MULOK BAHASA INGGRIS SD YANG MERANA


Wajah-wajah polos anak -anak didik SDN Sberuk Tulis Batang 
Bahasa Inggris di SD seharusnya ditangani oleh yang memang ahli di bidang Bahasa Inggris. Kenapa saya katakan demikian? Anda tahu Pendidikan dasar, pendidikan yang merupakan pondasi. Kalo kita ibaratkan suatu pondasi bangunan, jika tidak dikerjakan dengan penanganan yang tepat, maka suatu gedung dengan pondasi tadi tidak akan bertahan lama, alias mudah ambruk di terpa badai. Sebenarnya pendidikan yang paling berat adalah pendidikan dasar. Di mana ini adalah pendidikan awal anak sebelum mengenal lebih jauh lagi. Ketika anak ditangani atau diajar oleh seorang pengajar yang kurang menguasai disiplin ilmu dan metode pengajaran Bahasa Inggris, maka sungguh anak didik justru telah disesatkan. Anak didik menerima suatu konsep Bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Inggris. Penyampaian konsep Bahasa Inggris dasar kepada anak terutama pada vocabulary atau pengenalan benda-benda sekitar. Guru harus benar-benar menguasai cara melafalkan vocabulary tadi dengan baik. Ketika guru mengajarkan suatu prononsiasi dari suatu kata yang tidak tepat maka dia telah memberikan suatu konsep yang menyimpang. Di sinilah sangat rentan sekali dalam mentranfer Ilmu Bahasa Inggris dasar kepada anak didik. Ini merupakan contoh pada satu kata atau vocab saja. Belum vocab yang lainya. Tidak berhenti sampai masalah vocab saja. Selajutnya adalah mengenai simple grammar. Di tingkat SD, materi sudah menyinggung sedikit tata bahasa atau grammar. Maka guru juga dituntut untuk menguasai grammar sederhana dalam Bahasa Inggris. Kelihatannya sangat sederhana tetapi masih banyak guru yang bukan bidangnya banyak dibikin pusing sehingga mereka mengajarkan asal-asalan.. lalu bagaimana dengan anak didik kita jika dari pendidikan dasarnya saja sudah dijejali oleh konsep yang salah, yang menyimpang. Bagaimana dengan pendidikan lanjutannya?yang jelas konsep yang salah tadi akan terbawa sampai dia di sekolah lanjutan. Ini akan bermasalah tentunya..
Menurut pengamatan saya, dalam mengajar Bahasa Inggris di SD, penuturan dari Para guru kelas, guru non Bahasa Inggris yang diamanati oleh Kepala sekolah untuk mengajar Bahasa Inggris di SD, banyak mengalami kendala. Banyak guru yang merasa kesulitan dalam menyampaikan materi yang memerlukan kemampuan guru dalam metode pengajaran yang tepat. Banyak metode pengajaran Bahasa Inggris yang dapat diaplikasikan. Akan tetapi guru yang memang bukan bidangnya banyak mengalami masalah akhirnya mereka mengajarkan materi dengan seadanya. Hal ini berpengaruh sekali dengan antusias anak didik. Baik guru maupun siswa akan cepat bosan karena minimnya kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan metode yang tepat. Banyak guru non Bahasa Inggris merasa minder karena memang mereka secara disiplin ilmu, kurang menguasai.
Lain ceritanya, jika pengajaran Bahasa Inggris di SD ditangani oleh Guru Bahasa Inggris yang memang bidangnya. Selain mereka menguasai disiplin Ilmunya, mereka juga menguasai metode pengajaran Bahasa Inggris. Penyampaian materi yang tidak membosankan akan membuat anak didik menjadi antusias dalm menerima materi Bahasa Inggris dasar. Jika anak didik sudah terbawa dan antusias maka mereka anak-anak didika akan menyerap materi Bahasa Inggris dengan baik.
Jika kita lihat di lingkungan kita di daerah Kabupaten Batang, kita bisa lihat, kita bisa menyaksikan, mendengarkan sendiri betapa Bahasa Inggris di tingkat SD diajarkan dengan asal-asalan. Aneh memang pemerintah Kabupaten. Dengan beraninya menetapkan Mulok Kabupaten adalah Bahasa Inggris. Akan tetapi tidak dibarengi dengan kurikulum yang jelas, panduan materi yang jelas, tenaga pengajar yang mumpuni. Seperti yang telah saya singgung di atas bahwa Pendidikan Dasar Bahasa Inggris di SD bukan main-main, bukankah pendidikan Bahasa Inggris di SD adalah pondasi dasar anak, bagaimana jika mereka dijejali dengan konsep yang menyimpang, apakah justru tidak merusak anak didik kita? Bagaimana tanggung jawab Pemerintah? In bukan masalah sepele, bukan masalah sederhana. Ini menyangkut pendidikan dasar Bahasa Inggris anak. Kalau menurut saya pribadi justru pendidikan dasar seharusnya ditangani pakarnya yang bisa mengarahkan anak didik, yang bisa memberikan konsep yang sesuai dengan kaidah disiplin Ilmu Bahasa Inggris.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul MULOK BAHASA INGGRIS SD YANG MERANA. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Friday, March 16, 2012

Belum ada komentar untuk "MULOK BAHASA INGGRIS SD YANG MERANA"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo