KENDALA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD
10:27 AM
Add Comment
Muatan lokal
kabupaten Batang adalah Bahasa Inggris. Awalnya Bahasa Inggris hanya diajarkan
mulai dari kelas 4 sampai dengan 6. Tetapi
pada perkembangannya, banyak sekolah yang sudah mulai mengajarkan Bahasa
Inggris mulai dari kelas 1.
Karena merupakan
mata pelajaran baru di SD, dalam pelaksanaannya di lapangan banyak terjadi
kendala. Yang pertama, belum adanya perangkat pembelajaran dan kurikulum yang
yang jelas. Yang kedua, kurangnya tenaga pengajar yang memadai.
Guru-guru yang
mengampu Bahasa Inggris di SD dibingungkan dengan belum adanya kurikulum dan
perangkat pembelajaran serta materi yang standar yang ditetapkan dari
Kabupaten. Selama ini memang belum ada perangkat pembelajaran dan kurikulum
yang secara resmi dari Kabupaten. Karena belum ada kejelasan, maka guru-guru
yang mengampu Bahasa Inggris SD mengajarkan Bahasa Inggris seadanya. Mereka kebanyakan
mengadopsi dari buku-buku pedoman dan LKS-LKS yang ada di pasaran.
Bahasa Inggris
di SD kebanyakan masih diampu oleh guru yang basic nya bukan dari Bahasa
Inggris. di sekolah-sekolah umumnya Bahasa Inggris diajar oleh guru kelas, guru
agama dan guru olahraga yang merangkap. Tentunya ini menjadi masalah, karena
apa? Guru yang merangkap dengan mata pelajaran laen biasanya kurang fokus. Selaen
secara materi dan metode mereka kurang menguasai. Para guru yang bukan dari
Bahasa Inggris perlu belajar dan adaptasi lagi.
Idealnya,
Bahasa Inggris di SD diampu oleh guru yang benar-benar menguasai disiplin ilmu
Bahasa Inggris. dia juga harus menguasai materi dan metode pengajarannya yang sesuai dengan
perkembangan dan psikologi anak-anak Sekolah Dasar. Mengajar Bahasa Inggris di
SD berbeda dengan di sekolah lanjutan. Seorang guru pengajar Bahasa Inggris
perlu dan sangat penting menguasai metode Pengajaran Bahasa Inggris di SD. Kenapa
bisa demikian?bagi guru yang monoton dan tidak menguasai metode pengajaran
Bahasa Inggris, yang ditakutkan adalah baik guru dan siswa akan merasa jenuh
dan dan cepat bosan. Salah satu contoh metode yang bisa digunakan untuk pengajaran
bahasa Inggris di SD, adalah dengan pendekatan lagu-lagu dan permainan. Kemudian
yang tidak kalah penting, seorang guru yang mengampu Bahasa Inggris di SD harus
menguasai prononsiasi atau pelafalan vocab dalam bahasa Inggris. Akan sangat
fatal jika kita mengajari lafal yang salah kepada anak didik kita.
0 Response to "KENDALA DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD"
Post a Comment
Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo