CARA MERANGKAI KALIMAT BAHASA INGGRIS YANG BENAR



Sebagian besar bangsa kita sulit menguasai Bahasa Inggris, terutama dalam merangkai suatu kalimat Bahasa Inggris yang secara grammatikal benar(grammatically correct). Lulusan SLTA/sederajat misalnya belum jaminan mereka dapat merangkai kalimat Bahasa Inggris dengan benar. Kita menjumpai banyak dari mereka kesulitan di dalam merangkai kalimat. Jangankan lulusan SLTA, lulusan kuliahpun belum tentu mereka bisa merangkai kalimat Bahasa Inggris dengan benar. Jika kita ketahui bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di SLTA levelnya sudah tinggi. Bahasa Inggris di SLTA tingkatannya adalah level informational, sedangkan di SLTP levelnya Fungsional dan di SD lebih bersifat performatif. Level informational berarti Bahasa melebihi dari penggunaan kehidupan sehari-hari. Seharusnya lulusan SLTA bisa mengaplikasikan kemampuan informational dan dapat mengakses dan memanfaatkan bahasa untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan dengan kemampuan  Bahasa Inggrisnya. Tetapi pada kenyataanya di Indonesia kemampuan dan kompetensi yang sudah diformulasikan kurikulum Indonesia belum mencapai tujuan itu. Masih banyak lulusan SLTA mengalami kesulitan dengan Bahasa Inggris. Buktinya banyak dari mereka yang nol kemampuan Bahasa Inggrisnya apalagi jika disuruh merangkai kalimat Bahasa Inggris, mereka mengalami kesulitan.

Baik dalam Postingan saya kali ini saya ingin berbagi mengenai sedikit pengetahuan kalimat dalam Bahasa Inggris. ini dimaksudkan agar kita dapat sedikit merangkai kalimat Bahasa Inggris yang grammatically correct. Kalimat terdiri dari Subjk, Predikat, Objek dan kata keterangan (SPOK). Dalam menyusun atau merangkai kalimat kita akan sering menjumpai hal-hal tersebut. Dalam suatu kalimat minimal terdiri dari subjek dan predikat. Jika dalam kalimat hanya terdiri dari satu saja dari unsur kalimat, maka itu bukan dinamakan kalimat tetapi frase. Contoh frase a smart beautiful woman. Ini merupakan frase, meskipun panjang tetapi bukan masalah panjangnya dan suatu kalimat minimal terdiri dari subjek dan predikat. Contoh Kalimat minimal : I’m sleepy, meskipun kalimatnya pendek akan tetapi contoh kalimat itu disebut kalimat karena memiliki unsur subjek dan predikat. Subjeknya adalah I dan diikuti kata kerja yaitu to be (am) yang menjelaskan sleepy.

Kata kerja(Verb) dalam Bahasa Inggris dibagi menjadi dua yaitu: kata kerja nominal dan kata kerja verbal. Kata kerja nominal menggunakan kata kerja bantu yaitu to be atau kata kerja bantu lainnya seperti modal. Kata kerja nominal diikuti oleh kata benda (noun), kata sifat ( adjective) dan kata keterangan(adverb). Sedangkan kata kerja verbal adalah kata kerja yang predikatnya adalah kata kerja(verb) itu sendiri.

Contoh Kalimat nominal dan kalimat verbal

1. I am a student ( I =subjek, am=tobe kemudian diikuti a student adalah kata benda yang dijelaskan. Kalimat ini tergolong kalimat nominal.
2. She is happy( She=subjek,is adalah to be dan diikuti happy kata sifat(adjective). Kalimat ini termasuk kalimat nominal.
3. Rudi eats a banana (Rudi=subjek, eats=kata kerja(verb) dan banana adalah objek). Kalimat ini                  termasuk kalimat verbal(mengandung kata kerja(tindakan). Kalimat ini termasuk kalimat verbal.
4. My mother cuts a meat in the kitchen. (My mother=subjek, cuts=kata kerja, a meat = objek     dan in the kitchen= kata keterangan tempat(adverb of place). Kalimat ini tergolong kalimat  verbal.

Penggunaan kalimat verbal dan nominal tergantung pada tenses. Dalam Bahasa Inggris kita mengenal bentuk waktu dimana di dalam mengekspresikan Bahasa Inggris kita tidak sembarangan. Ada aturan baku tertentu. Jika kita mengekspresikan suatu kalimat atau ucapan di waktu sekarang, kemarin dan yang akan datang pengguanaanya tidak sama. Inilah yang membedakan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris sehingga membuat kita kesulitan dalam merangkai kalimat Bahasa Inggris.
Di bawah ini saya akan memberikan contoh kesalahan umum yang banyak dijumpai dalam merangkai kalimat Bahasa Inggris:
1. I am eat an apple (incorrect/salah) karena di dalam kalimat ini adalah kalimat verbal. Di dalam kalimat verbal yang berbentuk present tense tidak ada to be (am). Kalimat yang benar adalah I eat an apple.

2. They very sad (incorrect/salah) karena kalimat ini adalah kalimat nominal maka harus menggunakan kata kerja bantu to be yaitu are sehingga yang benar(correct) adalah They are very sad.

3. He playing football (incorrect/salah). Kalimat ini kalimat verbal dan berbentuk present continuous tense. Aturan dalm tenses ini adalah S + to be + Verb ing + O + adverb. Sehingga kalimat yang benar adalah He is playing footbal. Kalimatnya ditambahi to be is sebelum verb ing. Jika di kalimat verbal present tense to be hanya digunakan untuk kalimat nominal dan tidak digunakan pada kalimat verbal. Akan tetapi di dalam present continuous/progressive tense to be digunakan sebelum kata kerja +ing.

3. Uncle watch TV yesterday (incorrect/salah). Kalimat ini salah karena tidak merubah kata kerja(verb) menjadi kata kerja bentuk kedua(past tense). Yang benar adalah Uncle watched TV yesterday. Aturan baku bentuk past tense adalah S + Verb II + O + Adverb (kata keterangan). Kalkimat ini termasuk kalimat verbal dan bukan nominal. Untuk kalimat nominal sama dengan bentuk present tense akan tetapi kata kerja bantunya atau to be nya menggunakan was/were.

4. Sarah can to play badminton (incorrect/salah). Kalimat ini menggunakan kata kerja bantu(auxiliary verb) berupa modal can. Can langsung diikuti kata kerja play. Kata to dihilangkan. Sehingga yang benar(correct) adalah Sarah can play badminton.

Di atas adalah kesalahan umum yang sering kita jumpai. Banyak dari pelajar-pelajar lulusan sekolah yang kurang memahami dalam tata bahasa Inggris dalam bentuk sederhana sekalipun. Ini membuat mereka tidak dapat merangkai kalimat Bahasa Inggris dengan benar. Demikian sedikit yang dapat saya share kepada teman-teman semuanya. Kita lanjutkan pembahasan kita dalam posting berikutnya. semoga bermanfaat. Amin.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori GRAMMAR dengan judul CARA MERANGKAI KALIMAT BAHASA INGGRIS YANG BENAR. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Thursday, June 21, 2012

6 komentar untuk "CARA MERANGKAI KALIMAT BAHASA INGGRIS YANG BENAR"

  1. iT is so Good Enough.....to read..thanks a lot:)

    ReplyDelete
  2. You're welcome...and thanks for coming here...

    ReplyDelete
  3. 1.who is responsible for....the dishes tonight?

    a.do
    b.to do
    c.doing
    d.will do

    please,help me..

    ReplyDelete
  4. Jawabanya c. doing . makasih sudah berkunjung ke sini mbk yu

    ReplyDelete
  5. Nice Blog,very informatives.
    Keep posting guy's

    ReplyDelete
  6. Thanks...hope you'll comeback again here at my site...

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo