BENARKAH BAHASA INGGRIS DI SD GAGAL?


Bahasa Inggris di Indonesia mengalami kemunduran besar. Setelah gagal menerapkan kurikulum Bahasa Inggris di Sekolah Dasar kini pemerintah berencana menghapus total kurikulum Bahasa Inggris.

Kegagalan Bahasa Inggris ini disebabkan karena tidak aja konsep yang matang, konsep yang jelas. Bahasa Inggris hanya menjadi uji coba saja. Kurikulum Bahasa Inggris sudah berjalan selama satu dekade ini meninggalkan kisah menyedihkan, guru Bahasa Inggris tidak dianggap lagi, wali murid kecewa dan siswa yang merasa kehilangan.

Pemerintah Menghendaki adanya kurikulum Bahasa Inggris di SD akan tetapi tidak diimbangi dengan konsep kurikulum yang bagus. Selain itu tidak ada kebijakan dan peraturan yang jelas terkait perekrutan guru Bahasa Inggris. Singkatnya Bahasa Inggris diajarkan secara seadanya sehingga apa yang didapat sekarang ini tidak mencapai output yang maksimal dan terkesan gagal.

Selanjutnya karena dianggap gagal maka kesimpulannya Bahasa Inggris di SD hanya memberatkan anak didik. Belajar Bahas Inggris dapat mengganggu belajar Bahasa Indonesia. Penyederhanaan dan pemangkasan dimaksudkan untuk menyesuaikan pola pikir anak. Agar anak lebih fokus terhadap mata pelajaran dasar di SD. Keberadaan Bahasa Inggris belum tepat untuk anak SD. Pembelajaran Bahasa Inggris sehingga ditunda sampai anak di SLTP.

Penundaan Bahasa Inggris di SLTP akan membuat anak terlambat dalam belajar Bahasa Inggris. Tidak ada persiapan sama sekali terhadap anak untuk belajar Bahasa Inggris di SLTP/MTs. Bahasa Inggris di SLTP levelnya sudah tinggi, anak diharapkan dapat mencapai level fungsional. Bahasa Inggris di SLTP lebih kompleks. Bahasa Inggris di SMP berbasis genre yang sulit. Akan terasa sulit bagi anak tanpa adanya pondasi Bahasa Inggris dasar. Anak-anak seharusnya memerlukan kemampuan Bahasa Inggris di level performatif sebelum anak menginjak ke level fungsional yang lebih kompleks.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul BENARKAH BAHASA INGGRIS DI SD GAGAL?. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, October 18, 2012

6 komentar untuk "BENARKAH BAHASA INGGRIS DI SD GAGAL?"

  1. kalau menurut saya pribadi, memang bahas inggris untuk anak sekolah dasar belum terlalu perlu.

    bahkan yang lebih penting adalah bahasa indonesia, karena bisa menanamkan rasa cinta terhadap bahasa nasional terhadap sejak dini, selanjutnya bahasa inggris bisa di peroleh pada tingkat SLTP, bila ingin memperdalam bisa dilakukan dengan kursus.

    kalau kursus bahasa inggris ada banyak, adakah kursus bahasa Indonesia?..

    ReplyDelete
  2. Thanks sudah berkunjung and comment. Betul Bahasa Indonesia penting dan Bahasa Inggris juga penting. dua duanya perlu diajarkan. pertimbangannya Bahasa Inggris dan Bahasa Yang lainnya akan lebih mudah jika diajarkan sejak dini. cuma di sini perlu saya garis bawahi Pemerintah harus memberi kejelasan kurikulum dan tenaga pengajarnya....selama ini memang dibiarkan saja tanpa arah yang jelas..

    ReplyDelete
  3. justru bahasa inggris untuk SD perlu.. sebagai dasar untuk pelajaran di tingkat sltp.jelas tiap hari kita pakai bahasa indonesia."bisa karena biasa" jgn berfikir mundur...otak yg sering diasah akan makin terlatih. yg penting kurikulumnya disesuaikan dgn daya pkir anak SD saja..

    ReplyDelete
  4. saya sependapat dengan anda mas.Bahasa Inggris masih perlu di SD dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan anak

    ReplyDelete
  5. English for Elementary school is not needed but after seeing my nephew playing games though he still kindergaten, ups, we can't deny it that we should learn it. He can play games though direction in English, he can explain how to do it even not knowing the meaning.

    We don't like with textbook (specially our author) as its to hard to be understood and seem perfect, as a theory. But we love to sing and watching cartoon, just enjoying moment, and open dictionary whether founding new vocab.

    ReplyDelete
  6. Both adult and young leaners have the same chance to learn English...The adult is by his or her brain, but children learn by their body, they imitate, they act do...Getting accustomed to using, speaking, playing games through instruction in games or others can make us familiar in English,,,,children need to be much exposed such English environment, Englsih conversation, singin, games and others....

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo