INGGRIS ANAK

Belajar Bahasa Inggris Anak, Kids, Children, SD, TK PAUD, Songs, Games, Tips trik, Perangkat

Menanggapi Wacana Program wajib Bahasa Inggris dari Mendikbud


Menanggapi program pemerintah melalui Kemendikbud Nadiem Makariem, Mendikbud baru, penulis blog mendukung rencana pemerintah untuk mewajibkan satuan pendidikan seperti SD MI mempelajari Bahasa Inggris. Namun perlu digarisbawahi bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di level sekolah dasar ini perlu dimatangkan dan tidak boleh tergesa-gesa. Tentunya di sana-sini masih terjadi pro-kontra terkait wacana kebijakan tersebut.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pendidikan di sekolah dasar orientasi belajarnya adalah calistung(membaca, menulis dan berhitung), jadi mereka masih dalam tahap awal. Bagaimana nanti mereka belajar Bahasa Inggris, sedangkan mereka sendiri masih belajar membaca. Bukankah belajar Bahasa Inggris itu berbeda dengan Bahasa Indonesia. Kita contohkan ketika kita menuliskan kata “one” dalam Bahasa Inggris kita melafalkannya dengan/wan/, ini kontras sekali. Salah satu Karakteristik Bahasa Inggris adalah antara tulisan dan cara membacanya berbeda. Ini menjadi PR bagi Kemdikbud yang hendak mewajibkan SD untuk menguasai Bahasa Inggris.

Inggris SD, Bahasa Inggris SD MI, Nadiem Makariem, Wacana
Inggris di SD perlukah?

Pemaparan contoh di atas adalah satu dari sekian banyak kendala yang akan dihadapi manakala kebijakan itu akan direalisasikan. Ini adalah wajar, karena setiap program itu musti memiliki kelemahan dan kelebihan. Di awal penulis telah mengutarakan bahwa penulis menyetujui usulan dari Pak Menteri tersebut. Ya benar di lapangan kita akan menemui banyak hambatan dan tantangan. Itu bukan berarti kita akan membatalkan rencana realisasi itu. Menurut hemat penulis, Pembelajaran Bahasa Inggris itu tidaklah pembelajaran monoton layaknya kegiatan menulis, belajar tata bahasa atau grammar. Belajar Bahasa intinya adalah kita belajar untuk menggunakannya, berbicara untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar kita. Belajar Bahasa itu bukanlah kita belajar text book. Coba kita lihat fenomena yang ada sekarang di Indonesia. Kenapa Orang Indonesia belajar Bahasa Inggris bertahun-tahun di sekolah namun hasilnya nol besar?jawaban yang logis salah satunya adalah mereka belajar dengan model text book, text oriented, printed materials, They learn more grammar that use its language for communicative purpose. Mereka belajar lebih banyak tata bahasa, berbasis teks dan teori-teori. Seharusnya belajar Bahasa itu adalah penerapannya, praktik berbicara, kita membiasakan mereka untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Bukan disodori grammar yang belebihan. Lantas apakah ini salah gurunya? Salah kurikulumnya? Atau salah muridnya? We can’t answer those all. But the important thing is that learning English will be successful if we apply English for daily life.

Di sini saya berpendapat bahwa program Bapak Menteri itu salah satu terobosan brilian yang musti kita apresiasi. Mengapa demikian? Karena beliau berani untuk melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan sebelumnya. Coba kita lihat betapa beliau sukses dengan bisnis Gojeknya. Strategi, terobosan, dan ide-ide briliantlah yang berbicara di balik kesuksesan itu dan beliau sudah membuktikannya menjadi salah satu businessman hebat di Indonesia. He was the CEO and Co Founder of Gojek, one of the succesfull company in Indonesia. Beliau adalah salah satu orang yang berhasil memperbaiki ekonomi Indonesia dengan terobosan briliannya.
Belajar dari itu semua, saat ini beliau menjabat menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia Kabinet Indonesia maju yang dipimpin oleh Bapak Jokowi dan Bapak Ma’ruf Amin, kita perlu mendukung terobosan beliau. Tentunya beliau sudah mempertimbangkan sisi baik buruknya.

Kembali ke Bahasa Inggris, bahwa belajar Bahasa itu seperti layaknya kita belajar pertama kali dari ibu bapak kita, serta lingkungan kita berada. Belajar bahasa itu proses menirukan(imitating process), kita menirukan apa yang di ucapkan, dan apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Ternyata proses inilah yang membentuk kosa kata kita, lanjut hingga ekspresi, kalimat dan lainya kita dapatkan secara alamiah. Dan di sini kita memperoleh kemampuan berbahasa. Dengan berjalannya waktu ternyata kita semakin menguasai bahasa itu. Nah, belajar Bahasa apapun intinya sama seperti belajar bahasa ibu.

Nah, belajar dari proses penguasaan bahasa tadi, bahwa belajar Bahasa Inggris tidak jauh beda dengan belajar bahasa pada umumnya. Bahwa belajar Bahasa Inggris itu yang paling penting adalah aplikasinya, atau penerapannya di dalam kita menggunakan bahasa itu untuk tujuan komunikatif. Selama ini kita terlalu menitikberatkan pada text book orinted, grammar dan lainnya sehigga kita pandai Bahasa Inggris pasif saja. Ketika kita disuruh ngomong kita kurang cakap. So, Kurikulum Bahasa Inggris di SD ini perlu digodok secara matang. Pembelajaran Bahasa Inggris perlu mempertimbangkan banyak hal tadi. Bahasa Inggris di SD dapat diberikan dan tidak akan memberatkan mereka. Mereka memiliki potensi untuk menguasainya seperti kita belajar bahasa ibu kita, Bahasa daerah dan Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris yang dimaksud adalah bahasa inggris praktis untuk komunikasi bukan emphasis on grammar, theory,text book dan lain sebagainya.

Soal Online Numbers (Angka) skor otomatis


Alhamdulillah, ini adalah kali pertama penulis posting soal online di blog Bahasa Inggris Anak ini. Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi tes online berkaitan dengan angka (number). Angka-angka dalam Bahasa Inggris seyogyanya dikuasai oleh anak-anak. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan anak dalam belajar Bahasa Inggris tentang numbers ini. Penulis berinisiatif untuk berbagi tes online number di blog ini. Soal online ini dapat dipergunakan oleh anak-anak SD atau sekolah dasar.

Soal online tentang angka ini dibuat dengan menggunakan fasilitias Google Form dari Google Drive. Google form dapat dibuat semacam kuis dimana setelah mengerjakan kita dapat melihat hasilnya secara lansung tanpa harus melakukan koreksi manual. Hebat bukan? Baik, soal ini penulis kombinasikan dengan mapel Matematika. Lho kog bisa? Ya intinya kita belajar Bahasa Inggris juga sekaligus belajar matematika. Kita bermain operasi perhitungan matematika seperti penjumlahan(addition), pengurangan(substraction), Perkalian(multiplication), dan pembagian (division). Belajar Matematika sekaligus Bahasa Inggris mixed into one. That’s great of course.
Inggris anak, SD, MI, Sekolah Dasar, Tes, Soal online
Tes online number Bahasa Inggris SD

Let’s get started this quiz and You’ll be interested to join in. Berikut adalah soal online yang sudah penulis susun secara digital di Google Drive, penulis reshare lagi di blog ini. Soal online ini juga telah penulis share di blog Bahasa Inggris SMP MTs milik penulis. Karena di SMP kelas 7 ada materi seputar angka sehingga penulis buat untuk membantu anak di dalam memahami angka dalam Bahasa Inggris.  Sebelum mengerjakan soal online numbers ini alangkah baiknya anda isikan identitas anda seperti nama dan lainnya. Kerjakan soal dengan cara mengklik atau sentuh salah satu dari opsi yang disediakan. Setelah selesai mengerjakan, jangan lupa untuk mengklik "kirim" untuk mendapatkan informasi mengenai skor dan nilai anda. Selamat mengerjakan. Semoga sukses.




Soal online tersebut hanya dapat dikerjakan secara online dan device atau smartphone anda harus terkoneksi internet. Semoga soal online tentang number ini dapat membantu para pengunjung yang mampir di blog ini. Share kepada yang lain untuk kemaslahatan bersama.

Terima kasiha atas kunjungan anda. Salam sukses. Amin.

Apakah Bahasa Inggris menjadi mapel wajib di SD?


Menteri Pendidikan Nasional Nadiem Makariem pernah menyebutkan dalam program pendidikan ke depan bahwa Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan dan di selesaikan di tingkat sekolah dasar. Ketika anak di SMP dan SMA mereka sudah fokus ke bidang yang lain seperti pembelajran coding dan sebagainya. Konten Mata Pelajaran menurut beliau perlu dipangkas dan disederhanakan sehingga lebih simple dan mudah untuk diajarkan dan anak juga fokus. Terlalu banyak mata pelajaran membuat anak menjadi pusing dan kuran fokus.
Gojek, CEO, Medikbud, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Bahasa Inggris
Nadiem Makarim
Kembali ke Mapel Bahasa Inggris yang rencananya akan diaplikasikan di lingkungan pendidikas dasar, bahwa Bahasa Inggris yang dimaksud bukanlah Bahasa inggris yang berkutat tentang tata bahasa atau grammar dan sejenisnya. Bahasa Inggris di sini adalah Bahasa Inggris untuk komunikasi praktis. Menurut beliau, intinya pembelajaran Bahasa Inggris yang terpenting adalah penggunaan Bahasa itu untuk tujuan komunikatif.

Bahwa belajar Bahasa itu dapat dilakukan secara alami, layaknya anak yang bayi yang belajar bahasa dari ibunya, keluarga dan lingkungannya, dia tidak menghafal, dia tidak mempelajari tata bahasa, namum di menirukan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang dewasa di sekelilingnya. Pembelajaran Bahasa Memang harus diset dengan pola belajar secara alamiah. Belajar Bahasa Inggris bukanlah kegiatan menerjemahkan. So, stop translating!.

Gagasan pak Mendikbud kabinet Indonesia Maju ini patut diacungi jempol dengan terobosan dan ide kreatif seperti itu. Seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang umurnya relatif masih muda, 35 tahun beliau adalah Co founder and CEO Gojek. Ide-ide cemerlang beliau telah terbukti dengan suksesnya Gojek di Indonesia yang meningkatkan ekonomi Indonesia dan membantu mengatasi kemacetan, selain itu membuka lapangan kerja baru, banyak kedai dan toko yang dibangun karena Gojek juga merambah ke Go food, Go pay dan lainnya yang berbasis online.

Kembali ke program terobosan pak Mendikbud tadi, bahwa program tersebut bagus, namun kita perlu mereview sisi negatif, sisi positif, kelemahan dan kelebihan sebelum memfloorkannya untuk diterapakan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.  Program ini masih menjadi wacana dan bisa saja diterapkan, juga bisa direvisi atau bahkan dibatalkan. Namun demikian, sekali lagi bahwa penguasaan Bahasas Inggris di zaman digital seperti sekaran ini adalah suatu keharusan untuk mendukung kesuksesan kita di masa mendatang, generasi penerus Indonesia perlu menguasai Bahasa Inggris dan coding, dan keterampilan yang dibutuhkan di era digital di abad ke 21 ini.

Demikian sekelumit uraian penulis, semoga bermanfaat. Amin.

Soal UAS Gasal IPA Kelas 9 SMP MTs


Inggris anak sekarang ini akan posting mata pelajaran lain, tidak hanya Bahasa Inggris untuk anak-anak. Blog ini akah sharing seputar mapel umum mulai dari jenjang dasar seperti SD sampai perguruan tinggi dan umum.

Mengawali posting umum, saya akan sharing soal UAS IPA Kelas 9 SMP/MTs masih kurikulum KTSP (Kurikulum 2006). Soal IPA ini terdiri dari 50 soal pilihan ganda (multiple choice), kemudian ditambah dengan soal Essay sejumlah 5 soal.
IPA, Kelas 9, SMP, MTs, 2019, download, search, PTS, PAT
Sekilas UAS IPA SMP/MTs Kelas 9
Selain soal UAS IPA, penulis akan share juga untuk kisi-kisi-kisi soal IPA beserta dengan kunci jawaban dan norma penilaiannya.

Soal IPA ini disusun oleh tim MGMP IPA Kabupaten Batang dan dicetak oleh MKKS Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Berikut dokumen UAS IPA kelas IX yang sudah penulis upload di Google Drive:



Download soal UAS Gasal IPA Kelas  9

Download Kisi-kisi Soal UAS Gasal  IPA Kelas 9

Download Kunci Jawaban dan Norma Penilaian UAS IPA Kelas 9



Semoga  soal-soal tadi bermanfaat untuk sarana latihan dril dalam menghadapi

UAS/PAT/UTS/PTS/Mid anak-anak Kelas 9 SMP/MTs tahun 2019 ini

Salam sukses buat bersama. Terima kasih atas kunjungan anda di blog Inggris anak. dot com ini.

Blog Sharing materi Bahasa Inggris dan Mapel umum.

Modul Greeting and Leave Taking 2018

Alhamdulillah setelah menyelesaikan Modul number I dan Modul Number II khusus English Kids, akhirnya penulis ready untuk posting kelanjutan modul III, spesial untuk materi Greeting and leave taking. Modul penulis susun sedemikian rupa sehingga lebih ringkas dan lebih simple bagi anak-anak, sekedar untuk pendamping saja. Seperti biasanya modul diawali dengan aktifitas menyanyi sebelum masuk ke materi atau pelajaran inti. Ada  2 lagu pembuka untuk memperkenalkan materi Greeting and parting/leave taking, yaitu: Good morning my friends how are you kemudian diikuti See you you tomorrow
Greeting and leave taking, Partings, Sapaan, pamitan.
Modul Chapter III 
Setelah apersepsi lagu, kemudian masuk ke materi inti, anak-anak diberi contoh untuk melafalkan dan menirukan ungkapan sapaan (greeting) dan ungkapan pamitan (leave taking)
Tidak seperti 2 modul sebelumnya, pada modul greeting and leave taking ini terdapat beberapa contoh dialog sederhana yang harus dipraktikan anak. Kemudian seperti modul lainnya, ada variasi soal game vocabulary seperti missing letters, wordsearch, dll. Semoga dengan sharing modul ini bermanfaat. Amin. Berikut kami tampilkan di Google drive:



Download Modul di sini

Bagi anda yang ingin  mendalami materi Greeting and Leave taking di blog penulis yang lain, silahkan klik di link berikut ini:

Materi Greeting and Leave Taking

Demikian untuk postingan Modul ketiga ini tentang Greeting and Parting. Salam sukses berjama'ah. Thank you.

Game 10 Little Indian Boys


Berawal dari mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak (English for Kids), penulis mendadak memiliki ide untuk menggabungkan antara lagu (song) dengan permainan (game) dari lagu “Ten Little Indian Boys”.  Kog bisa? Ya apa sih yang ggak bisa. Terkadang kita memiliki ide kreatif untuk dipraktikkan dengan tujuan supaya anak fun dalam belajar. Tak terkecuali belajar Bahasa Inggris yang membutuhkan inovasi dan kreasi dari pengajar agar pembelajaran tidak membosankan.

Permainan/game ini menggabungkan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Jadi intinya anak setelah memahami konsep angka dalam Bahasa Inggris, selanjutnya anak memiliki keberanian untuk action yang diwujudkan dengan tindakan/praktik langsung. Di sini terdapat sinkronisasi antara ketiga aspek tersebut. Dan ini benar-benar dapat kita dapatkan dalam Game Ten little indians yang akan penulis sajikan.

Sebelum mempraktikan game ini anak dipastikan sudah menguasai konsep angka 1-10 dalam Bahasa Inggris. Selanjutnya guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk praktik game ini. Bagi yang tidak malu dan merasa tertantang untuk melakukannya berarti dia memiliki kepercayaan diri yang tinggi dia memiliki kemajuan dalam aspek afektif yang kemudian diikuti dengan action atau psikomotoriknya.

Selanjutnya guru menggambar lingkaran sebanyak sepuluh yang masing-masing ditulis angka 1-10 dengan lintasan melingkar


English for Kids, Ten little indian boys, Game, Permainan
Gane Little Indian Boys

Guru meminta salah satu anak untuk maju ke depan mempraktikan Game tersebut.  Guru menyanyikan lagu “Ten Little Indian boys”. Secara pelan-pelan. Perhatikan angka yang dinyanyikan guru berarti instruksi untuk melompat sesuai dengan nomer atau angka tersebut, anak bergerak melompati angka-angka yang disebutkan tadi. Jika anak dapat melompat sesuai dengan angka yang dimaksud sampai selesai berarti dia berhasil. Sebaliknya jika ada satu saja angka yang dilompati salah berati dia harus berhenti dan digantikan oleh anak yang lain.  Menarik bukan? Game ini melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomorik, ada semacam sinkronisasi. Ini adalah game terpadu untuk mengetes kemampuan anak secara komprehensif yang melibatkan ketiga aspek tersebut.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Tinggalkan komentar di sini. Salam Sukses. Terima kasih.

Back To Top