Anjuran kepada Pemerintah Indonesia : Bahasa Inggris di SD sebaiknya dijadikan Mata Pelajaran Pokok
7:30 AM
2 Comments
ALASAN
MENDASAR MENGAPA BAHASA INGGRIS DI SD PERLU DIJADIKAN MATA PELAJARAN POKOK :
1.
Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang sangat penting bagi generasi
emas Indonesia
Era
globalisasi menuntut individu menguasai Bahasa Inggris. Bahasa Inggris
merupakan prasyarat bagi kesuksesan individu. Bagi Bangsa Indonesia kemampuan
Bahasa Inggris menjadi modal dasar bagi kemajuan negaranya. Dengan menguasai
Bahasa Internasional ini bangsa kita dapat berkompetisi dan bekerja sama dengan
negara lain. Negara kita bisa berbicara di level global.
2.
Bahasa Inggris akan lebih baik jika diajarkan sejak dini terutama di Sekolah
Dasar
Menurut
para ahli Bahasa, Bahasa Inggris akan lebih baik jika diajarkan kepada
anak-anak sedini mungkin. Anak ibarat kertas/canvas putih kosong yang siap
ditulisi sesuka kita. Apa mau kita isi hal-hal positif atau sebaliknya yang
negatif. Tentunya kita ingin mengisi
anak-anak kita dengan hal-hal yang postif yang berguan bagi masa depannya
kelak. Layaknya anak-anak belajar Bahasa ibu Yaitu bahasa daerah dan Bahasa
Indonesia sebenarnya Bahasa Inggris dapat dikuasai anak ketika anak-anak
mendapatkan pengulangan, mendapatkan input Bahasa Inggris secara
berulang-ulang. Belajar bahasa pada intinya sama yaitu membiasakan diri dan
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak akan mudah menerima input
dan kemampuan Bahasa Inggris. Dan untuk seumuran SD sangat cocok untuk
mendapatkan pengajaran Bahasa Inggris. selain itu Bahasa Inggris di SD dapat
menjadi dasar bagi pendidikan di tingkat yang lebih tinggi seperti di SLTP,
SLTA bahkan sampai perguruan tinggi.
3.
Bahasa Inggris memerlukan kurikulum dan pedoman yang jelas
Selama
ini Bahasa Inggris diajarkan dengan seadanya. Kurikulum Bahasa Inggris di SD
masih membingungkan dan belum memiliki pedoman yang jelas. Memang pemerintah
telah menganjurkan untuk mengajarkan Bahasa Inggris di tingkat SD dan
memberikan Standari ISI mengenai kompetensi Bahasa Inggris di SD akan tetapi
dari pemerintah sampai dengan sekarang ini belum memberikan rambu-rambu yang
pasti. Kenyataan di lapangan hampir seluruh SD-SD di seluruh tanah air sudah
mengajarkan Bahasa Inggris. Banyak
keluhan dari para tenaga pengajar Bahasa Inggris masalah pedoman dan kurikulum
yang belum ada kepastian. Dan ini membuat perbedaan mengenai materi pengajaran
Bahasa Inggris di SD. Tidak ada persamaan persepsi diantara SD-SD di seluruh
Indonesia. Setiap daerah atau sekolah memiliki kurikulum dan materi
sendiri-sendiri dan berbeda dengan daerah atau sekolah lain.
4.
Bahasa Inggris inggris memerlukan tenaga pengajar yang professional
Pemerintah
sampai detik ini belum memberikan kebijakan dan peraturan terkait dengan Tenaga
pengajar Bahasa Inggris di SD. Recruitment guru PNS di Sekolah dasar hanya
diisi oleh guru kelas, guru agama, dan guru penjas orkes. Tidak ada kejelasan siapa yang mengajar Bahasa
Inggris di SD, apakah itu guru kelas, guru agama, guru penjas ataukah kepalas
sekolah. Dari pemerintah sudah menganjurkan pengajaran Bahasa Inggris tetapi
pemerintah hanya menganjurkan saja dan tidak difollow up dengan pedoman dan
kurikulum serta kepastian tenaga pendidik. Bahasa Inggris di SD menjadi semacam
kelinci percobaan. Tidak ada visi misi yang jelas. Bahasa Inggris diajarkan
dengan sangat seadanya. Di beberapa SD di Indonesia bahkan terkesan memaksa
menerapkan kurikulum Bahasa Inggris di SD karena tuntutan dan keadaan, karena
di SD-SD lainnya sudah mengajarkan Bahasa Inggris di SD sehingga ikut-ikutan.
Bahasa Inggris di tingkat SD merupakan Pendidikan dasar Bahasa Inggris bagi
anak didik. Pelajaran yang merupakan pondasi ini sangat sensitif dan rawan
bilamana tidak diajarkan oleh yang memang benar-benar menguasai bidang Bahasa
Inggris. Bahasa Inggris sangat memerlukan figure guru professional yang
memiliki background pendidikan Bahasa Inggris. Guru professional ini memiliki
banyak pengalaman dan ilmu pengajaran
Bahasa Inggris di SD dan tentunya menguasai metode pengajaran bahasa Inggris
untuk anak-anak(English for young learners). Kebanyakan dari guru non
background Bahasa Inggris banyak mengalami kesulitan dalam mengajar Bahasa
Inggris di SD. Sebagian besar dari mereka mengajarkan dengan seadanya dan minim
kreatifitas, minim metode pengajaran. Mereka hanya melakukan kewajiban mengajar
dan tuntutan sekolah. Meskipun Bahasa Inggris di SD sangat sederhana akan
tetapi sulit bagi guru non Bahasa Inggris di dalam mengajarkannya karena memang
pengajaran Bahasa Inggris memerlukan figure yang benar-benar menguasai disiplin
ilmu Bahasa Inggris dan metode pengajarannya sehingga ketika anak diajar oleh
yang memang ahlinya akan memberikan kesan positif bagi kelanjutan studinya di
Sekolah Lanjutan. Anak-anak akan lebih enjoy dan menyenangkan jika diajarkan
oleh guru yang menguasai metode pengajaran Bahasa inggris untuk anak-anak. Pengajaran
tidak akan terlihat monoton dan membosankan jika ditangani oleh Guru faks
Bahasa Inggris.
ya that's right,
ReplyDeletetapi yg saya dengar bahasa inggris SD hanya dijadikan suatu kegiatan ekstrakurikuler, jdi tambah adanya suatu ketidakjelasan bagi siswa untuk menikmati belajar bahasa penting ini.what's ur opinion?
Ya Bahasa Inggris di SD hanya sebagai Mulok atau juga bisa dikatakan ekstra kurikuler...harapan saya tentunya Bahasa Inggris akan diangkat menjadi mata pelajaran pokok.btw, thanks ya sudah visit....
ReplyDelete