METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK ANAK : STORY TELLING(BERCERITA)

Bahasa Inggris di SD akan terasa menarik dan tidak membosankan jika guru selaku agent of knowledge dapat mentransfer ilmu, pengetahuan dan keterampilan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan dapat diterima anak. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh seorang guru pengampu Bahasa Inggris di SD. Guru dapat menggunakan berbagai media dan metode yang tepat dan menyenangkan bagi anak.

Salah satu metode pengajaran Bahasa Inggris yang menarik bagi anak adalah melalui story telling(bercerita). Bercerita di sini guru menceritakan cerita dan kisah dalam Bahasa Inggris. kedengarannya susah memang karena anak tidak mengetahui arti dari kata-kata dan kalimat yang diucapkan oleh guru. Tetapi di sini ada sisi positifnya. Anak akan terbiasa dengan kata-kata, ungkapan dan kalimat dalam Bahasa Inggris. Untuk mengatasi hal ini guru dapat menggunakan media gambar atau video cerita. Guru dapat menggunakan gambar atau video yang akan membantu anak memahami cerita. Supaya cerita real dan merangsang emosi dan respon anak maka guru di dalam membawakan cerita melibatkan ekspresi dan emosi seakan-akan guru memerankan di cerita tersebut. Story telling juga dapat menggunakan bantuan penuh video. Guru hanya memutarkan cerita anak-anak dalam Bahasa Inggris. Setelah selesai memutarkan video cerita guru dapat mengajukan pertanyaan pada anak anak.

Berbicara mengenai bahan cerita untuk story telling guru dapat menggunakan buku-buku cerita rakyat(folk tales, fairy tales, legends, fable, etc). Buku dapat diperoleh di perpustakaan, atau dengan E-book yang diunduh di internet. selain   E-book, guru dapat mengunduh/download cerita dalam bentuk file mp3 atau video-video. Untuk menunjang pembelajaran guru juga dapat membuat media gambar yang berkaitan dengan cerita cerita yang digunakan. Beberapa situs yang dapat dijadikan sebagai referensi adalah You Tube, BookBox.com dan lain sebagainya. Silahkan baca daftar situs belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak di situs blog ini pada posting sebelumnya.

Untuk menunjang dan memperlancar story telling memang idealnya guru menggunakan laptop dan LCD proyektor. Dengan bantuan dua alat ini akan sangat mempermudah guru dalam menyampaikan materi story telling. Story telling merupakan salah satu metode pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah dasar yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam listening dan speaking. Anak-anak di sini tidak hanya pasif mendengarkan saja karena setelah mendengarkan cerita guru dapat mengajak anak untuk berdiskusi berkaitan dengan cerita yang duah dilihat dan didengarkan. Anak-anak akan terbiasa dilibatkan dan terekspos dalam penggunaan Bahasa. Siswa terbiasa dalam atmosfer Bahasa Inggris yang sesungguhnya. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori CHILDREN STORY dengan judul METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK ANAK : STORY TELLING(BERCERITA). Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Friday, August 31, 2012

2 komentar untuk "METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK ANAK : STORY TELLING(BERCERITA)"

  1. makasih share nya . . bukunya cukup oke tuh kmrn saya sempet beli 1 bwt liat2 dlu . . sayangnya jateng ma jogja kurikulum bahasa inggrisnya beda :(

    ReplyDelete
  2. Iya gk apa2 mbk...kalau di sini di Batang Pekalongan B. Inggris sekarang tidak diajarkan lagi.. Saya sendiri sudah tidak bgtu aktif lagi ngeblog di sini. sekarang saya mengajar di MTs dan SMK..

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo