat benda-benda yang ada di sekeliling ruangan anda seperti kasur, lemari, cermin dan apa saja yang ada di situ. Setelah mengunci pintu silahkan anda berlatih menyusun kalimat anda.

Oh, kasihan, kamarku sangat kotor. Pembantu sedang pulang kampong. Saya harus membersihkannya sendiri. saya harus menyapu lantai dan ternyata Pakaian kotorku belum dicuci. Dan lain sebagainya. Berbicara pada diri kita sendiri, lakukan latihan speaking. Ya anda harus melakukannya jika ingin melakukannya. Anda juga dapat menggunakan contoh yang lain untuk latihan. Lakukanlah..!

3.VOCAB
Third, vocabulary. We scare to speak up English because we weak enough in vocabulary. How to conquer it? There’re many tricks, the simple way is open up our dictionary. But, it’s boring. Why? We have no capability in using the word except knowing the meaning in bahasa. Ha3x

Reading is good technique in enrichment our vocabulary. No matter the book or novel or newspaper you wanna read. It will give back to you. Yes, our vocabulary become higher and higher till no need to count on it. Another tips, listening and singing a song. We will know how to pronounce in good manner and arrange phrase. It’s really? Yes, it’s done by me. What? We sometimes arrange the sentences from a part of a song. It’s nice and cool.

Yang Ketiga adalah VOCABULARY  atau perbendaharaan kata. Kita takut untuk berbicara Bahasa Inggris karena kita lemah dalam Kosa kata. Jadi, Bagaimana cara menklukannya? Ada banyak trik atau cara yang dapat kita lakukan, cara yang paling sederhana adalah dengan kita membuka kamus kita. Tetapi cara ini sungguh membosankan. Kenapa? Kita tidak memiliki kemampuan untuk menggunakannya kecuali hanya mengerti artinya saja. Hahaha

Membaca merupakan teknik yang bagus untuk memperkaya kosa kata kita. Apa saja bisa kita gunakan seperti Buku, Novel atau surat kabar yang dapat kita baca. Ini dapat memberikan kosa kata bagi kita. Kosa kata kita akan semakin bertambah dan kita tidak perlu menghitungnya. Tips yang lain adalah mendengarkan  atau menyanyikan lagu. Kita akan tahu bagaimana cara mengucapkan atau melafalkan kata/frase dengan cara yang benar. Sungguh ini cara yang efektif. Sudah saya buktikan sendiri. Kita kadang-kadang dapat menyusun kalimat dari bagian kalimat suatu lagu. Sungguh ini sesuatu yang menyenangkan sekali.

4.PRACTICE  & PRACTICE
Lastly and not the least. We have to have passion in learning English. What’s that? We keep on practice and practice, even by making mistakes. If there’s something wrong....just laugh it and enjoy it. Why laugh it? Coz we love it. Ha3x don’t you realize that we already learn phonetic concurrently. Laugh and love nearly same sound but truly different meaning. You ....see....lah. Shiok lah.

Please reduce to make an argue. Why? By arranging an argument, actually we will set up our barrier ourselves. Usually, we will find reason for not doing something or not taking a step ahead. Please, don’t do it. So?...........find your own way in learning English.

Yang terakhir, Kita harus memiliki semangat dalam belajar Bahasa Inggris. Apa itu? Kita tetap berlatih dan berlatih terus, meskipun kita sering melakukan kesalahan. Jika kita salah, anda dapat tertawa dan menikmatinya. Mengapa kita harus tertawa pada diri sendiri? Yak arena kita menyukainya, hahaha. Tidakkah anda menyadari bahwa kita sudah belajar mengenai Fonetik secara bersamaan. Laugh dan Love  (Tertawa dan mencintai) hampir memiliki persamaan suara tetapi sungguh keduanya memiliki perbedaan arti. Anda dapat melihatnya, dan merasakannya..

Silahkan anda kurangi perdebatan. Mengapa? Dengan berdebat atau berargumen, sungguh itu dapat menjadi penghalang bagi kita. Biasanya, kita akan dapat menemukan alasan untuk tidak melakukan sesuatu atau juga tidak melaksanakn langkah kita. Jadi Tolong jangan lakukan itu. Jadi, Temukan cara anda sendiri di dalam Belajar Bahasa Inggris.

Written By my Penpals, 

Mochtar Bungkus



Itulah tips dan trick singkat dari beliau berkaitan bagaimana cara mudah belajarBahasa Inggris. Sharing pengalaman beliau semoga dapat memberikan pintu dan ilmu yang bermanfaat bagi kita terutama dalam belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Thanks for reading.

DOWNLOAD ARTIKEL INI
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori TIP AND TRICK dengan judul Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris . Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Wednesday, July 31, 2013

5 komentar untuk "Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris "

  1. There are many visitors coming here but they seldom make comments here, They usually coment via fans page or face book..

    ReplyDelete
  2. Ha3x....can't stand to read any comments. Please....write here!!!! Please....(uhuk3x...ha3x). Hi pals, coz you update the icon and eye catching in each article, make me wanna to read again.......

    ReplyDelete
  3. People usually focus on Lebaran day than open up computer n browse information in the internet. So, it will be silent during this period. And they will come back again after Lebaran. Based on the statistic on Histat of my blog, the visitors reduce in large number

    ReplyDelete
  4. Ya sama-sama gan... makasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo