Belajar tentang kata benda(noun) dalam Bahasa Inggris


Kata benda(Nouns)
Bahasa Inggris dipelajari dari hal-hal yang paling dasar atau grammar sederhana. Salah satu pelajaran dasar Bahasa Inggris untuk pemula (beginner) adalah tentang noun atau kata benda. Sebelum mempelajari lebih lanjut maka pengetahuan dan penguasaan tentang noun sangat dianjurkan. Baik pada postingan saya kali ini saya ingin membahas tentang kata benda(nouns).

Kata benda atau noun adalah kata yang merujuk pada seseorang, sesuatu, tempat, gagasan kualitas dan peristiwa.  Perhatikan contoh berikut ini:
1. Mustofa is a teacher
2. Computer is made by human’s brain
3. Pekalongan is a town in Central Java
4. Sarah’s birthday is on April 22
5. My hobby is cooking
6. dll

Jenis-jenis kata benda:
1. Common nouns
Kata benda ini meliputi : Nama orang, sesuatu, binatang dan tempat contohnya :  Susi, male, female, car, computer, camel, cow, Batang, Pekalongan, Tegal, Rumah sakit, Masjid dan sebagainya

2. Proper nouns
Kata benda ini digunakan merujuk pada nama-nama tertentu contohnya: Munif, Herman, Arny(People), Suara Merdeka, Kompas, Radar Pekalongan(Newspaper), Kerbau, kucing(animal), Batang, Tulis, Limpung(Places)

3. Abstract nouns
Penamaan dari sesuatu yang tidak dapat dilihat, hanya bisa dirasakan dan difikirkan misalnya: Kemarahan, kesedihan, pertemanan, rasa cinta dan sebagainya

4. Collective nouns
Kata benda yang menunjukkan kolektif atau perkumpulan dari orang, sesuatu, benda sebagai satu kesatuan dan lainnya.Contoh: the poor, the rich, a group of people, a bunch of bananas, a pail of sand dan lain-lain.

5. Countable and Uncountable nouns
Countable nouns maksudnya adalah kata benda yang dapat dihitung contohnya: books, apples, ships dan sebagainya. Sedangkan Uncountable nouns adalah kata benda yang tidak dapat dihitung contohnya: ink, sand, sugar, water, money, smoke dan sebagainya. Biasanya kata benda yang dapat dihitung menggunakan: a, an , a few, several, many, some, a lot of, plenty of, a large number of dan sebagainya. Sedangkan kata benda yang tidak dapat dihitung menggunakan kata : a little, much, some, plenty of, a lot of, a large amount of dan sebagainya.

Ditinjau dari jumlahnya nouns dibagi menjadi 2 yaitu: singular noun(kata benda tunggal) dan plural noun(kata benda jamak).

1. Singular noun: a book, one book, a computer, a man, the sun, the moon, an apple, an egg dan lain sebagainya.

2. Plural noun : pencils, some crocodiles, seven dogs, televisions dan sebagainya.

Untuk kata benda yang dapat dihitung dapat berupa singular maupun plural. Sedangkan kata benda yang tidak dapat dihitung selalu tunggal kecuali jika kata benda tak dapat dihitung menempati suatu takaran atau tempat maka takaran itu yang dibuat jamak contoh:
Sugar merupakan kata benda yang tidak dapat dihitung akan tetapi jika menempati suatu takaran atau satuan, ukuran atau tempat dapat berubah menjadi kata benda yang dapat dihitung contohnya two kilograms of sugar, three glasses of milk, five bottles of ink. (yang dijamak takarannya)

Demikian sedikit penjelasan mengenai kata benda atau noun. Untuk lebih lengkapnya akan saya jelaskan pada postingan saya berikutnya. Thanks for reading. Semoga bermanfaat. Amin.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori GRAMMAR dengan judul Belajar tentang kata benda(noun) dalam Bahasa Inggris. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Saturday, July 7, 2012

Belum ada komentar untuk "Belajar tentang kata benda(noun) dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo