MAU DI BAWA KE MANA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SD DI KABUPATEN BATANG?



Pendidikan Bahasa Inggris sudah mulai diajarkan sejak Sekolah Dasar bahkan sudah dimulai sejak PAUD/Playgroup. Begitu pentingnya penguasaan Bahasa Inggris di zaman sekarang. Zaman globalisasi dimana tidak ada sekat antar negara. Dunia bagaikan perkampungan dimana kita bisa berkunjung satu sama lain dalam waktu yang singkat. Informasi bisa didapatkan dalam hitungan detik. Dengan adanya kemajuan di bidang Informasi, telekomunikasi dan transportasi semuanya menjadi mudah. Sehubungan dengan semakin dekatnya satu tempat dengan yang lain. Satu negara dengan negara lain, kemampuan dan keterampilan Bahasa Inggris menjadi tuntutan. Oleh karena Pendidikan Bahasa Inggris sudah mulai diterapkan di Lingkungan pendidikan paling dasar. Karena pendidikan akan berhasil manakala dimulai sejak dini dengan penanganan dan metode yang tepat sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakter anak didik.
Di Kabupaten Batang juga sudah mulai diperkenalkan Mata pelajaran Bahasa Inggris meskipun hanya sebagai Mulok. Awalnya Bahasa Inggris hanya sebagai Mulok Sekolah tetapi kemudian dalam perkembanganya Bahasa Inggris sudah mulai di jadikan Mulok Kabupaten. Yang namanya mulok tentunya hanya sebagai pelengkap dari Mata Pelajaran Pokok. Hanya sebagai tambahan atau keunggulan lokal. Namun pada kenyataannya Justru Mata Pelajaran ini sangat penting sekali dan kalau menurut saya layak dijadikan mata pelajaran pokok sejajar dengan mata pelajaran yang lainnya mengingat perkembangan zaman yang menuntut kemampuan dalam komunikasi Bahasa Inggris.
Dengan tenaga guru yang seadanya dan dengan materi dan penunjang yang sangat terbatas sekali. Bahkan kalau saya katakan belum ada perangkat pembelajarannya seperti Silabus, RPP dan lainnya Bahasa Inggris di SD dengan Pedenya mulai diajarkan kepada anak didik Sekolah Dasar. Kebanyakan yang mengajar Bahasa Inggris di SD bukan lulusan atau pakarnya. Di SD Bahasa Inggris diajar oleh Guru Yang bukan faknya seperti guru kelas, guru Agama maupun guru olah raga yang merangkap. Perlu diketahui bahwa Pendidikan Dasar adalah sangat penting sekali. Artinya jika tidak ditangani oleh ahlinya akan memberikan konsep dan ilmu yang justru menyesatkan anak. Kenapa saya katakan demikian. Contoh simplenya ketika guru yang bukan faknya mengajarkan suatu kata yang salah atau kalimat yang tidak sesuai dengan kaidan pelafalan dan gramatikal kepada anak didik maka akan menjadi sangat fatal sekali. Konsep salah yang sudah diajarkan sejak SD akan masuk ke dalam memori anak dan akan terbawa sampai dia menginjak ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Selain itu juga belum adanya regulasi dan kejelasan mengenai kurikulum Bahasa Inggris di Kabupaten Batang.Dari Kabupaten sudah berani menetapkan Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sebagai Mulok Kabupaten, maka konsekuensinya Harus ada Seperangkat kurikulum yang jelas dan adanya tenaga guru yang profesional dan menguasai Disiplin Ilmu Bahasa Inggris.Di Kabupaten belum ada guru PNS Bahasa Inggris. Ini sangat memperihatinkan. Kalau kita mau belajar dari Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten atau Kotamadya lainnya yang sudah mulai mengangkat Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar, seharusnya kita bercermin dari mereka. Output tidak akan sesuai dengan harapan manakala Tenaga Pengajar dan Seperangkat Kurikulum tidak jelas. Bukan keterampilan dan kemampuan Bahasa Inggris yang didapatkan malah justru malapetaka yang akan kita dapatkan karena Ketidakjelasan dari segi Kurikulum maupun Tenaga pengajarnya.
Yang sangat memperihatinkan lagi adalah ketika naskah soal baik mid semester, Semester maupun Ujian Sekolah Bahasa Inggris dibuat hanya oleh segelintir orang saja tanpa melibatkan perwakilan dari masing-masing kecamatan dalam penyusunannya. Sebetulnya di Kabupaten Batang ini sudah mulai muncul tenaga Guru Bahasa Inggris Lulusan S1 Bahasa Inggris yang mengajar di beberapa SD. Itu ada respons yang positif. Tetapi sungguh naif sekali karena yang menguasai dan ahli di bidangnya tidak dilibatkan dalam penyusunan soal-soal. Kami menemui banyak kejanggalan Soal-soal setiap ada ulangan baik mid semester. Semesteran maupun Ujian sekolah Bahasa Inggris. Kesalahah bukan bersifat salah cetak tetapi sangat fatal sekali mengingat kesalahan terdapat pada kontennya, grammatikal maupun vocabulary.
Berani menetapkan Bahasa Inggris sebagai Mulok Kabupaten maka harus berani pula menanggung konsekuensinya. Pertama, Pemerintah harus memberikan kejelasan mengenai Perangkat pembelajaran maupun kurikulumnya dan buku panduan dan materi, sehingga bisa digunakan sebagai acuan bagi SD –SD seluruh wilayah Kabupaten Batang. Yang terjadi selama ini antara kecamatan yang satu dengan yang lainnya berbeda. Bahkan antar SD yang satu dengan yang lainnya berbeda. Yang membuat soal semesteran dari Kabupaten juga berbeda dengan SD- SD di Kabupaten Batang. Kedua, Pemerintah memberikan kejelasan mengenai nasib guru Bahasa Inggris ke depannya. Karena selama ini belum ada SK Bupati mengenai adanya pengangkatan Guru bahasa Inggris di Kabupaten Batang. Mau dibawa ke mana Para guru Bahasa Inggris yang sudah mengabi lama di SD? Ketiga, perlu dibentuk KKG Bahasa Inggris tingkat Kabupaten sehingga nantinya akan ada komunikasi dan kerjasama di antara guru-guru yang mengampu Bahasa Inggris se Kabupaten Batang. Disini mereka bisa mengembangkan kreatifitas dan aspirasi serta ide-ide yang bisa memberikan kontribusi kemajuan bagi Pendidikan Bahasa Inggris di Kabupaten Batang. Selain itu melalui forum KKG Bahasa Inggris Pula penyusunan soal-soal Bahasa Inggris maupun penyusunan Buku Panduan Materi dan Kurikulum bisa diciptakan oleh para Ahli Putra daerah Kabupaten batang yang sesuai dengan karakter dan kondisi di Kabupaten Batang. Keempat, perlu adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten sehingga Proses pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris menjadi tertib dan lancar yang pada akhirnya bisa memberikan output yang optimal.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori ARTIKEL dengan judul MAU DI BAWA KE MANA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SD DI KABUPATEN BATANG?. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : BAHASA INGGRIS ANAK INDONESIA
Ditulis oleh: Mustofa Muhammad - Wednesday, February 15, 2012

Belum ada komentar untuk "MAU DI BAWA KE MANA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS SD DI KABUPATEN BATANG?"

Post a Comment

Maturnuwun geh sampun komentar ten blog kulo