-->

GAME BAHASA INGGRIS SD: KOMPETISI TANYA JAWAB


Salah satu metode pengajaran Bahasa Inggris di SD adalah melalui permainan atau games. Dunia anak adalah dunia bermain. Sambil bermain anak belajar,khususnya Bahasa Inggris. Sekarang saya ingin share kepada teman-teman semua pengalaman saya selama mengajar Bahasa Inggris kepada anak didik saya. Game ini sudah saya terapkan dan ada respons positif dari anak-anak. Buktinya anak selalu meminta game kompetisi tanya jawab ini.

Baik langsung saja saya jelaskan mengenai game kompetisi tanya jawab ini. Jadi permainan ini tujuannya adalah untuk mengetes kemampuan anak terhadap penguasaan vocab yang sudah dipelajari. Saya misalkan saya sudah mengajarkan anak materi tentang transportation. Maka games atau permainan saya atau tanya jawabnya tentang tranportation. Saya akan mengajukan pertanyaan tentang transportation secara lisan. Jumlah pertanyaan adalah jumlah seluruh anak dikurangi satu. Kenapa demikian? jadi nanti akan ada satu anak yang terakhir kali atau tidak bisa menjawab akan dikenai hukuman menyanyi lagu Bahasa Inggris di depan kelas. Hukuman di sini bukan berarti hukuman bagi anak yang membuat kesalahan atau melanggar. Hukuman di sini lebih sebagai tantangan bagi anak. Selanjutnya bagi anak yang bisa dengan cepat menjawab dengan benar dia akan berada pada posisi yang aman. Dia telah lolos dan tidak akan kena hukuman untuk menyanyi di depan kelas. Bagi anak yang menjawab salah maka dia tidak boleh menjawab pertanyaan lagi sampai pertanyaan berikutnya diajukan. Kompetisi akan berakhir manakala semua anak sudah menjawab dengan benar dan lolos, dan tinggal satu anak yang tidak bisa menjawab, maka dia kena hukuman menyanyi di depan kelas.

Dengan game ini anak belajar untuk mengingat materi pelajaran Bahasa Inggris. anak belajar mereview lagi vocabulary yang sudah ia pelajari. Ini lebih menarik dan tidak membosankan daripada anak disuruh hafalan. Hafalan bagi anak kadang menjadi sesuatu yang menakutkan apabila ia tidak bisa. Selain itu anak akan merasa jenuh dan bosan dengan cara-cara hafalan seperti itu.

Demikian sedikit tips tentang games yang dapat diaplikasikan di dalam KBM Bahasa Inggris di SD. Semoga bermanfaat badi teman-teman semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "GAME BAHASA INGGRIS SD: KOMPETISI TANYA JAWAB"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel