MULOK BAHASA INGGRIS SD YANG MERANA
6:41 PM
Add Comment
Wajah-wajah polos anak -anak didik SDN Sberuk Tulis Batang |
Bahasa Inggris
di SD seharusnya ditangani oleh yang memang ahli di bidang Bahasa Inggris. Kenapa
saya katakan demikian? Anda tahu Pendidikan dasar, pendidikan yang merupakan
pondasi. Kalo kita ibaratkan suatu pondasi bangunan, jika tidak dikerjakan
dengan penanganan yang tepat, maka suatu gedung dengan pondasi tadi tidak akan
bertahan lama, alias mudah ambruk di terpa badai. Sebenarnya pendidikan yang
paling berat adalah pendidikan dasar. Di mana ini adalah pendidikan awal anak
sebelum mengenal lebih jauh lagi. Ketika anak ditangani atau diajar oleh
seorang pengajar yang kurang menguasai disiplin ilmu dan metode pengajaran
Bahasa Inggris, maka sungguh anak didik justru telah disesatkan. Anak didik
menerima suatu konsep Bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa
Inggris. Penyampaian konsep Bahasa Inggris dasar kepada anak terutama pada
vocabulary atau pengenalan benda-benda sekitar. Guru harus benar-benar
menguasai cara melafalkan vocabulary tadi dengan baik. Ketika guru mengajarkan
suatu prononsiasi dari suatu kata yang tidak tepat maka dia telah memberikan
suatu konsep yang menyimpang. Di sinilah sangat rentan sekali dalam mentranfer
Ilmu Bahasa Inggris dasar kepada anak didik. Ini merupakan contoh pada satu
kata atau vocab saja. Belum vocab yang lainya. Tidak berhenti sampai masalah
vocab saja. Selajutnya adalah mengenai simple grammar. Di tingkat SD, materi
sudah menyinggung sedikit tata bahasa atau grammar. Maka guru juga dituntut
untuk menguasai grammar sederhana dalam Bahasa Inggris. Kelihatannya sangat
sederhana tetapi masih banyak guru yang bukan bidangnya banyak dibikin pusing
sehingga mereka mengajarkan asal-asalan.. lalu bagaimana dengan anak didik kita
jika dari pendidikan dasarnya saja sudah dijejali oleh konsep yang salah, yang
menyimpang. Bagaimana dengan pendidikan lanjutannya?yang jelas konsep yang
salah tadi akan terbawa sampai dia di sekolah lanjutan. Ini akan bermasalah
tentunya..
Menurut pengamatan
saya, dalam mengajar Bahasa Inggris di SD, penuturan dari Para guru kelas, guru
non Bahasa Inggris yang diamanati oleh Kepala sekolah untuk mengajar Bahasa
Inggris di SD, banyak mengalami kendala. Banyak guru yang merasa kesulitan
dalam menyampaikan materi yang memerlukan kemampuan guru dalam metode
pengajaran yang tepat. Banyak metode pengajaran Bahasa Inggris yang dapat
diaplikasikan. Akan tetapi guru yang memang bukan bidangnya banyak mengalami
masalah akhirnya mereka mengajarkan materi dengan seadanya. Hal ini berpengaruh
sekali dengan antusias anak didik. Baik guru maupun siswa akan cepat bosan
karena minimnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan metode yang
tepat. Banyak guru non Bahasa Inggris merasa minder karena memang mereka secara
disiplin ilmu, kurang menguasai.
Lain ceritanya,
jika pengajaran Bahasa Inggris di SD ditangani oleh Guru Bahasa Inggris yang
memang bidangnya. Selain mereka menguasai disiplin Ilmunya, mereka juga
menguasai metode pengajaran Bahasa Inggris. Penyampaian materi yang tidak
membosankan akan membuat anak didik menjadi antusias dalm menerima materi
Bahasa Inggris dasar. Jika anak didik sudah terbawa dan antusias maka mereka
anak-anak didika akan menyerap materi Bahasa Inggris dengan baik.
Jika kita lihat
di lingkungan kita di daerah Kabupaten Batang, kita bisa lihat, kita bisa
menyaksikan, mendengarkan sendiri betapa Bahasa Inggris di tingkat SD diajarkan
dengan asal-asalan. Aneh memang pemerintah Kabupaten. Dengan beraninya
menetapkan Mulok Kabupaten adalah Bahasa Inggris. Akan tetapi tidak dibarengi
dengan kurikulum yang jelas, panduan materi yang jelas, tenaga pengajar yang
mumpuni. Seperti yang telah saya singgung di atas bahwa Pendidikan Dasar Bahasa
Inggris di SD bukan main-main, bukankah pendidikan Bahasa Inggris di SD adalah
pondasi dasar anak, bagaimana jika mereka dijejali dengan konsep yang
menyimpang, apakah justru tidak merusak anak didik kita? Bagaimana tanggung
jawab Pemerintah? In bukan masalah sepele, bukan masalah sederhana. Ini menyangkut
pendidikan dasar Bahasa Inggris anak. Kalau menurut saya pribadi justru
pendidikan dasar seharusnya ditangani pakarnya yang bisa mengarahkan anak
didik, yang bisa memberikan konsep yang sesuai dengan kaidah disiplin Ilmu
Bahasa Inggris.
0 Response to "MULOK BAHASA INGGRIS SD YANG MERANA"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo