INTI DARI BELAJAR BAHASA ADALAH DIMULAI DARI BAHASA LISAN KEMUDIAN MENGARAH KE BAHASA TULIS


Keterampilan atau skill dalam Bahasa Inggris dibagi menjadi 4 aspek, yaitu : Listening (mendengarkan), Speaking (Berbicara), menulis (Writing) dan Reading (membaca). Baik dalam bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan bahasa-bahasa lainnya pada prinsipnya memiliki kesamaan. Keempat aspek bahasa tersebut saling berkaitan dan saling melengkapi satu sama lain.
listen and speak..
Pengajaran Bahasa, terutama Bahasa Inggris dimulai dari Bahasa lisan (Listening, Speaking) kemudian diikuti oleh bahasa tulis (writing, reading). Kenapa bisa demikian? Manusia ketika masih kecil ketika dia belum bisa berbicara, awalnya dia belajar bahasa dari kedua orang tuanya, ayah ibunya, saudara dan orang-orang dewasa di sekelilingnya. Secara alamiah dia mulai belajar meniru, mengucapkan kata-kata kemudian kalimat dan pada akhirnya dia sedikit demi sedikit bisa meskipun dalam bahasa atau ucapan yang paling sederhana. Ketika dia mulai duduk di bangku sekolah, dia mulai belajar bahasa tulis, belajar menulis dan membaca. Di lingkungan sekolah itulah dia mulai mengenal bahasa tulis, maka lengkaplah keterampilan bahasa yang dia kuasai, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis.
Begitu juga halnya, di Negara Inggris. Anak-anak seumuran TK, SD sudah bisa Bahasa Inggris dan tidak kalah dengan orang dewasa di Indonesia yang masih belajar Bahasa Inggris. Karena memang anak-anak di sana ketika mereka lahir, apa yang mereka dengar, apa yang mereka dapatkan setiap harinya adalah Bahasa Inggris dari orang tua mereka. Lambat laun merekapun bisa berbahasa Inggris.
Belajar bahasa pada prinsipnya sama. Baik di Indonesia, di Inggris  maupun di negara lainnya. Anak akan pandai berbahasa. Anak memiliki kemampuan bahasa ibu. Bahasa yang diasa dia dengar. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, bahasa ibu kita adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa daerah kita. Bagi mereka yang tinggal di Inggris, Bahasa ibu mereka adalah Bahasa Inggris. Bagi mereka yang tinggal di Arab, Bahasa Arab adalah bahasa ibu mereka.
Bahasa Inggris bagi bangsa Indonesia statusnya adalah Bahasa asing, bahasa kedua (second language) setelah bahasa ibu. Bahasa Inggris baru kita pelajari ketika mulai di sekolah. Tidak mengherankan jika kita mengalami kesulitan belajar bahasa tersebut. Karena memang kita tidak terbiasa mendengar dan yang jelas kita jarang atau mungkin tidak pernah menggunakannya.
Kembali ke awal pembahasan aspek-aspek bahasa tadi. Secara alamiah manusia belajar bahasa dimulai dari bahasa lisan (mendengar, berbicara) kemudian berlanjut ke bahasa tulis (menulis, membaca). Sebelum kita bisa menulis membaca, kita sudah terbiasa mendengar dan mengucapkannya. Belajar Bahasa Inggris pada intinya adalah sama dengan belajar Bahasa Indonesia.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori TIP AND TRICK dengan judul INTI DARI BELAJAR BAHASA ADALAH DIMULAI DARI BAHASA LISAN KEMUDIAN MENGARAH KE BAHASA TULIS. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, February 9, 2012

Belum ada komentar untuk "INTI DARI BELAJAR BAHASA ADALAH DIMULAI DARI BAHASA LISAN KEMUDIAN MENGARAH KE BAHASA TULIS"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo