Pentingkah Bahasa Inggris untuk anak SD atau Prasekolah?

Di dalam kurikulum SD/MI, Bahasa Inggris tidak masuk pelajaran yang wajib untuk diajarkan. Namun demikian mapel ini dapat diajarkan untuk pelajaran tambahan semacam Muatan Lokal. Sebetulnya jika dianggap muatan lokal tidak pas, karena Bahasa Inggris itu Bahasa pergaulan internasional. Lebih tepatnya Keterampilan. Dengan adanya pengenalan keterampilan dan materi Bahasa Inggris sejak dini sebetulnya tidak masalah. Anggapan yang salah jika anak tidak boleh diperkenalkan Bahasa asing. Kenyataanya anak adalah ibarat canvas kosong yang siap ditulisi dan diwarnai apa saja terserah orang tua, guru. Dan sama sekali kita tidak boleh melarang dan membatasi anak untuk belajar dan berkembang termasuk belajar Bahasa Inggris.
Bahasa Inggris penting untuk anak SD dan Prasekolah
Blog pendamping Belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak mulai dari PAUD, TK, SD sampai SMP MTs
Di dalam kurikulum 2013, Pemerintah lebih menekankan anak-anak SD atau MI belar Calistung (Membaca, menulis dan berhitung) dan sangat sedikit memberi ruang untuk pengenalan Bahasa Inggris. Memang benar fokus untuk anak-anak Jenjang sekolah dasar adalah budi pekerti, calistung, dan tidak ditekankan untuk keterampilan bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Namun demikian, tidak manusiawi jika ada larangan untuk Bahasa Inggris.  Bagaimanapun juga Sekolah sebaiknya tidak membatasi anak untuk belajar termasuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris.

Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa Untuk memperkenalkan Bahasa Inggris itu dengan metode yang tepat. Kesalahan fatalnya adalah guru-guru di yang mengajarkan Bahasa Inggris asal-asalan dan tidak menggunakan metode yang tepat sehingga terkesan, monoton, membosankan, formal, kaku dan memberikan citra negatif pada anak tentang Bahasa Inggris sendiri yang pada akhirnya anak-anak tidak tertarik dengan Bahasa Inggris ketika masuk sekolah lanjutan di SMP/MTs maupun di SMA/SMK/MA/MAK.

Beban berat akan dialami oleh guru SMP/MTs yang mengajar Bahasa Inggris karena di sekolah dasar Bahasa Inggris diperkenalkan dengan cara yang tidak tepat bahkan kerap guru memberikan pelafalan yang tidak benar sehingga akan terbawa anak dari SD sampai ke jenjang sekolah lanjutan seperti di SMP maupun MTs.

Penulis menganggap bahwa bagaimanapun juga pengenalan Bahasa Inggris itu perlu sejak dini dan sah-sah saja diperkenalkan di PAUD, TK, maupun SD dengan cara yang tepat.

Bila kita kaitkan dengan globalisasi di zaman sekarang ini, maka tak dapat dipungkiri kita perlu menguasai Bahasa Inggris dan tak dapat lagi mengelak karena tuntutan zaman jika kita ingin sejajar dengan bangsa lain. Agar kita dapat memberikan suara dan aspirasi di tingkat global. Semoga artikel singkat ini dapat memberikan renungan dan masukan terkait dengan pelajaran Bahasa Inggris yang selama ini terpinggirkan dan terabaikan oleh pemerintah. Semoga tulisan ini dapat memberikan pertimbangan Pemerintah untuk mengkaji ulang akan pentingnya Pengenalan Bahasa Inggris di jenjang dasar maupun prasekolah.

Lagu Populer Dady Finger How are you

Jum'at siang ini penulis memiliki waktu senggang setelah sholat Jum'at. Oleh karena itu penulis ingin posting di blog tercinta ini Inggris anak dot com.  Masih seputar lagu anak-anak dalam Bahasa Inggris. Semoga lagu-lagu yang populer untuk menunjang belajar Bahasa Inggris di blog ini dapat membantu anak-anak dalam belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan tentunya.

Pada kesempatan siang ini penulis ingin share lagu dari You Tube lagu populer yang biasa didengar dan dinyanyikan di masyarakat kita. Lagu "Finger Family" tentunya tidak asing di telinga kita. Berikut adalah video dan liriknya:



Lirik Lagu:

Daddy Finger daddy finger where are you?

Here I am, Here I am How do you do?

Mommy Finger Mommy finger where are you?

Here I am, Here I am How do you do?

Brother Finger brother finger where are you?

Here I am, Here I am How do you do?

Sister Finger sister finger where are you?

Here I am, Here I am How do you do?

Baby Finger baby finger where are you?

Here I am, Here I am How do you do?


Penulis hanya share lagu dari You Tube dan mengoleksinya di sini dengan tujuan untuk memudahkan para pembelajar Bahasa Inggris khususnya untuk anak-anak Indonesia.  Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat bagi semuanya.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=YJyNoFkud6g

Lagu anak "Five little ducks"

Belajar Bahasa Inggris untuk anak itu identik dengan lagu-lagu dan ini adalah cara yang menyenangkan. Di blog ini sudah berapa lagu jumlahnya yang penulis posting. Yang jelas jumlahnya banyak deh. Nah pada kesempatan ini juga penulis akan menambah koleksi lagu yang sebenarnya di You Tube sudah ada, namun penulis ingin mengelompokkannya di blog ini sehingga para visitor yang antusias belajar Bahasa Inggris akan mudah belajar dari lagu-lagu yang berkaitan dengan Bahasa Inggris untuk anak. Lagu pada postingan kali ini yaitu berjudul “Five little ducks”. Di bawah ini adalah lirik lagunya:
Inggris anak
Five little ducks
Five litte ducks went swimming one day
Over the hills and far away
Mother duck said “ quack quack quack quack”
But only four little ducks came back.

Four litte ducks went swimming one day
Over the hills and far away
Mother duck said “ quack quack quack quack”
But only three little ducks came back.

Three litte ducks went swimming one day
Over the hills and far away
Mother duck said “ quack quack quack quack”
But only two little ducks came back.

Two litte ducks went swimming one day
Over the hills and far away
Mother duck said “ quack quack quack quack”
But only one little ducks came back.

One litte duck went swimming one day
Over the hills and far away
Mother duck said “ quack quack quack quack”
But none of the five came back.

no litte ducks went swimming one day
Over the hills and far away
Father duck said “ quack quack quack”
And all of the five came back

Untuk melihat videonya silahkan buka You Tube di alamar url berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=DsGvkftHHzE&t=106s
Selain belajar Bahasa Inggris, dalam lagu tersebut anak-anak juga belajar Matematika terutama untuk pengurangan. Di dalam lagu tersebut dijelaskan bahwa awalnya ada 5 anak bebek bersama dengan induknya, kemudian anak-anak bebek tadi menghilang satu persatu dari lima ekor berkurang menjadi empat ekor, tiga ekor, dua ekor, satu ekor sampai menghilang kelima-limanya dan akhirnya ketika sang ayah bebek memanggil mereka kelima-limanya muncul bersamaan. Selain lirik penulis juga embed kan video dari You Tube sehingga lebih menarik. Selamat belajar wahai anak-anaku semoga sukses belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Salam dari penulis.

Lagu Bahasa Inggris untuk Sapaan dan Pamitan

Salah satu lagu Bahasa Inggris anak yang menjadi pelengkap dalam materi Greeting and Leave taking atau menyapa dan berpamitan adalah lagu yang berjudul “Sampai jumpa lagi, atau see you tomorrow.

Di dalam lagu anak ini yang pertama, adalah terdapat ungkapan sapaan/salam, yaitu “Good afternoon”. Kemudian diakhiri dengan “See you tomorrow” sebagai ungkapan pamitan.

Lagu anak ini bisa disertakan ketika anda mengajar Sapaan dan pamitan. Lagu bisa menjadi apersepsi  atau kegiatan awal sebelum anak benar-benar diberi materi inti. Selain lagu ini sebetulnya masih banyak lagi lagu yang lainnya seperti “Good morning” dan lainnya. Guru dapat memilih lagu yang cocok.

The writer
Good afternoon friends

Lagu berikut ini diawali dengan lagu dalam Versi Bahasa Indonesia. Liriknya seperti lagu " Potong Bebek Angsa", kemudian diikuti lagu versi Bahasa Inggrisnya. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di bawah ini .

Berikut ini adalah video yang penulis ambil dari You Tube.


Berikut hanya akan ditulis lirik lagu versi Bahasa Inggrisnya saja.

Come on let's go It's time to go home

Good afternoon, teacher see you soon

See you tomorrow, Now I have to go

Tra la la la la la la la la..

See you tomorrow, Now I have to go

Tra la la la la la la la la..

Semoga posting ini dapat bermanfaat, terima kasih kepada pihak yang sudah share lagu ini di You Tube.  Good night.

Lagu Bahasa Inggris tentang Telling times

Belajar dan belajar Bahasa Inggris memang harus fun and fun supaya anak tidak jenuh, justru mereka antusias belajar dengan semangat. Belajar Bahasa Inggris melalui lagu merupakan salah satu solusi bagi anak-anak. Pada kesempatan ini penulis ingin share lagu-lagu Bahasa Inggris yang penulis ambil dari You Tube. Lagu yang akan dipost kali ini adalah lagu untuk tema "Telling times" atau belajar mengenai jam dalam Bahasa Inggris. Berikut adalah Video dan lirik lagunya:


Telling times
What time is it?




Berikut lirik lagunya mix bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Jam berapa sekarang?

Jam berapa sekarang?
What time is it?
Jam tujuh pagi
Seven in the morning
Waktunya sarapan
Time for breakfast

Jam berapa sekarang?
What time is it?
Jam dua belas siang
Twelve noon
Waktunya makan siang
Time for lunch

Jam berapa sekarang?
What time is it?
Jam tujuh sore
Seven in the evening
Waktunya makan malam
Time for dinner

Jam berapa sekarang?
What time is it?
Jam sembilan malam
Nine at night
Waktunya tidur
Time for sleep.


Terima kasih kepada Bibitsku yang telah share lagu tentang jam dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat di blog ini.


Naik naik ke puncak gunung versi Inggris terbaru

Di You Tube penulis tidak sengaja menemukan lagu Naik-naik ke puncak gunung versi Inggris yang lebih variatif. Penulis akan share dua lagu ini dengan lirik Bahasa Inggris yang berbeda. Berikut ini adalah lirik dan videonya penulis sematkan dari You Tube untuk kepentingan pembelajaran Bahasa Inggris anak-anak di blog ini:

Naik ke puncak gunung
Up to the mountain top


Lirik Pertama

Let's go let's go 

up to the mountain

It's high the mountain so high (2x)
------------------

The view's so pretty

You know what I see

Pine trees are surrounding me (2x)




Lirik kedua

Let's climb let's climb

To the mountain top

So high so high in the sky (2x)
--------------------

Look left, look right

And what do I see?

A forest full of trees (2x)




Terima kasih untuk uploader di You Tube. Mas Yudi Anto dan Mr. Dan.
Semoga bermanfaat. Semoga Belajar Bahasa Inggris anak-anak kita semakin menyenangkan. Salam Sukses.