-->

Catatan kecil untuk Guru Bahasa Inggris di SD


Bahasa Inggris SD tidak pernah dihapus. Dari awal Bahasa Inggris di SD hanya sebagai Mulok Sekolah atau sifatnya hanya sebagai pelajaran tambahan. Pemerintah tidak pernah menetapkan peraturan dan memberi tempat untuk mata pelajaran ini sebagai mata pelajaran wajib di SD.

Guru Bahasa Inggris
Guru Bahasa Inggris di SD.
Foto dari : http://sapulidinews.com/opini/berita.php?id=1805


Terkait dengan kurikulum 2013 yang akan segera dimulai pada tahun ajaran baru. Bahasa Inggris akan tetap ada sebagai mata pelajaran tambahan namun sifatnya hanya ekstrakurikuler sekolah. Jika selama ini yang ada di lapangan di SD-SD terdapat mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mulok entah itu mulok sekolah atau kabupaten, maka di tahun ajaran yang akan datang Bahasa Inggris kemungkinan tidak masuk lagi sebagai mulok yang masuk dalam struktur kurikulum di Sekolah Dasar. Akan tetapi hanya sebatas ekstrakurikuler.

Sehubungan dengan hal di atas, menurut saya pribadi alangkah baiknya jika guru-guru berlatar belakang Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah terlanjur mengabdi di SD untuk menentukan sikapnya apakah masih ingin tetap di SD atau keluar mencari sekolah lain(Sekolah lanjutan) yang baru. Jika ingin tetap di SD maka konsekuensinya harus kuliah lagi jurusan PGSD. Kemudian jika keluar maka sebaiknya mencari Sekolah lanjutan yang memang untuk S1 Pendidikan Bahasa Inggris idealnya mengajar di sekolah lanjutan seperti di MTs, SMP, SMA, MA atau SMK. Jika masih tetap di SD dengan latar belakang guru Bahasa Inggris maka bisa dipastikan sifatnya hanya sebagai guru les atau guru panggilan saja. Karena di SD posisi dia hanya sebagai guru ekstrakurikuler saja yang tidak masuk dalam jam mengajar.

Prediksi saya setelah tahun ajaran baru nanti di tahun 203/2014 persaingan semakin ketat untuk mendapatkan sekolah-sekolah lanjutan khususnya bagi Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, Guru-guru Bahasa Inggris yang tadinya di SD kemungkinan besar akan hijrah mengajar di sekolah lanjutan. Belum ditambah dengan lulusan sarjana Bahasa Inggris yang masih fresh juga menjadi pesaing. Mendapatkan sekolah lanjutan akan terasa sulit. Ini adalah imbas dan ledakan dari kurikulum 2013 yang sangat menyudutkan dan menonjobkan guru-guru Bahasa Inggris di SD. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Catatan kecil untuk Guru Bahasa Inggris di SD"

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel