-->

Game Bahasa Inggris anak: “Spider Web”


Teman-temanku semuanya senasib dan seperjuangan, guru pengampu Bahasa Inggris SD. kita berjumpa lagi di posting saya berikutnya tentang game anak-anak yang dapat di aplikasikan di dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris SD. Saya ingin share kepada teman-teman semuanya game ini namanya “Spider Web. Atau kalau kita terjemanhkan ke bahasa kita Permainan Jaring laba-laba.




Spider Web adalah permainan yang menyerupai jaring laba-laba di dalam memainkannya. Baik akan saya jelaskan. Pertama kali silahkan anda buat lima lingakaran  yang besarnya kira-kira bisa ditempati anak-anak. Lingkaran tadi membentuk lintasn lingakaran lagi. Silahkan supaya menarik 4 lingkaran diberi angka 1-4 kemudian lingkaran yang satunya lagi kosong. Permainan ini saya modifikasi sehingga jumlah pesertanya 5 anak. Kelima anak tadi sebelum bermain, melakukan hom pim pak dulu. Bagi yang kalah maka menempati lingkaran yang kosong tak berangka. selain dengan hom pim pak dapat juga dengan suit gunting kertas.
Anak selanjutnya menempatkan diri di lingkaran 1-4, dan lingkaran yang kosong bagi yang masang atau kalah(istilah jawa). Guru sebagai pemandu permainan mengucapkan “Spider Web” maka anak-anak harus berpindah ke lingakaran yang lainnya yang lintasanya sesuai dengan lintasan jaring laba-laba. Bagi anak yang berpindah tidak sesuai aturan atau dia menyeberang atau berpindah tidak sesuai lintasan jaring laba-laba(melingkar), maka dia dikenai hukuman masang di lingkaran kosong, bagi anak yang tidak berpindah masih ditempat semua juga dikenai hukuman berada di lingkaran kosong. Berikutnya anak yang dikenai hukuman ditanya sama salah satu teman yang berada di lingakaran berangka. pertanyaan kepada anak yang dikenai hukuman bisa dimodifikasi. Anak bisa bertanya secara bergantian/bergiliran. Pertanyaan adalah seputar materi/vocab Bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Misalkan tentang” colour” maka anak bisa bertanya misalkan “What is the color of the sun?” kemudian anak yang ditanya menjawab “it is yellow” dan sebagainya. Atau pertanyaan dapat dimodifikasi dengan Bahasa Indonesia tetapi jawabannya dengan Bahasa Inggris.
Karena permainan ini dimainkan terbatas utuk 5 anak, maka setelah itu mungkin bisa bergantian dengan anak-anak yang lain supaya adil. Game ini bisa dimodifikasi oleh guru Bahasa Inggris yang bersangkutan. Di tempat saya mengajar karena ruangannya dan tempatnya terbatas maka saya hanya bisa menempatkan 5 anak di setipa permainan/game. selanjutnya giliran group anak berikutnya yang belum main. Bagi anda mungkin memilikai tempat yang cukup dan luas anda bisa memainkan lebih dari 5 anak. Tujuan dari game ini adalah agar anak belajar speaking, listening, dan vocabulary dengan cara yang menyenangkan. Pengalaman di tempat saya mengajar anak anak menjadi gembira dan senang setiap kali ada pelajaran Bahasa Inggris.  Demikian sedikit game Bahasa Inggris anak yang bisa saya share kepada teman-teman semuanya semoga bermanfaat.amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Game Bahasa Inggris anak: “Spider Web”"

  1. boleh juga dicoba nih game spiderwebnya, emangnya dapet dari mana admin ?

    btw, salam kenal dari saya ... trims sekali lagi ...
    -----------------------------------------------------------------------------
    - Cara Jitu Balita Hafal Bahasa Inggris www.bahasainggrisanak.webs.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kunjungannya mas. Alhamdulillah dapet oleh2 dari Workshop dulu. kemudian saya adaptasi untuk Pembelajaran Bahasa Inggris buat anak-anak. Once again thanks for coming here, Salam kenal juga

    ReplyDelete
  3. TERIMAKASIH BANYAK ATAS SHARE GAMENYA SAYA AKAN MENCOBA

    ReplyDelete
  4. Silahkan mbk. Terima kasih kunjungannya di blog ini

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel