-->

Bahasa Inggris di SD miskin buku referensi


Idealnya di dalam mengajar Bahasa Inggris di SD, seorang guru membutuhkan 3 jenis buku yaitu buku untuk guru(teacher’s book),buku untuk murid yang terdiri dari buku materi(student’s book) dan buku latihan(workbook). Teacher’s book digunakan oleh guru sebagai pedoman untuk mengajar. Students’ book digunakan siswa sebagai pegangan menerima materi. Untuk workbook khusus digunakan drill dan latihan siswa di dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Buku Bahasa Inggris untuk SD
Contoh referensi buku Bahasa Inggris SD


Di sekolah-sekolah di Indonesia, terutama di lingkungan pedesaan dan pedalaman, belum memiliki buku buku yang representatif. Yang memprihatinkan adalah yang memiliki buku hanya guru yang mengajar. Sama sekali siswa tidak memiliki buku baik buku materi maupun buku latihan soal. Guru mengajar dengan seadanya. Belajar Bahasa Inggris tanpa buku, tanpa gambar-gambar dan lain sebagainya memang akan sulit sekali bagi anak, di Sekolah dasar Bahasa Inggris lebih banyak kita menjumpai gambar-gambar supaya dapat mempermudah anak memahami materi. Bagaimana guru dapat memberikan deskripsi dan gambaran materi kalau hanya guru saja yang memiliki buku. Tentu guru sangat kesulitan dalam menyampaikan materi kepada para siswanya. Keadaan ini menuntut guru untuk lebih kreatif di dalam menyampaikan bahan materi, guru menyajikan materi yang dapat diterima anak meskipun dalam keadaan yang sangat terbatas.

Masukan dari penulis, Sebaiknya guru pengampu Bahasa Inggris di SD disarankan untuk mengusulkan penggunaan buku penunjang pembelajaran Bahasa Inggris kepada kepala sekolah. Karena memang akan kesulitan sekali mengajar Bahasa Inggris di SD tanpa buku baik buku materi maupun buku penunjang lainnya. Anak-anak membutuhkan ilustrasi deskripsi langsung dari buku. Pembelajaran Bahasa Inggris yang hanya dari guru saja bukunya akan terasa berat. Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi semakin abstract bagi para siswa. Bukankah pembelajaran di Sekolah Dasar harus yang kongkret kongkret. Berawal dari kongkret menuju ke abstrak. Anak sangat kesulitan sekali mempelajari sesuatu tanpa ilustrasi, gambaran, warna dan sebagainya. Minimal setiap siswa memiliki buku Lembar kerja siswa dimana di dalamnya terdapat rangkuman materi Bahasa Inggris.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

11 Responses to "Bahasa Inggris di SD miskin buku referensi"

  1. Iya mas, saya juga seorang guru bahasa Inggris SD di pelosok desa pinggiran prov jawa tengah. kendala saya ketika mengajar yaitu tidak tersedianya buku yang memadai, kalaupun ada hanya buku lama dan hanya ada 1 untuk pegangan buku. belum lagi berbeda buku yg dipakai dari sekolah satu dengan yang lainnya

    ReplyDelete
  2. Ya begitulah mas keadaannya...ini menuntut kita untuk lebih kreatif. Thanks for coming here

    ReplyDelete
  3. Punya ebook B.inggris nya untuk SD?
    Kalau bisa dikirm ke aditperdana31@yahoo.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. bagaimana mendownload buku b.inggris ini?

    ReplyDelete
  5. saya juga lagi bingung untuk mencari buku panduan anak saya kelas 1 sd, adakah yang menyediakannya?

    ReplyDelete
  6. For Cathryn, Maaf tidak ada link downloadnya itu cuma artikel saja.Maksih sudah komen

    ReplyDelete
  7. Bahasa Inggris di SD cuma mulok pak.dan Pemerintah belum memberikan panduan yang jelas. Oleh karena itu belum ada buku yang layak. punya referensi buku semakin banyak semakin baik..makasih pak ya sudah comment.

    ReplyDelete
  8. Pemerintah malah akan menghapus pelajaran bahasa inggris untuk SD, kemajuan atau kemunduran pendidikan indonesia ini Pak?

    ReplyDelete
  9. Bahasa Inggris akan tetap ada namun statusnya hanya sebagai ekstrakurikuler saja di tahun ajaran depan dengan kurikulum barunya..pada prakteknya Bahasa Inggris nantinya hanya formalitas saja dan praktis tidak diajarkan di lingkungan sekolah dasar....anak anak tidak akan dapat lagi bernyanyi, bermain dan belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan...memang saya juga tidak setuju kalau hanya dijadikan ekstra saja karena pada prakteknya tidak akan dijarkan..

    ReplyDelete
  10. jasa penerjemah bahasa inggris, terjemahan bahasa inggris, Jasa terjemahan Inggris-Indo//Indo-Inggris dokumen, artikel, buku, naskah, dsb 08179170791 Lely english translator, english translation, translation services English-Indo/ / Indo-English documents, articles, books, manuscripts, etc. Lely 08179170791 http://transleterbahasa.indonetwork.co.id/


    jasa penerjemah bahasa inggris, terjemahan bahasa inggris, Jasa terjemahan Inggris-Indo//Indo-Inggris dokumen, artikel, buku, naskah, dsb 08179170791 Lely english translator, english translation, translation services English-Indo/ / Indo-English documents, articles, books, manuscripts, etc. Lely 08179170791 http://transleterbahasa.indonetwork.co.id/


    jasa penerjemah bahasa inggris, terjemahan bahasa inggris, Jasa terjemahan Inggris-Indo//Indo-Inggris dokumen, artikel, buku, naskah, dsb 08179170791 Lely english translator, english translation, translation services English-Indo/ / Indo-English documents, articles, books, manuscripts, etc. Lely 08179170791 http://transleterbahasa.indonetwork.co.id/

    ReplyDelete
  11. Dimana saya bisa beli buku ini?

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel