MENGGAGAS KOMPETISI DAN LOMBA BAHASA INGGRIS SD


Bahasa Inggris di SD selama ini dipandang sebelah mata karena memang pelajaran ini di Sekolah Dasar posisinya sebagai Mulok. Mata pelajaran pelengkap, pendukung mata pelajaran pokok. Status Bahasa Inggris SD di Indonesia belum menjadi mata pelajaran pokok. Akan tetapi Pemerintah sudah menganjurkan bisa memperkenalkan mata pelajaran ini di SD. Alokasi waktu 2 jam seminggu. Bahasa Inggris SD akan terasa menarik dan memberikan kesan positif kepada siswa apabila guru dapat menyampaikannya dengan menggunakan metode yang tepat. Sebaliknya Bahasa Inggris akan terasa membosankan jika guru kurang menguasai metode dan materi pengajaran Bahasa Inggris di SD.

Guru Bahasa Inggris SD
Guru-guru Bahasa Inggris SD  Kec Tulis


Di tingkat Sekolah Dasar, pengalaman penulis hanya itu itu saja bersifat monoton. Tidak ada revolusi atau perubahan yang signifikan di dalam perkembangannya. Belum ada yang mencoba terobosan baru agar supaya Bahasa Inggris di SD lebih menarik, menantang dan tidak dipandang sebelah mata. Selama ini belum ada even atau lomba Bahasa Inggris di SD. Selama ini belum ada piala atau trofi kejuaraan ataupun lomba di Bidang kemampuan akademik Bahasa Inggris di tingkat SD. Padahal kalau kita gali betapa banyak hal dan manfaat yang dapat kita peroleh dengan diadakannya kompetisi lomba Bahasa Inggris.
Banyak sekali jenis-jenis lomba Bahasa Inggris di SD misalkan Lomba Spelling Bahasa Inggris, Lomba pidato Bahasa Inggris, Lomba menyanyi dalam Bahasa Inggris, Lomba cerdas cermat Bahasa Inggris dan sebagainya. Sebenarnya ini sesuatu yang menarik yang perlu digagas, direncanakan dan diadakan di tingkat SD. Dengan adanya Lomba seperti ini baik anak maupun guru akan merasa tertantang, anak akan berkembang karena Bahasa Inggris tidak bersifat hanya monoton di kelas yang membosankan. Anak akan memiliki banyak pengalaman di luar. Anak akan mempraktekkan kemampuan baik akademik maupun praktik Bahasa Inggris di kehidupan nyata. Keempat Aspek skill Bahasa Inggris akan terasa dan dapat di aplikasikan. Anak akan merasa percaya diri dan tentunya memiliki sikap positif terhadap Bahasa Inggris. Tentu ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi anak ketika ia melanjutkan sekolah di SLTP dan seterusnya.
Dengan adanya perlombaan dan kompetisi Bahasa Inggris, eksistensi Bahasa Inggris di SD juga akan semakin diaakui. Selama ini piala di Sekolah hanya itu itu saja, sedangkan dari Bahasa Inggris belum ada pialanya. Ada kebanggan tersendiri dan merasa tidak dipandang sebelah mata manakala Piala dari event lomba Bahasa Inggris muncul di Almari Piala. Buktikan Bahwa Bahasa Inggris bisa berbuat lebih, bisa bicara di tingkat SD.
Perubahan tidak akan terjadi manakala kita hanya diam berpangku tangan. Bukankan sesuatu itu perlu kita perjuangkan untuk mendapatkannya. Jika kita ingin akan ada perubahan khususnya Bahasa Inggris di SD maka kita sebagai pengampu Bahasa Inggris SD ada usaha dan kerja sama di dalam memajukan Bahasa Inggris di SD. Salah satu  yang bisa tempuh adalah inisiatif untuk mempopulerkan Lomba dan Kompetisi Bahasa Inggris di Sekolah dasar yang notabene belum mucul dan belum ada namanya. Semoga Bahasa Inggris di SD ke depan akan lebih baik. Amin. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KKG dengan judul MENGGAGAS KOMPETISI DAN LOMBA BAHASA INGGRIS SD. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Friday, May 25, 2012

6 komentar untuk "MENGGAGAS KOMPETISI DAN LOMBA BAHASA INGGRIS SD"

  1. Masalah terbesar adalah BIAYA. Untk menyelenggarakan event lomba sdh pasti membutuhkan dana yg tdk sedikit....

    ReplyDelete
  2. Maslah dana memang tidak boleh dianggap sepele akan tetapi jika kita komitmen bersama sama untuk ikhtiar dan usaha semuanya tidak mustahil kita atasi. yang terpenting adalah komitmen dan kerjasama kita. masalah pendanaan kita bisa minta bantuan Para sponsor di sekeliling kita. juga dari dinas terkait. dan dari Kas KKG sendiri, saya kira maslah dana tidak menghambat kita untuk maju. lomba tidak harus mwah, cukup sederhana saja., yang kita harapkan ada even meskipun dalam skala kecil,.,.berawal dari itu lambat laun akan mendapat respons positif yang pada gilirannya akan mendapat dukungan penuh baik dari dinas, dari sekolah dan sponsor,,, harapan kita even lomba menjadi ajang even tahunan seperti yang sudah berjalan pada pelajaran yang laiinya seperti dari Olahraga ada popda, siswa berprestasi dan sebagainya......saya yakin kita mampu merealisasikaannya....

    ReplyDelete
  3. Yeah, I agree with u Guys.....that's a wise argumentation

    ReplyDelete
  4. ide bagus musti diperjuangkan, pak.
    sukses selalu buat panjenengan

    ReplyDelete
  5. saya setuju gan, guru lah yang harusnya kreatif ya, jangan hanya mengajar dengan metode itu itu aja dan ketika si murid dapet jelek, ehm, murid juga yang di salahin. harusnya si guru yang berinofasi memancing minat si murid, biar bangsa ini lebih maju dengan banyak yang pintar bahasa ingris.

    gan, kalau boleh saran, yang notifikasi komentar ketika masuk blog, di ilangin ja, soalnya ane yang pertama kali dateng aja merasa kegangu loh. belom baca artikel ud dua kali muncul, kasihan yang belum sempet baca ud kabur duluan bang. ok, saran aja lah itu.

    ReplyDelete
  6. Makasih atas kunjungan, dukungan dan kritikan serta masukannya....sangat bermanfaat sekali buat saya....

    ReplyDelete

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo