-->

MENGENALKAN KONSEP DASAR KATA BENDA (NOUN) BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK SD


Ketika ditanya materi apa dan konsep apa yang perlu kita ajarkan pertama kali untuk memberi kemampuan dasar Bahasa Inggris anak Sekolah Dasar? Materi dan konsep yang pertama kali seharusnya diajarkan kepada anak didik kita sebelum mereka mengenal Bahasa Inggris lebih kompleks. Bahasa Inggris dasar contohnya: greeting and parting, numbers, vocabulary yang biasa kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari, pronoun, noun, dan sebagainya. Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing mengenai kata benda atau istilah Bahasa Inggrisnya noun yang sebaiknya diperkenalkan sebagai pelajaran dasar Bahasa Inggris untuk anak SD.

Kata benda (noun) :
Berdasarkan kuantitas atau jumlahnya kata benda dibagi menjadi 2 macam yaitu:
1.  Singular noun (kata benda tunggal)
     Contoh : Book, one apple, an egg, a cat dan sebagainya
2.  Plural noun (kata benda jamak)
  Contoh : Tigers, plates, bananas, three chairs, some windows dan             sebagainya.

Kata benda yang bisa dihitung(Countable noun) contohnya : car, horses, plane, glass dan sebagainya.

Kata benda yang tidak dapat dihitung(uncountable noun) contohnya : water, sugar, milk, sand, ink dan sebagainya.

Kata benda yang dapat dihitung (countable noun) yang lebih dari satu umumny diberi  s/es, misalkan two elephants, some potatoes dan sebagainya. Namun ada noun tertentu yang tidak mengikuti peraturan tersebut atau ditambah s/es, misalkan: foot berubah jadi feet, fish masih utuh baik tunggal maupun jamak. Man berubah jadi men, woman berubah jadi women dan sebagainya.  Untuk kata benda yang tidak dapat dihitung maka tidak ada tambahan s/es di belakangnya. Kata benda yang tidak dapat dihitung selalu tunggal. Kata benda yang tidak dapat dihitung jika menempati suatu wadah atau takaran maka diberi tambahan s/es ,ada takarannya tadi, contohnya: two glasses of milk. Some bottles of milk, two kilograms of sugar dan sebagainya.

Pemblejaran Bahasa Inggris di SD penekanannya adalah anak mengenal kata benda yang kongkret. Kata benda yang dapat mereka lihat dan mereka hitung atau tidak bisa dihitung. Tetapi umumnnya anak-anak di SD lebih mengarah pada kata benda yang dapat dihitung. Kita ajarkan kepada anak-anak ita mengenai kata benda tunggal dan jamak. Untuk kata benda yang abstrak belum begitu penting diajarkan di Sekolah Dasar. Anak –anak difokuskan dulu kata benda tunggal dan jamak dulu sehingga anak-anak akan bisa membedakan ciri-ciri kata benda tunggal dan jamak dan diharapkan anak-anak dapat mengaplikasikan konsep tentang singular dan plural noun di dalam percakapan dan tulisan. 
Singular
Plural
Marble
Marbles
Ball
Balls
Watch
Watches
Radio
Radios
Horse
Horses
Star
Stars
Pencil
Pencils
Tooth
Teeth
Ear
Ears
A glass of milk
Four glasses of milk
A bottle of ink
Two bottles of ink
A kilogram of sugar
Seven Kilograms of sugar
Sheep
sheep
Fish
Fish
Mouse
Mice
Woman
Women

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MENGENALKAN KONSEP DASAR KATA BENDA (NOUN) BAHASA INGGRIS KEPADA ANAK SD"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel