BAHASA INGGRIS SD : LANGUAGE ACCOMPANYING ACTION
10:48 PM
Add Comment
Pengajaran
Bahasa Inggris dimaksudkan supaya peserta didik dapat menggunakan Bahasa
Inggris sebagai penyerta tindakan(Language Accompanying Action). Guru
dapat membiasakan diri kepada anak didik dalam menggunakan ekspresi, perintah
dan ungkapan dalam Bahasa Inggris. Ungkapan-ungkapan ini berkaitan dengan keseharian
di kelas/sekolah. Kebiasaan-kebiasaan menggunakan ungkapan ini akan membentuk
keterampilan anak dalam berbahasa karena anak-anak terbiasa mendengar dan
mengucapkan Bahasa Inggris.
English is fun. This picture is from. http://smartkidzpaudjogja.wordpress.com |
Berikut
contoh beberapa ungkapan(expression) yang sebaiknya kita gunakan dalam
menyertai tindakan dalam pengajaran Bahasa Inggris di SD:
Good
morning, students
Good
afternoon
Who
is absent today?
Is
there any permission?
What
is your name?
What
time is it?
What
date is it today?
Do
you have any homework?
Good
bye
Open
the door!
Close
the door!
Open
the window
Close
the windown
Open
your book page ...!
Sit
down, please!
Stand
up!
Read
your book page ...!
Close
your book!
Speak
up!
Speka
louder!
Raise
your hand!
Good
job
That’s
great
Are
you finished?
Have
you finished?
Not
yet
Exchange
your book!
Thank
you
Clean
the blackboard!
Sweep
the yard!
You got it (understand)
Sing
a song, please!
Give
applause!
Clap
your hand!
Write
down!
Silent
please!
Listen
to me!
Take
the chalk and write on the blackboard!
Turn
of the light!
Turn
on the light/lamp!
Turn
on the computer!
Shutdown
the computer!
It’s
your turn now!
Count
number one to ten!
Stand
in front of the class!
It’s
time to go home
What
time do you go to school?
What
is your father?
Play
the game!
That’s
all for now.
Etc.
Banyak
lagi ungkapan-ungkapan dan ekspresi lainnya yang dapat diterapkan guru di dalam
KBM Bahasa Inggris. Guru dianjurkan tetap menggunakan ungkapan atau perintah
kepada anak didiknya dalam Bahasa Inggris. keterampilan berbahasa tidak akan
terbentuk manakala guru jarang atau bahkan sama sekali tidak membiasakan diri
mengguanakan pengantar Bahasa Inggris dalam KBM nya. Kalimat-kalimat dan
ungkapan tidak harus panjang dan sulit. Akan tetapi guru menggunakan kalimat
yang pendek dan sederhana. Awalnya mungkin sulit bagi anak akan tetapi jika ini
menjadi kebiasaan justru anak akan semakin terlatih dan terbiasa sehingga
Bahasa Inggris anak-anak dapat berkembang, Bahasa Inggris yang komunikatif
artinya tidak hanya menekankan pada bahasa tulis dan grammar. Justru Bahasa
yang terpenting adalah aplikasinya/penggunaanya di dalam percakapan/dialog
sehari-hari.
0 Response to "BAHASA INGGRIS SD : LANGUAGE ACCOMPANYING ACTION"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo