-->

SMK NEGERI 1 BATANG TEMPAT MENGAJAR IMPIANKU

Dahulu sewaktu saya lulus dari SMK N 1 Batang saya sempat ditawari mengajar Sebagai Guru Bahasa Inggris di Sekolah tersebut. Syaratnya saya harus kuliah dulu beberapa semester kemudian dapat bergabung mengabdi mengajar, akan tetapi saat itu tidak pernah terpikirkan di benak saya untuk menjadi seorang guru. Bagi saya menjadi seorang guru itu berat. Saya malu, saya tidak berani ngomong di depan anak-anak didik. Singkat kata saya tidak pantas menjadi guru. Di samping itu juga saya tidak memiliki biaya cukup untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Sehingga pada akhirnya saya tidak merespon sama sekali tawaran tersebut dari seorang Guru Bahasa Inggris di SMK tersebut.

SMK 1 Batang
Situs Web SMK Negeri 1 Batang
http://smk1batang.sch.id


Setelah lulus dari SMK 1 Batang, saya sebernarnya memiliki rencana ingin langsung mencari pekerjaan dan membantu ekonomi keluarga saya. Selama kurun waktu lebih dari dua tahun saya kerja seadanya dan serabutan demi sesuap nasi. Sampai saya memiliki rencana untuk merantau ke Ibu kota Jakarta saat itu. Saya teringat saat itu tahun 2005, yaitu 2 tahun setelah saya lulus dari SMK, saya justru ditawari mengajar di SD, di kampong saya, SD Siberuk. Saat itu padahal saya hendak bepergian merantau ke Jakarta. Niat saya ke Jakarta batal karena setelah saya pikir-pikir kembali mungkin alangkah baiknya saya mengabdi di SD begitu pikir saya. Saya pun akhirnya menerima tawaran dari SD untuk mengajar karena memang saat itu di SD masih kekurangan guru. Saya diterima di sana, pertama kali saya menjadi Guru Kelas 5, dan Guru Bahasa Inggris.

Kebetulan selama saya mengabdi di SD saya mendapat informasi dari Kepala Sekolah SD Siberuk, mengenai adanya Kuliah ekstensi Bahasa Inggris IKIP PGRI di Pekalongan, kemudian akhirnya saya mendaftar di sana dan saya mengikuti kuliah selama 4,5 tahun di Pekalongan dan di Semarang kampus pusat IKIP PGRI. Alhamdulilah akhirnya saya lulus dari IKIP PGRI Semarang dan saat itu saya masih terus mengabdi di SD. Setelah saya mendapatkan ijazah S1 saya, saya diamanati Kepala Sekolah mengajar Bahasa Inggris di SD dan TIK. Ini berlangsung selama kurang lebih 7 tahun.

Kemudian badai menghantam dengan dasyatnya. Ada wacana Bahasa Inggris akan ditiadakan menjelang Kurikulum 2013. Saat itu saya merasa kebingungan dan bagaimana nasib saya selanjutnya. Karena sia-sia pengabdian saya mengajar di SD. Saya mengadi di SD selama 7 tahun. Dan mapel yang saya ampu di SD akan segera dihapus. Di dalam hati saya, saya berencana dan bertekad mengundurkan diri dari SD dan mencari sekolah lanjutan karena memang pendidikan S1 saya lebih tepat dan cocok di Sekolah menengah. Di Sekolah dasar Bahasa Inggris hanya muatan lokal atau juga ekstrakurikuler. Tidak sepantasnya saya mengajar di SD. Setelah melalui usaha keras, saya diterima mengajar di MTs Darul Hikmah Sengon dan kemudian di SMK Bintara Batang. Di tempat inilah kesibukan saya sekarang ini. Saya mulai mengajar di dua sekolah ini sejak semester 2 tahun ajaran 2012/2013. Rasanya berat memang saya harus meninggalkan SD Siberuk tempat saya mengajar dalam kurun waktu yang tidak sebentar.

Saya sangat menyesal sekali, karena mengapa saya dulu tidak menerima tawaran mengajar di SMK N 1 Batang, kalau saja saya saat itu mau dan kuliah mungkin saya sudah mengajar di sana. Saat ini SMK 1 Batang belum menerima guru baru karena gurunya sudah penuh. Saya sempat berpikir ingin mencoba melamar di sana namun saat saya menemui kepala Sekolah Bapak Sugito, kata beliau sudah penuh dan belum membutuhkan guru lagi. Apalagi guru Bahasa Inggris di sana sudah lebih dari cukup. Di dalam hati kecil saya, Sungguh saya ingin sekali bergabung menjadi tim pengajar di SMK 1 Batang, namun itu hanya impian, angan-angan belaka saya tidak dapat mengajar di sana. If I had accepted their offer, I would have taught there at SMK 1 Batang. I didn’t accept it, so I couldn’t teach at it.  I hope I can find another school that needs my spirit to teach English, I promise, I will do my best. I really want to join with the challenging schools.

Written and posted by Mustofa on Monday, the first of April 2013

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "SMK NEGERI 1 BATANG TEMPAT MENGAJAR IMPIANKU"

  1. Such a lovely thing as we open up this blog consist new article!!! Unbelievable after reading it, one title of Celine song arise incidentally - taking changes. Besides that another words such as que sera-sera and javanese term "jalma tan kena kiniro" - dumadakan nyembul ora kanda-kanda, he3x... mix it up...mix it up.

    But, I thought it's such an April mop (?). Ups, sorry. It doesn't mean to reduce all experience and memory you have, just using another point of view to review the content and context of article. It seem unfair enough if we try to count incident we have passed before by using current paradigm. Coz, the objectivity will melt away. I thought, you have to find book of Florence Littauer, pals.

    He3x...by the way, I love it when you type....creative in stealing other idea. Wish you find it.

    Don't you realize that you have colorful experience and have to be proud with it. Another case, if you have a real story as you wanna be, have you a chance to write this blog thus become a recommended one for learning English besides give teaching in two place concurrently. And, as you see, it's more powerful and having sphere of influence than you imagine, not only inside boundaries of one school.

    He3x...seem I am to be a bad bad commentator or even get addicted with your blog (?!!!ha3x) coz it's become one tool for practicing quantum writing in English and you don't mind with it, besides we take different edge to review.

    yesterday a memory
    today is such a gift
    tomorrow we have to fight it

    Kula tambahin nggih, "sawang sinawang".

    ReplyDelete
  2. Thanks a lot kang, you finally visit again to give such an encouraging comments.. don't worry I always wait and wait for your brigt comments. we can learn English together by giving comments one another... SOmetime I feel lazy to write then I seldom post, then when I get good mood to write, I can write more than one posting...it seemed that you surprised with my new posts...hahah...many people who come to my blog are just seeing, reading, and they seldom to give comments...maybe they don't know how to... most of the visitors are new comers..they know a little about internet..they just read, copy, download and are lazy to comment..maybe they just gave a sign on facebook like box.. so far so many people add my fb and they want to know and talk with me...then I confirmed them.. hahaha.. the word i have written, Stealing other ideas...I like it,yeah I do like it... Right now I have been trying to look for other challenging schools to join with...yeah sawang sinawang sekolah sing anyar sing ono tantangane kang....thanks kang for being my partner, my penpals to improve English...

    ReplyDelete
  3. Hi pals, seem your latest comment due java, have deviation in meaning. Ups you have to open up java culture again, as meaning not only in mention word but implicitly. (ha...ha...ha...xxx)

    Actually, we already make comment due another article but suddenly blackout thus my written gotta missing. Wish I could repair it.

    I do appreciate that you try to make a mix language Bahasa and English as above article. Have you share it with your students due this case, I mean blog and correlated(?). Wish you share the learning process in class? Better in clip coz we wanna know their style in speaking.

    ReplyDelete
  4. Okay kang Mochtar,,,thanks again for your suggestion... I planned to record them in clip

    ReplyDelete
  5. How lovely you agree with it!!!

    ReplyDelete
  6. Apa kabar Pak? sudah lama tidak mampir ke blog njenengan. Gimana rasanya ngajar di SMK?

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah baik bu..Saya lebih menemukan tempat mengajar yang lebih menantang....I really enjoy teaching...and what about you bu?

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel