Pemerintah kurang tegas menempatkan Bahasa Inggris di SD
12:41 AM
Add Comment
Bahasa Inggris di SD tidak kunjung
ada titik kejelasan. Bahasa Inggris di SD ibarat menjadi semacam kelinci
percobaan. Betapa tidak, sampai sekarang ini lepas tanpa arah yang jelas. Ya memang
bagus, memang patut diacungi jempol karena Pemerintah menganjurkan adanya
pelajaran Bahasa Inggris di SD meskipun hanya sebagai mulok(Muatan Lokal).
Muatan Lokal bukan berarti pelajaran yang tidak penting. Muatan lokal juga
termasuk pelajaran penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius. Karena sesuatu
yang tidak kita lakukan dengan keseriusan hasilnya juga akan mengecewakan.
Let's change our children to be better in the future. A picture was copied from :http://saveindonesianchildren.wordpress.com |
Anjuran adalah baik dan sangat kita
dukung akan tetapi jika hanya sebatas anjuran, rekomendasi, himbauan tanpa
adanya keseriusan maka tidak akan ada artinya. Bahasa Inggris di SD memerlukan
aturan dan kebijakan yang jelas. Bahasa Inggris di SD memerlukan payung hukum
yang jelas. Meskipun hanya sebagai mulok namun tetap saja kita seharusnya
memberikan yang terbaik demi mencapai tujuan pengajaran mulok tersebut.
Bahasa Inggris di SD memerlukan
seperangkat kurikulum dan pedoman yang jelas agar bisa dijadikan acuan yang
standar bagi seluruh SD di tanah air. Bahasa Inggris di SD memerlukan pengajar
yang dapat dipertanggung jawabkan. Guru Agama mengajar Agama, Guru kelas
mengajar kelas, Guru Olah raga mengajar Olah raga, dan Guru Bahasa Inggris juga
mengajar Bahasa Inggris. Memang betul Bahasa Inggris adalah Mulok akan tetapi
pelajaran mulok juga memerlukan seorang yang betul betul menguasai bidang mulok
tersebut.
Jika memang pemerintah sudah berani
menganjurkan dan merekomendasikan adanya mulok Bahasa Inggris di SD berkaitan
dengan tuntutan kemajuan zaman maka konsekuensi logisnya adalah adanya follow
up berupa adanya kurikulum dan pedoman yang jelas, tenaga pengajar yang jelas
dan kebijakan serta aturan yang jelas.
Berapa banyak guru Bahasa Inggris di
SD yang terkatung katung nasibnya karena tidak ada kejelasan dari pemerintah. Sampai
sekarang belum ada kejelasan akan dikemanakan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Akan
lebih baik jika sama sekali tidak ada mulok Bahasa Inggris di SD karena yang
ada sekarang ini antara ada dan tiada. Ada karena faktanya diajarkan di Sekolah
dasar. Tidak ada karena faktanya tanpa arah yang jelas. Sebaliknya jika memang
Bahasa Inggris di SD memang disarankan maka pemerintah perlu memberikan arah
yang jelas terutama kurikulum dan pedoman yang standar serta tenaga pengajar
yang jelas.
Apa yang saya singgung di atas
adalah fakta, fakta di lapangan banyak pihak yang dibuat bingung terutama guru
Bahasa Inggris yang sudah terjun mengajar di Sekolah Dasar. Mau dibawa kemana
Bahasa Inggris di Sekolah Dasar? Apakah hanya sebagai kelinci percobaan semata?
Jika memang tidak ada kejelasan sebaiknya sama sekali tidak perlu di ajarkan di
Sekolah dasar. Sesuatu yang tidak jelas justru akan merusak dan tidak
memberikan hasil yang maksimal. Tentunya yang menjadi korban adalah anak-anak
generasi penerus bangsa. Bahasa Inggris kembali saja seperti dulu dimulai sejak
Sekolah lanjutan.
0 Response to "Pemerintah kurang tegas menempatkan Bahasa Inggris di SD"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo