TIPS MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SD SUPAYA MENYENANGKAN
10:03 PM
Add Comment
Mengajar Bahasa
Inggris di SD bisa dikatakan mudah juga bisa dikatakan susah juga. Kenapa bisa
demikian? Kebanyakan guru yang mengampu Bahasa Inggris di SD mengajar dengan
cara konvensional. Guru menerangkan, siswa mendengarkan dan memperhatikan. Guru
menulis muridpun menyalin di buku. Apa model mengajar seperti ini akan tetap
dipertahankan tanpa adanya revolusi, inovasi dan kreatifitas guru? Sebagai seorang
guru kita harus dapat menyampaikan materi dengan cara atau metode yang dikemas
sedimikian rupa sehingga materi bisa tersampaikan kepada anak didik dengan cara
yang menyenangkan dan dapat diterima anak dengan baik. Kita sama-sama
menyampaikan materi akan tetapi metode yang kita gunakan berbeda maka berbeda
pula reaksi/respons dan output yang dihasilkan. Guru yang lebih kreatif dan
inovatif akan selalu berada di depan dan selalu memberi semangat kepada anak
didiknya untuk maju.
I love studying English |
Supaya kegiatan
pembelajaran Bahasa Inggris di kelas menyenangkan dan tidak monoton maka yang pertama
seorang guru pengampu Bahasa Inggris harus selalu ceria dan antusias. Kenapa saya
katakan demikian? Jawabannya adalah karena antusiasme seseorang itu akan
menular kepada orang lain di dekatnya. Jika kita semangat, antusias, ceria dan
tersenyum kepada murid kita maka murid kita juga kan membalas dengan antusias
juga. Lain halnya jika kita baru masuk ruang kelas saja sudah merasa malas dan
mrengut, ini akan mempengaruhi anak juga. Makanya seorang guru Bahasa Inggris
SD harus selalu antusias dan semangat dalam mengajar.
Yang kedua,
Biasakan selalu menggunakan ungkapan
atau ekspresi atau kalimat perintah dalam Bahasa Inggris. Ketika kita terbiasa
menggunakan kalimat sederhana berupa command atau perintah kepada anak didik
kita maka itu berarti pula kita mengajarkan anak untuk membiasakan diri
mendengar dan mengucapkan kalimat Bahasa Inggris sederhana. Suatu pengulangan,
pembiasaan atau scaffolding talk atau juga dinamakan language accompanying
action atau Bahasa sebagai penyerta tindakan akan memberikan keterampilan anak
di dalam mendengarkan dan mengucapkan serta melakukan action sesuai dengan
perintah yang di ucapkan oleh guru. Ini berarti Bahasa tidak hanya sebagai
teori semata, Bahasa tidak berorientasi
pada grammar saja akan tetapi justru suatu Bahasa yang paling penting adalah aplikasinya
di dalam kehidupan sehari hari. Selain itu dengan menggunakan ungkapan/kalimat
Bahasa Inggris menjadi hal menarik dan tantangan bagi siswa kita.
Yang ketiga,
Mengajar Bahasa Inggris dapat dilakukan dengan media lagu dan permainan (Songs
and games). Atau juga fungsinya sebagai pelengkap atau juga sebagai sarana
membangun semangat siswa kembali dalam belajar. Seorang guru Bahasa Inggris SD
itu dituntut untuk dapat menyanyikan lagu anak-anak dalam Bahasa Inggris. Tidak
ada kata malu dan tidak bisa. Semua dapat dipelajari. Selain lagu juga ada
games atau permainan yang dapat digunakan di dalam pengajaran Bahasa Inggris.
Lagu anak dalam Bahasa Inggris dapat melatih anak mendengarkan dan menyanyikan
atau melafalkannya dengan benar. Sebaiknya lagu dinyanyikan sesuai dengan tema
materi yang sedang dipelajari. Contohnya jika materi yang sedang dipelajari
adalah tentang Number, maka guru dapat memberikan lagu yang isisnya tentang
Number. Tidak kalah menarik dan pentingnya yaitu permainan, dengan permainan
atau games anak menjadi terhibur, sambil bermain anak belajar. Karena memang
dunia anak SD adalah dunia bermain. Contoh permainan atau games yang dapat di
mainkan adalah spider web, cards, guessing, kompetisi lomba dan sebagainya. Sambil
anak bermain games dapat disisipi pertanyaan-pertanyaan dalam Bahasa Inggris.
di dalam suasana bermain anak semakin tertantang di dalam mengaplikasikan
Bahasa Inggris, sehingga secara tidak langsung anak belajar Bahasa dengan cara
yang tidak membosankan. Jika guru kurang memiliki perbendaharaan atau bank lagu
dan permainan, jangan patah semangat dulu karena dengan adanya kemajuan
teknologi Informasi, kita bisa memanfaatkan media internet. Di internet
tersebar berbagai lagu dan permainan yang dapat dipakai.
Yang keempat
adalah, Bahwa kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris tidak hanya terpaku di
dalam kelas saja. Seorang guru yang kreatif dan inovatif, maka di saat-saat
tertentu guru dapat mengajar dan mengajak anak keluar. guru bisa ke lapangan ,
ke halaman sekolah atau di perkebunan, atau di lingkungan sekitar sekolah, dan
lain sebagainya. Biasanya materi atau tema yang dipelajari bersangkutan. Misalkan
materinya adalah tentang tanaman, bunga dan tumbuhan, maka akan sangat membantu
jika guru dapat mengajak anak secara langsung melihat objek yang dipelajari di
luar kelas. Dengan cara ini anak merasa senang dan tidak bosan atau monoton,
karena pembelajaran di lakukan di luar kelas. Jika anak sudah merasa senang maka materi akan
mudah diterima oleh anak.
Yang kelima,
manfaatkan media elektronik dan gambar yang tersedia. Yang dimaksud dengan
media elektronik di sini adalah seorang guru dapat memanfaatkan komputer,
radio, tape, vcd player, handphone gambar dan sebagainya untuk mendukung
kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Biasanya anak akan cepat menerima
pelajaran dengan bantuan media elektronik, karena disitu anak bisa mendengarkan
dan melihat secara audio visual. Selain itu dapat menghindari kejenuhan dan
kebosanan.
Demikian
sedikit tips yang bisa saya share kepada teman-teman, semoga bermanfaat. Amin.
0 Response to "TIPS MENGAJAR BAHASA INGGRIS DI SD SUPAYA MENYENANGKAN"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo