COPY PASTE ARTIKEL BLOG/SITUS ORANG LAIN ADALAH SUATU PELANGGARAN


Ketika saya mengetik di Google dengan kata kunci artikel saya yang berjudul Cara mudah belajar Bahasa Inggris terbaru. Di situ muncul situs da blog orang lain yang ada di halaman pertama Google dan blog saya sama sekali tidak terdeteksi karena mungkin blog saya urutannya jauh diantara ratusan ribu blog lainnya yang memposting dengan kata kunci yang sama. Page rank Google saya kalah dengan situs-situs dan blog terkenal yang sudah bertahun-tahun beroperasi. Situs blog saya umurnya baru 4 bulanan dan boleh dibilang masih seumur jagung. Betapa kagetnya saya setelah saya coba klik situs/blog yang postingnya sama persis dengan artikel saya. Artikel saya berjudul Cara mudah belajar Bahasa Inggris terbaru. Saya baca berulangkali dan dengan rasa tidak percaya artikel saya dicopy paste orang lain. Saya teringat sekali  ketika saya dengan susah paya mengetik artikel itu dengan pikiran dan pengetahuan saya. Siapa yang tidak marah artikel saya ditiru dicopy paste orang lain, situs lain. Yang sangat membuat saya kecewa berat adalah ketika kata kunci “cara belajar mudah Bahasa Inggris terbaru” tidak mengarah ke blog saya akan tetapi blog orang lain yang mengcopy paste artikel asli buatan saya.

No copy paste
Let's appreciate other people's creation. This figure is from . http://bersamafransisko.blogspot.com


Saya tidak terima ketika artikel saya dicopy paste tanpa mencantumkan sumbernya. Dengan seenaknya meniru. Sangat sedikit sekali kata-kata dan kalimat yang dirubah. Mungkin hanya 1% saja perubahannya. Yang 99% sama persis dengan artikel saya. Bagi anda yang merasa mengkopi paste tanpa mencantumkan sumbernya yaitu dari saya tolong anda bisa berpikir lebih dewasa lagi. Sama saja anda tidak menghargai hasil karya orang lain. Jika kita copy paste artikel orang lain maka minimal kita cantumkan sumbernya. Seharusnya kita susun dengan kalimat dan kata-kata kita sendiri. Dengan acuan blog orang lain itu sebagai referensi kita untuk menulis. Bukankah kalau kita sering copy paste artikel orang lain juga kita membohongi diri kita sendiri. Jika awalnya saja kita tidak baik maka ke depannya juga tidak akan membawa kebaikan.

Bagi teman-temanku semuanya marilah kita jangan meniru hal-hal yang tidak baik. Salah satunya adalah mengkopi paste artikel milik orang lain tanpa izin dan tanpa mencantumkan sumbernya. Marilah kita hargai hasil karya orang lain. Jika kita ingin memposting artikel yang sejenis topik, judul dan temanya maka kita susun dengan bahasa kita sendiri. Kita boleh menjadikan artikel orang lain sebagai acuan kita akan tetapi paling tidak 70% sudah kita susun ulang dengan bahasa kita. Dan tetap kita mencantumkan sumbernya. Inilah aturan di dunia internet dan IT. Let’s appreciate other people’s creation(masterpiece). Selamat berkarya. penulis.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul COPY PASTE ARTIKEL BLOG/SITUS ORANG LAIN ADALAH SUATU PELANGGARAN. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, June 28, 2012

6 komentar untuk "COPY PASTE ARTIKEL BLOG/SITUS ORANG LAIN ADALAH SUATU PELANGGARAN"

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo