-->

Cerita Bahasa Inggris anak: A farmer and a box

Salah satu media yang cukup efektif untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak adalah melalui storytelling atau bercerita. Meskipun awalnya anak-anak tidak paham mengenai cerita namun dengan storyteller yang mumpuni anak dapat menangkap isi dari cerita yang dibawakan olehnya. Dengan bantuan alat peraga dan alat audio visual dan gambar dapat membantu anak terbawa dengan cerita tersebut. seorang storyteller harus dapat benar-benar membawakan dan ber role-play yang melibatkan emosi dan dengan penghayatan yang bagus pula.

A farmer and a box
Indonesian farmer

Saya pernah melatih anak didik saya yang duduk di kelas 8 MTs untuk menjadi storyteller dalam rangka persiapan mengikuti persiapan Kompetisi Bahasa Inggris tingkat Kabupaten. Anak didik saya saya pilihkan cerita fable dan saya contohkan kepada dia mengenai roleplay membawakan cerita yang melibatkan emosi dan penghayatan yang maksimal dan akhirnya Alhamdulillah di dalam kompetisi tersebut kami mendapatkan juara ketiga. Ini lumayan untuk tingkat kabupaten yang pesertanya terdiri dari 32 MTs Se- Kabupaten Batang.
Di sini saya ingin sharing mengenai cerita Bahasa Inggris yang saya rasa menarik untuk diperdengarkan kepada anak didik baik di SD maupun di Sekolah lanjutan.Cerita ini termasuk dari Narrative text yang berupa fable. Judulnya adalah “A farmer dan a box". Baik berikut ini ceritanya yang bisa diaplikasikan kepada anak-anak:

Once time, there was a poor farmer. He lived with his wife. One day, he dug up his field and found a big box. He then kept it in their house.
One sunny morning, his wife dropped an apple in the box. Suddenly, the box begun filled with apples. No matter how many apples were taken out,  more apples took place in the box.

One day, the framer dropped a gold coin into that box. At once, apples disappeared and the box begun filled up with gold coins. Soon the farmer became rich.

Having heard that his son got rich, the framer's father visited the couple. His father was not very strong. He could not go out to work anymore. So the farmer asked his old father to help him take the gold coins out of the box.

His father worked hard, took the gold coins out of the box. When he told that he was very tired and wanted to have a rest, the farmer shouted at him; "Why are you so lazy? Why can't you work harder?. The old man said nothing and continued to work. Suddenly the old man fell into the box, he died.  At once the gold coins disappeared and the box begun filled up with dead men.

The framer had to pull out and burried. To do this, the farmer had to spend all the money which he had collected before. When he had used up all his money, the box broke. The farmer  was just as poor as before.
Source:


Dari cerita teks narrative di atas terdapat nilai moral yang dapat menjadi pelajaran bagi anak didik selain anak belajar Bahasa Inggris. Silahkan anda coba menjadi storyteller bagi anak didik anda atau juga anak anda sendiri. Silahkan pelajari teksnya dan cobalah untuk menghayati di dalam menceritakan kepada anak didik anda. Jika memungkinkan gunakan alat peraga dan alat pendukung lainnya supaya memberikan nuansa seperti sesungguhya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cerita Bahasa Inggris anak: A farmer and a box"

  1. Salam perkenalan. menarik sekali isi blog pak Muhamad. Saya ingin sekali berdiskusi tentang pengajaran B. Inggris di SD dengan bapak. Adakah Bapak berkenan memberikan email address yg saya bisa kontak? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kunjungaanya mas. It sounds great. It would be so interesting to discuss about it. We can talk by means of Fb maybe..Young Almusto. my email: kangmus84@gmail. com

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel