Menggagas Forum Persatuan Guru Bahasa Inggris SD seluruh Indonesia


Problem Bahasa Inggris di SD adalah problem dalam skala nasional. Bahasa Inggris statusnya sebagai mulok dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Bahasa Inggris di SD menyisakan tanda tanya. Mungkin karena masih sebagai mulok di SD sehingga segala sesuatunya diserahkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. Betapa Bahasa Inggris di SD secara kualitas sangat memprihatinkan. Bahasa Inggris di SD diajarkan dengan seadanya. Tidak ada keseragaman materi antara daerah satu dengan yang lainnya. Tiap daerah di Indonesia memiliki perbedaan dalam hal materi pengajaran Bahasa Inggris. Bahasa Inggris belum memiliki pedoman dan kurikulum standar secara nasional. Kurikulum, silabus dan perangkat mengajar disusun dan adaptasi oleh masing-masing sekolah(satuan pendidikan).

Guru pengampu Bahasa Inggris di SD dihinggapi kebingungan, tanda tanya dan seringkali mengeluh. Materi apa yang sesuai diajarkan di SD? Inilah pertayaan klasik yang kerap terlontar ketika penulis mendapat pertanyaan dari sebagian besar oleh mereka guru-guru pengampu Bahasa Inggris SD di hampir daerah seluruh Indonesia. Penulis sering berkomunikasi dengan mereka melalui blog ini Bahasa Inggris Anak Indonesia dan dengan jejaring social penulis. Memang pemerintah sudah memberikan rambu-rambu SK dan KD yang diterbitkan oleh BSNP tetapi masih bersifat outline saja dan sampai sekarang belum dikembangkan menjadi suatu pedoman yang standard an jelas yang dapat diapplikasikan untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SD.

Seperti yang sudah penulis singgung pada postingaan artikel terdahulu bahwa problem utama mulok Bahasa Inggris di SD adalahstatus yang masih mulok, belum adanya kurikulum dan pedoman standar yang matang dan tenaga pendidik yang professional. Selama problem ini tidak di selesaikan maka Bahasa Inggris di SD seterusnya akan kabur dan tidak akan mencapai output yang maksimal. Disamping itu sangat jarang sekali ada suatu pelatihan, sosialisasi, pembekalan dan sejenisnya kaitannya dengan pemberdayaan guru pengampu Bahasa Inggris yang mengajar di SD.

Dalam keadaan seperti ini menurut pendapat penulis, Guru Bahasa Inggris SD di seluruh tanah air memerlukan suatu forum atau wadah organisasi yang dapat dijadikan tempat dan wahana berbagi dan sharing khususnya guru pengampu Bahasa Inggris kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Inggris di SD. Guru Bahasa Inggris SD dapat memanfaatkan internet dengan suatu situs atau blog dan juga jejaring social seperti facebook akan sangat bermanfaat sekali. Guru-guru secara nasional dapat join di blog ini juga di facebook atas nama guru Bahasa Inggris SD. Melaui forum ini guru-guru dapat berinteraksi secara online, melakukan Tanya jawab dan sharing saling berbagi dan melengkapi kekurangan masing-masing. Dengan cara ini diharapkan guru-guru Bahasa Inggris memiliki kesamaan persepsi. Yang kurang dapat dilengkapi yang lebih dan sebaliknya yang lebih memberikan kepada yang kurang.

Dengan adanya forum online ini guru Bahasa Inggris SD akan selalu up to date dan tambah pengalaman dan ilmu karena akan mendapat berbagai informasi kebijakan, metode baru, dan lain sebagainya kaitannya dengan pengajaran Bahasa Inggris di SD. Posisi guru Bahasa Inggris dan Bahasa Inggris itu sendiri juga akan semakin kuat karena mengatasnamakan satuan guru Bahasa Inggris SD di seluruh wilayah tanah air. Harapan kita melalui forum ini usulan, ide dan pendapat, keluhan dan problem para guru akan terakomodir. Dan harapan kita semua semoga pemerintah Indonesia merespon positif perkembangan mulok Bahasa Inggris di SD. Amin.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul Menggagas Forum Persatuan Guru Bahasa Inggris SD seluruh Indonesia. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Friday, August 3, 2012

10 komentar untuk "Menggagas Forum Persatuan Guru Bahasa Inggris SD seluruh Indonesia"

  1. hmmmm...... boleh jg kk, good idea :)

    ReplyDelete
  2. Boleh saya ikut forum ini? Walaupun belum jadi guru beneran, saya tertarik dengan pengajaran bahasa Inggris SD :)

    ReplyDelete
  3. Forumnya belum dibentuk mbk,insya Allah nanti ada blog atau lewat fb.. thanks ya sudah mw join and mampir di sini

    ReplyDelete
  4. Kuasai bahasa Inggris lebih cepat & mudah...
    Buktikan segera!!!
    http://www.belajaringgris.net/?reg=arnesduck55

    ReplyDelete
  5. Assalamu Alaikum, great idea for us, saya bisa bantu buat forum nya, namun ini lebih menarik karena bisa dibubuhi dengan fitur yang mirip social network seperti facebook mobile version, untuk melihat sampel nya, please visit my site www.mojok-yuk.16mb.com cuma kendala saya saat ini, karena tidak punya tempat hosting sendiri, terkadang member yang ingin OL tidak bisa masuk karena akses ke situs dibatasi... bila mas tertarik, bisa hub. saya di 085399512973 (Rijal GTT B.Inggris SD Negeri 2 Towua, Sulawesi Tenggara.)
    bila mas punya hosting sendiri, nanti saya bantu pasang script nya... thanks!!!

    ReplyDelete
  6. Wlkmslam mas ridjal makasih sudah berkunjung di sini...kelihatannya menarik mas ya..coba nanti saya coba berkunjung di situs anda...

    ReplyDelete
  7. menjadi pesimis dengan bahasa inggris SD karena kurikulum 2013 :-(

    ReplyDelete
  8. Jangan patah semangat mas....ayo masih ada kesempatan di smp dan sma

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo