PEMERINTAH BATANG PERLU MEMBERI KEJELASAN MENGENAI BAHASA INGGRIS DI SD


Bahasa Inggris SD di Kabupaten Batang sampai dengan detik ini belum ada kejelasan baik dari segi Kurikulum, guru dan kebijakan kebijakan yang berhubungan dengannya. Para Guru pengampu Mulok Bahasa Inggris di Kabupaten Batang dibuat bingung dan tanpa arah yang jelas. Padahal kalau kita lihat Mulok bahasa Inggris sudah berjalan lama sejak Bupati Batang terdahulu menetapkan Bahasa Inggris sebagai mulok Kabupaten batang. Lalu mengapa pemerintah kabupaten Batang sama sekali tidak ada follow up terhadap keberadaan Mulok ini. Mana tanggung jawab Pemda Batang kaitannya dengan Mulok Bahasa Inggris di SD. Apa kami sebagai praktisi pendidikan Guru Pengampu Bahasa Inggris mengajar dengan seadanya. Bagaimana nanti output yang dihasilkan manakala belum ada persiapan dan rencana yang matang, tujuan dan arah yang jelas.
Perlu diketahui bahwa kami sebenarnya sudah memiliki OrGanisasi KKG Guru Bahasa Inggris SD yang tersebar di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Batang. Dengan adanya KKG ini kami merasa terbantu sekali. Lewat forum inilah kami saling sharing dengan teman-teman guru yang lain kaitannya dengan kesulitan-kesulitan yang kami hadapi dalam KBM Bahasa Inggris di SD. Di dalam forum ini pula kami dapat menyusun kurikulum dan silabus Bahasa Inggris SD versi kami sendiri-sendiri. Antara kecamatan yang satu dan yang lainnya tidak sama.
Seharusnya dari Pemerintah lewat Disdikpora bisa memfasilitasi kami kaitannya dengan kurikulum, silabus dan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris SD. Tetapi kenyataanya tidak ada kerjasama dengan kami. Yang kami sesalkan adalah ketika soal semesteran dan ujian sekolah Bahasa Inggris SD dibuat dengan tidak melibatkan kami. Padahal kamilah yang selama ini sebagai tenaga pengajar Bahasa Inggris SD. Kadang soal yang dikeluarkan terlalu sulit untuk anak-anak. Juga kami tidak sedikit menjumpai tata bahasa atau grammar yang kurang tepat. Penting bagi kami supaya dilibatkan di dalam penyusunan soal baik soal semesteran maupun soal ujian sekolah. Akan sangat bijaksana sekali jika kami bisa diajak kerjasama.
Apakah eksistensi kami sebagai tenaga pengajar Bahasa Inggris di lapangan tidak diakui?. Apakah Forum KKG Bahasa Inggris kami tidak diajak kerjasama? Bukanakah tiap-tiap kecamatan ada KKG Bahasa Inggris SD? Kami sebenarnya memiliki Visi dan Misi untuk memajukan Bahasa Inggris SD di Kabupaten Batang. Akan tetapi Pemerintah sama sekali tidak merespons kami. Kami sebenarnya menginginkan adanya tanggapan dari Pemerintah Batang. Terutama ada Forum KKG Bahasa Inggris tingkat Kabupaten. Dimana nanti dari masing-masing KKG Bahasa Inggris tingkat kecamatan dapat berkomunikasi dan berinteraksi bersama membangun Batang khususnya Mulok Bahasa Inggris.
Harapan Kami semoga akan ada keseriusan Pemerintah berkaitan dengan Mulok Bahasa Inggris di SD. Himbauan kami kepada Pemerintah Batang supaya memberikan arah dan tujuan, Visi Misi Mulok Bahasa Inggris SD yaitu Masalah kejelasan Kurikulum, Sillabus, Perangkat Pembelajaran,Tenaga Pengajar, dan kebijakan-kebijakan yang lain yang berkaitan dengan Bahasa Inggris di SD sehingga kami dapat mengajar Bahasa Inggris dengan arah dan tujuan yang jelas.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori BERITA TERBARU dengan judul PEMERINTAH BATANG PERLU MEMBERI KEJELASAN MENGENAI BAHASA INGGRIS DI SD. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Saturday, April 28, 2012

Belum ada komentar untuk "PEMERINTAH BATANG PERLU MEMBERI KEJELASAN MENGENAI BAHASA INGGRIS DI SD"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo