MENGGAGAS PEMBENTUKKAN KKG BAHASA INGGRIS SD TINGKAT KABUPATEN BATANG


Bahasa Inggris SD merupakan mulok Kabupaten Batang. Mulok Kabupaten ini secara resmi ditetapkan oleh Bupati Batang terdahulu Bapak Bambang Bintoro, SE. Mata pelajaran ini sudah diajarkan di Sekolah dasar di seluruh Batang. Awalnya Bahasa Inggris diajarkan mulai dari kelas IV SD tetapi pada perkembangannya, di sebagian besar SD sudah mulai mengajarkannya dari kelas I SD.

Bahasa Inggris anak SD
Bahasa Inggris SD di Kab Batang harus maju
Karena sudah menjadi Mulok Kabupaten, maka dari kabupaten setiap evaluasi semesteran dan ujian sekolah membuatkan soal kemudian didistribusikan ke masing-masing SD di seluruh wilayah Batang.

Bila kita menilik di lapangan, banyak sekali para guru pengampu Bahasa Inggris di SD yang masih kebingungan karena dari Kabupaten belum ada kejelasan mengenai kurikulum Bahasa Inggris di SD. Tidak ada syllabus, perangkat pembelajaran, materi, buku pedoman khusus yang secara resmi dikeluarkan dari kabupaten. Guru mengajar dengan tidak ada perencanaan, arah yang jelas, mengajar dengan sangat terbatas dan seadanya.

Sebagai akibatnya tidak ada persamaan persepsi antara SD yang satu dengan yang lainnya, antara kecamatan yang satu dengan yang lainnya. Memang beberapa kecamatan sudah ada KKG Bahasa Inggris akan tetapi KKG bahasa Inggris SD di kecamatan hanya ruang lingkupnya kecamatan. Guru mengajar dengan pedoman dan panduan yang berbeda-beda. Anehnya soal semesteran dan ujian sekolah dibuat dari Kabupaten padahal materi soal yang dibuat dari Kabupaten belum tentu sama dengan apa yang diajarkan oleh guru-guru yang mengampu Bahasa Inggris di SD.

Selain tidak ada kurikulum yang pasti yang menjadi kendala atau problem pengajaran Bahasa Inggris di SD adalah mengenai tenaga pengajar yang sedanya dan dengan kemampuan yang terbatas. Bahasa Inggris di SD sebagian besar diampu oleh guru kelas, guru agama atau guru penjas yang merangkap. Tentu saja mereka kesulitan di dalam mengajarkan Bahasa Inggris karena memang mereka tidak memiliki background pendidikan Bahasa Inggris.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, menurut saya pribadi mengusulkan  dibentuknya Forum KKG Bahasa Inggris tingkat Kabupaten. Hal ini akan mendorong KKG Bahasa Inggris tingkat Kecamatan untuk tetap eksis dan aktif berjalan karena ada KKG tingkat Kabupaten.  Selama ini memang KKG Bahasa Inggris di SD di tingkat kecamatan masih dipandang sebelah mata dan kurang mendapat perhatian dari UPTD maupun Pemerintah melaui Disdikpora nya. Dengan adanya KKG Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten  diharapkan akan adanya perubahan-perubahan atau yang lebih pasnya kemajuan Bahasa Inggris SD di Kabupaten Batang. Dengan adanya KKG itu pula akan menghasilkan produk kurikulum Bahasa Inggris SD yang dapat diguanakan di semua SD se Kabupaten Batang. Akan ada  persamaan persepsi dalam pengajaran Bahasa Inggris di Kabupaten Batang. Forum ini juga dapat menjadi wahana sharing guru-guru pengampu Bahasa Inggris SD mengenai kendala-kendala dan problematika di dalam KBM Bahasa Inggris di SD.


Banyak manfaat yang bisa diambil dengan adanya KKG Bahasa Inggris tingkat Kabupaten. Selain jelasnya kurikulum, dan  media sharing, KKG ini juga dapat menjembatani dan menjadi referensi di dalam penyusunan soal-soal semesteran dan ujia sekolah juga memungkinkan diciptakannya buku-buku panduan, buku pedoman, Buku LKS penunjang dan media belajar lainnya.

Mari kita bersama sama untuk memajukan pendidikan dasar di Kabupaten Batang, khususnya di dalam pengajaran Bahasa Inggris SD. Pendidikan memerlukan kurikulum yang jelas, tenaga pengajar yang memiliki bekal yang cukup di dalam mengajar baik dari segi penguasaan materi dan metode pengajaran. Pendidikan perlu di planning perlu memiliki arah dan tujuan yang jelas, visi misi yang jelas. Pendidikan yang dilakukan seadanya tanpa perhitungan tidak akan dapat mencapai hasil yang optimal. Oleh karena itu melalui Forum KKG Bahasa Inggris tingkat kecamatan dan KKG Bahasa Inggris tingkat Kabupaten diharapkan dapat mengatasi problematika dan kendala kendala di dalam pengajaran Bahasa Inggris SD yang ada di Kabupaten Batang. Tidak ada niatan negatif dan tidak ada maksud untuk kepentingan pribadi dan golongan. Gagasan ini semata-mata untuk kepentingan bersama demi kemajuan pendidikan terutama Bahasa Inggris SD di Kabupaten Batang.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KKG dengan judul MENGGAGAS PEMBENTUKKAN KKG BAHASA INGGRIS SD TINGKAT KABUPATEN BATANG. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Tuesday, May 15, 2012

Belum ada komentar untuk "MENGGAGAS PEMBENTUKKAN KKG BAHASA INGGRIS SD TINGKAT KABUPATEN BATANG"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo