PROBLEM BESAR BAHASA INGGRIS DI SD ADALAH KURIKULUM DAN TENAGA PENGAJAR YANG TIDAK JELAS
9:31 PM
Add Comment
Seperti yang telah dijelaskan di
kurikulum bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Inggris di SD adalah agar anak dapat
mencapai kompetensi pada level performatif. Pada tingkatan ini diharapkan anak
didik dapat membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara dengan simbol-simbol
yang digunakan.
Berbicara mengenai fakta di lapangan
output anak SD dalam kemampuan Bahasa Inggris jauh dari yang disinggung di
dalam kurikulum. SK dan KD yang sudah dikonsep sedemikian bagus hanya tinggal
tulisan dan formalitas saja. Kemampuan Bahasa Inggris anak-anak lulusan Sekolah
dasar sangat minim. Padahal kalau kita menengok pada penjelasan level
performatif dimana anak dapat menguasai empat aspek keterampilan Bahasa.
Kurikulum, SK dan KD yang sudah ada
tidak akan dapat terealisasi selama Bahasa Inggris masih sebagai mulok. Bahasa
Inggris di SD memerlukan seperangkat kurikulum yang jelas dan pasti, Bahasa
Inggris di SD memerlukan tenaga pengajar yang bisa dipertanggung jawabkan.
Bahasa Inggris tidak akan sukses jika terintegrasi dengan mata pelajaran lain
yang diajar oleh guru kelas. Guru kelas sudah banyak tugas dan fokus mengajar
mapel pokok. Bahasa Inggris kurang maksimal jika diajar oleh guru kelas. Bahasa
Inggris memerlukan kemampuan guru baik dari segi disiplin ilmu maupun metode
pengajaran. Oleh karena itu Bahasa Inggris idealnya diajar oleh guru yang
memiliki basic Bahasa Inggris.
Memang tepat jika Bahasa Inggris
menjadi prioritas untuk diajarkan di SD sebagai mulok pilihan tetapi yang menjadi
masalah di lapangan adalah ketika seperangkat pembelajaran dan pedoman Bahasa
Inggris masih kabur dan belum pasti, tidak hanya itu Bahasa Inggris di SD
sebagian besar belum memiliki tenaga pengajar yang bisa diandalkan, karena
memang sampai sekarang belum ada kebijakan dan peraturan yang memberikan tempat
bagi guru Bahasa Inggris PNS di SD.
Bagaimana anak didik dapat mencapai
kompetensi minimal yang diharapkan, bagaimana mungkin mereka mencapai tingkat
literasi performatif seperti di atas jika 2 problem besar di atas tidak
dibenahi, yakni perangkat pembelajaran dan pedoman yang jelas serta guru yang
mumpuni.
0 Response to "PROBLEM BESAR BAHASA INGGRIS DI SD ADALAH KURIKULUM DAN TENAGA PENGAJAR YANG TIDAK JELAS"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo